Apa itu Teknik Butsir? Ini Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan, Cara Membuat dan Contoh Hasilnya

Author -  Admin Pengadaan

Patung adalah salah satu karya seni tiga dimensi yang memiliki nilai estetika tertentu. Karya seni yang satu ini bisa dibuat menggunakan berbagai jenis teknik. Teknik butsir adalah salah satu teknik yang banyak digunakan oleh pengrajin atau seniman dalam proses pembuatan patung.

Apa itu teknik butsir? Apa kelebihan dan kekurangan teknik ini? Bagaimana cara pembuatan patung menggunakan teknik butsir? Simak informasi lebih lengkap tentang teknik butsir melalui artikel yang satu ini ya!




Pengertian Butsir Adalah


Teknik butsir merupakan salah satu teknik pembuatan patung dengan hasil pahatan bagus dan ukiran detail. Teknik yang satu ini sangat cocok untuk membuat patung dengan menggunakan bahan dasar lunak, seperti tanah liat, gysum, lilin, dan bahan lunak lainnya.

Baca juga: Aneka Produk Kerajinan dari Bahan Lunak

Kunci utama dalam teknik ini adalah penggunaan alat yang disebut dengan butsir.

Butsir adalah alat bantu yang terbuat dari kayu dan kawat untuk pembuatan patung. Butsir terdiri dari berbagai bentuk serta ukuran berbeda.

Fungsi Butsir

Fungsi teknik butsir yaitu untuk membuat patung dengan membentuk atau mengukir bahan dasar lunak.

Di dalam proses pembuatannya, diperlukan butsir yang berfungsi untuk mengurangi, menambah, dan membentuk bahan dasar patung dengan mudah. Selain itu, butsir juga bisa digunakan untuk menjangkau bagian-bagian yang tidak terjangkau oleh tangan.

Hasil patung yang dibuat dengan teknik ini tentu saja akan tampak detail.

Kelebihan dan Kekurangan Butsir




Setiap teknik pembuatan karya seni pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Para seniman pun pasti memiliki pilihan teknik yang paling nyaman digunakannya. Sebagai teknik dalam pembuatan karya seni patung, teknik butsir pun memiliki kelebihan dan kekurangan.

1. Kelebihan Teknik Butsir

Apa kelebihan teknik butsir dalam pembuatan patung?

Teknik butsir menggunakan bahan dasar yang mudah dibentuk, ditambah, dan dikurangi. Hal ini tentunya bisa membuat seniman lebih fleksibel dalam mengurangi maupun menambahkan bahan dasar dalam proses pembentukan patung.

Selain itu, komposisinya pun bisa lebih tepat. Seniman juga tidak perlu khawatir terjadi kerusakan permanen pada patung yang dibuatnya.

Kelebihan teknik butsir inilah yang membuat banyak seniman maupun pengerajin menggunakannya dalam membuat berbagai jenis patung.

2. Kekurangan Teknik Butsir

Selain memiliki kelebihan, teknik butsir juga memiliki kekurangan. Apa kekurangan teknik butsir dalam pembuatan patung?

Salah satu kekurangan dari teknik butsir yaitu hanya dapat dilakukan untuk membuat patung dengan menggunakan bahan dasar bertekstur lunak dan mudah dibentuk. Ya, tentunya karena alat butsir yang digunakan hanya cocok untuk membentuk patung dengan bahan dasar lunak.

Teknik ini tidak cocok digunakan untuk membuat patung dengan bahan dasar keras.

Mungkin Anda bisa menggunakan teknik pembuatan patung lainnya untuk membuat patung dengan bahan dasar keras.

Cara Pembuatan Butsir




Bagi orang yang pertama kali mencoba membuat patung dari teknik butsir pasti mengalami sedikit kesulitan apalagi bahan dasarnya sangat lunak dan mudah berubah-ubah bentuk.

Namun, sebenarnya teknik ini cukup mudah dilakukan karena jika ada kesalahan pun bisa dengan mudah diperbaiki dengan menambah atau mengurangi bahan dasar.

Bagaimana cara pembuatan patung dengan teknik butsir? Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam proses pembuatan kerajinan patung dengan teknik butsir, yaitu:


1. Siapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam pembuatan patung adalah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.

Bahan yang dibutuhkan berupa bahan dasar dengan tekstur lunak. Beberapa bahan dasar yang bisa digunakan dalam teknik butsir, yaitu:

  • Tanah liat
  • Lilin
  • Gypsum
  • Plastisin
  • Sabun


Selain itu, bahan lainnya yang perlu dipersiapkan adalah air. Air bisa digunakan untuk membersihkan alat dari bahan dasar yang menggumpal. Air juga bisa digunakan untuk membantu membentuk patung.

Beberapa alat yang harus dipersiapkan untuk membuat patung dengan teknik butsir, yaitu:

  • Butsir
  • Sudip
  • Kayu kikir
  • Tali pemotong tipis
  • Meja putar
  • Pisau


Anda mungkin membutuhkan alat lainnya, seperti tempat untuk meletakkan bahan dasar. Selain itu, sebaginya gunakan celemek agar baju tidak kotor ketika proses pembuatan patung. Jangan lupa siapkan juga lap kain dan alas.

Jangan lupa siapkan gambar rancangan patung yang akan dibuat sebagai panduan. Namun, tidak masalah jika tidak mempersiapkannya. Anda bisa langsung membentuk dan membuat patung sesuai dengan daya imajinasi dan kreativitas dalam pikiran.

2. Proses Pembentukan Patung

Setelah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, maka Anda bisa langsung membuat patung yang diinginkan ya. Berikut ini langkah-langkah membuat patung dengan teknik butsir, yaitu:

  • Letakkan tanah liat atau bahan dasar lainnya di atas meja putar.
  • Pastikan untuk meletakkan bahan dasar sedikit demi sedikit secara bertahap.
  • Kemudian mulailah memijat bahan dasar hingga bentuknya menyerupai bentuk patung yang diinginkan.
  • Anda bisa menambah atau mengurangi bahan dasar untuk membentuk patung sesuai keinginan.
  • Gunakan juga alat bantu untuk membentuk patung. Misalnya, butsir, sudip, kayu kikir, dan lain sebagainya.
  • Selanjutnya, sempurnakan bentuk patung menggunakan butsir.


3. Tahap Finishing atau Penyempurnaan


Tahap finishing adalah tahap akhir dalam pembuatan patung dengan teknik butsir. Pada tahap ini Anda hanya perlu melakukan penyempurnaan dengan memperhatikan detail bentuk patung yang dibuat. Anda bisa menambahkan detail atau memperhalus detail patung menggunakan butsir.

Setelah patung benar-benar selesai dibuat, maka patung bisa dilepaskan dari meja putar. Gunakan saja tali tipis untuk memotong atau memisahkan dasar patung dengan meja putar.


Contoh Butsir

Berbagai jenis patung bisa dibuat menggunakan teknik butsir. Misalnya, patung hewan, manusia, karakter, dan lain sebagainya.

Berikut ini contoh patung hasil teknik butsir, yaitu:


1. Kerajinan Butsir Penyu


2. Kerajinan Butsir Kambing

3. Kerajinan Butsir Kuda



4. Kerajinan Butsir Orang



Teknik butsir adalah teknik pembuatan patung dengan bahan dasar lunak menggunakan bantuan alat butsir. Teknik ini cukup mudah dilakukan dan memiliki banyak kelebihan.

0 komentar

Post a Comment