Jasa Pengiriman: Sejarah, Jenis, dan Tips Memilih Jasa Ekspedisi Terbaik

Author -  Nidaur Rahmah

Perkembangan dunia e-commerce yang semakin besar membuat layanan jasa ekspedisi semakin banyak jumlahnya. Bahkan kini jasa pengiriman barang dari/ke luar negeri bisa Anda dapatkan dengan mudah di kota Anda.

Kini jasa pengiriman barang tersebut tidak hanya melayani pengiriman barang benda mati saja, melainkan hewan peliharaan seperti burung, ikan hias, dan lain sebagainya juga biasa mereka layani. 

Nah, berikut ini akan kami ulas mengenai sejarah munculnya jasa pengiriman di Indonesia dan jenis-jenis layanannya yang kini semakin mempermudah aktivitas manusia.



Sejarah Berdirinya Jasa Pengiriman di Indonesia


Pada masa penjajahan Belanda jasa pengiriman sudah tersedia, yaitu pada tahun 1602 saat VOC menguasai Indonesia. Pada saat itu masyarakat yang ingin mengirimkaan surat-surat atau paket pos harus melalui Stadsherberg atau Gedung Penginapan. Jadi, orang-orang harus mendatangi gedung tersebut untuk mengecek apakah ada surat atau paket untuknya di dalam gedung itu.

Cara tersebut dinilai sangat tidak efektif oleh Gubernur Jenderal bernama Gustaaf Willem Baron van Imhoff. Kemudian, ia membuat kebijakan yang mempermudah jasa pengiriman yang jauh lebih aman, efisien, dan terjamin.

Perkembangan sejarah berdirinya jasa pengiriman di Indonesia selengkapnya seperti penjelasan pada timeline di bawah ini:

  • Tahun 1746

Bermula dari kegelisahan G. W. Baron Van Imhoff  tersebut, akhirnya pada tahun 1746, tepatnya pada tanggal 20 Agustus ia membangun kantor pos pertama di Batavia.

  • Tahun 1750

Kemudian 4 tahun setelah berdirinya kantor pos di Batavia, yakni 1750, dibangun juga cabang kantor pos di Semarang.

Pembangunan kantor pos cabang di Semarang tersebut semakin memudahkan masyarakat di wilayah sekitarnya untuk mengirimkan/menerima surat atau paket barang dengan lebih mudah dan cepat.


  • Tahun 1875

Pada tahun 1875, Pos Indonesia di-merger (istilah sekarang) dengan dinas telegraf dan berganti nama menjadi Post En Telegraafdienst.

Dampak dari merger kedua instansi tersebut turut berimbas pada perpindahan kantornya, yang mana awalnya kantor pos pusat berada di Gambir, Jakarta, berpindah ke kota Bandung.

Selanjutnya Pos Indonesia menjadi berkembang semakin pesat hingga pada akhirnya statusnya berubah menjadi Perusahaan Negara. Saat itu nama Pos Indonesia diubah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel).


  • Tahun 1965

Pada tahun 1965 nama PN Postel diubah kembali menjadi PN Pos dan Giro. Pada tahun tersebut jasa pengiriman ini semakin maju dan berkembang di bidang komunikasi dan pos.


  • Tahun 1978

Pada tahun 1978 nama PN Pos dan Giro diubah menjadi Perum Pos dan Giro. Perusahaan ini semakin melakukan ekspansi dengan memberikan layanan jasa pengiriman hingga ke luar negeri.

  • Tahun 1995

Pada tahun inilah Perum Pos dan Giro berganti nama menjadi PT Pos Indonesia (Persero) hingga saat ini. Sekarang PT Pos Indonesia telah memiliki banyak cabang di seluruh wilayah Indonesia, bahkan di tempat terpencil pun. Dengan demikian, semakin memudahkan masyarakat yang ingin menggunakan jasanya.

