Jenis dan Contoh Iklan Pemberitahuan, Ini Cara Membuat yang Paling Baik dan Benar!

Author -  Nidaur Rahmah

Contoh iklan pemberitahuan dapat kita jumpai di banyak media cetak maupun elektronik. Misalnya, iklan pemberitahuan kabar duka, reuni, lelang barang/jasa, donasi, lowongan kerja, iklan layanan masyarakat, dan lain sebagainya. Jenis iklan ini bersifat tidak besifat komersil, melainkan hanya menyampaikan pengumuman kepada khalayak umum tentang suatu hal.

Sebagai salah satu dari jenis kelompok iklan informatif ini, iklan pemberiathuan banyak digunakan sebagai media untuk menyampaikan informasi dengan tujuan agar pembacanya melakukan suatu tindakan yang sesuai dengan harapan pengiklan. Sebagai contoh, iklan pemberitahuan donasi bencana alam Gunung Semeru, maka yang diharapkan dari pengiklan adalah orang-orang berbondong-bondong mau ikut berdonasi untuk membantu para korban bencana erupsi Gunung Semeru.





Apa itu Iklan Pemberitahuan?


Iklan pemberitahuan adalah jenis iklan yang bertujuan untuk menyampaikan sebuah perihal informasi tertentu kepada khalayak luas dengan menggunakan bantuan media cetak ataupun elektronik.

Pemberian stimulus dalam iklan pemberitahuan dilakukan dengan menggunakan media iklan sebagai penghubungnya seperti surat, koran, majalah, brosur, pamflet, radio, televisi, internet, dan sebagainya. 

Sebagai suatu bentuk iklan sudah barang tentu iklan pemberitahuan ini juga mengandung misi komunikasi. Misalnya, iklan berita duka bertujuan untuk menyampaikan ungkapan bela sungkawa, iklan pemberitahuan acara reuni sekolah bertujuan untuk menyampaikan undangan reuni kepada alumni sekolah tersebut, dan lain sebagainya.


Fungsi Iklan Pemberitahuan

Sama seperti halnya jenis iklan lainnya, iklan pemberitahuan juga berupaya untuk mencari keuntungan namun keuntungan yang dimaksud berupa keuntungan sosial, bukanlah bersifat komersil. Keuntungan yang ingin diperoleh pengiklan pada iklan pemberitahuan adalah berusaha untuk membentuk citra baik (brand image