Kini cukup banyak layanan yang diberikan oleh PT. Pos Indonesia, mulai dari pelayanan pra pengiriman, proses pengiriman hingga hingga pasca pengiriman. Tak hanya itu, layanan jasa keuangan juga ditawarkan kepada pelangganna, seperti pembayaran tagihan listrik, pajak, kemitraan bisnis, dan lain sebagainya.


Jenis Jasa Pengiriman Barang Di Indonesia



Potensi besar yang dimiliki Indonesia memanglah harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Dengan bonus demografi dan negara Indonesia yang berbentuk kepulauan sangatlah wajar jika perkembangan jasa pengiriman semakin pesat, apalagi didukung dengan semakin pesatnya perkembangan e-commerce atau marketplace.  

Di Indonesia sendiri layanan jasa pengiriman dapat kita temukan dalam dua bentuk, yaitu:

  • Pertama, jasa pengiriman milik negara yaitu PT Pos Indonesia dan Kargo KAI. Kedua layanan jasa ekspedisi ini ini sudah memiliki jangkauan pengiriman yang luas dengan tarif yang cukup murah. Apalagi kini jalur kereta api tidak hanya ada di Pulau Jawa. Dengan berbagai inovasi yang dilakukan, kini pengguna/pelanggan layanan jasa pengiriman ini pun mulai bertambah jumlahnya.
  • Kedua, jasa pengiriman milik swasta seperti JNE, J&T, AnterinAja, Sicepat, bahkan Gojek dan Grab juga merambah bisnisnya ke jasa ekspedisi, dan lain sebagainya. 

Layanan jasa ekspedisi kini banyak sekali jenisnya, yaitu:


1. Paket Reguler

Yaitu jenis jasa pengiriman surat-surat atau paket yang bersifat reguler dengan estimasi waktu yang dibutuhkan untuk sampai di alamat tujuan bersifat standar. Standar pengiriman tersebut bergantung pada:

  • Untuk standar pengiriman antar kota dalam satu pulau membutuhkan sekitar 2 sampai 3 hari.
  • Untuk standar pengiriman antar pulau membutuhkan sekitar 5 sampai 7 hari pengiriman (situasi bisa berbeda tergantung dengan banyaknya kota transit paket).


2. Paket Ekspres

Paket pengiriman ekspress merupakan solusi untuk mereka yang ingin mengirimkan paketnya dalam jangka waktu cepat. Jenis layanan ini memberikan garansi pengiriman paket "Besok Sampai" atau H+1 next day.

3. Paket Ekonomi

Yaitu layanan jasa pengiriman paket atau barang dengan tarif terjangkau, namun membutuhkan jangka waktu pengiriman yang lebih lama jika dibandingkan dengan pengiriman paket reguler.

Standar lama pengiriman untuk paket ekonomi ini umumnya membutuhkan waktu berkisar antara 4 sampai 6 hari dengan pengiriman paket antar kota dalam satu pulau sekalipun.


4. Paket Kargo Khusus

Artinya jenis jasa ekspedisi ini meliputi berbagai macam pengiriman paket yang berisi kendaraan bermotor atau barang elektronik dengan bobot yang berat dan memiliki resiko kerusakan jika tak di-packing dengan benar. 

Ada beberapa syarat dan ketentuan khusus yang harus dipenuhi oleh pelanggan jika ingin mengirimkan barangnya. Paket jasa pengiriman ini terhitung jauh lebih hemat ketimbang Anda mendistribusikan barang secara mandiri dengan menyewa jasa sewa mobil.


5. Paket Kargo Ekonomi

Paket jenis pengiriman ini banyak digunakan oleh para pelaku usaha, khususnya para pelaku UMKM. Mereka yang menjual atau "kulakan" stok barang dapat memanfaatkan layanan paket kargo ekonomi ini.

Ketentuan berat paket yang dilayani dengan menggunakan jasa ini adalah paket dengan berat di atas 5 atau 10 Kg. Tarifnya pun sangatlah terjangkau.


6. Paket Dokumen Penting

Selanjutnya jenis jasa pengiriman paket yang terakhir adalah jenis paket dokumen penting. Dokumen penting yang dikirimkan dilengkapi dengan asuransi sehingga memberikan perlindungan bagi para pelanggannya.

Tips Memilih Jasa Pengiriman Terbaik


Agar paket dapat sampai ke tempat tujuan dengan aman dan cepat, maka Anda perlu menggunakan jasa pengiriman terbaik. Anda harus bisa memilih perusahaan ekpedisi dengan harga yang terjangkau, namun layanan yang diberikannya berkualitas. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih perusahaan jasa pengiriman profesional dengan tarif murah.


1. Standar Ongkos Kirim Transparan

Saat ini sejumlah perusahaan jasa ekspedisi memiliki aplikasi atau situs website. Pelanggan dapat melakukan cek biaya ongkos kirimnya dengan cara menginputkan kota asal pengiriman, tujuan pengirimannya, dan berat paket yang akan dikirimkan.

Pilihlah layanan ekspedisi yang memiliki keterangan tarif dan ongkos kirim yang jelas dan transparan.  Pihak layanan jasa pengiriman harus memberikan aturan dan ketentuan yang jelas terkait biaya tarif pengiriman paket.

2. Pertimbangkan Waktu Pengiriman Barang

Setiap aplikasi jasa ekspedisi saat ini dilengkapi dengan fitur dan layanan estimasi waktu yang dibutuhkan dalam pengiriman barang. Dengan begitu, pelanggan dapat memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk mengirimkan paketnya dan kapan paket tersebut kira-kira sampai di alamat tujuan penerima. 

Pilihlah layanan jasa pengiriman barang yang dapat mengirimkan barang tepat waktu sesuai dengan estimasi yang disampaikan oleh layanan jasa mereka.

3. Pilih Jenis Paket sesuai Dengan Jenis Barangnya

Setiap barang memiliki karakteristiknya masing-masing yang mana dapat mempengaruhi cara packaging dan juga jenis paket yang bisa dipilihnya. Misalnya, jenis paket yang berisi barang cair atau hewan, maka Anda harus memberitahukan kepada pihak penyedia jasa sehingga petugas bisa memperlakukan paket barang tersebut dengan tepat.

4. Memiliki Jaringan Pengiriman yang Luas

Anda sebaiknya memilih layanan jasa pengiriman yang memiliki ruang lingkup atau jaringan wilayah pengiriman yang luas. Terutama ketika Anda mau mengirimkan paket ke daerah terpencil atau asal daerah pengiriman Anda berada di wilayah pedalaman

5. Ada Asuransi atau Garansi Pengiriman

Tips selanjutnya dalam memilih jasa pengiriman terbaik adalah sebaiknya memilih perusahaan jasa ekspedisi yang memberikan layanan asuransi atau garansi untuk setiap paket yang mereka kirimkan. Dengan layanan ini, maka barang yang Anda kirimkan terjamin keamanannya.

Anda harus menginformasikan tentang jenis barang yang Anda kirimkan dan juga berapa nilai barang tersebut.


6. Memiliki Fitur Tracking Paket

Pilihlah perusahaan jasa ekspedisi yang memiliki fitur lacak paket (tracking). Dengan begitu, Anda dapat mengetahui riwayat dan juga sampai di mana paket Anda sudah melewati jalur pengiriman. Fitur ini juga sangat berguna jika Anda menunggu paket penting yang tak kunjung sampai di alamat tujuan.

Beberapa layanan jasa ekspedisi memberikan layanan fitur lacak paket dengan terperinci. Pihak penerima dengan mudah mengetahui kapan waktu bersiap jika ternyata paket sudah akan di antar ke alamat tujuannya.

0 komentar

Post a Comment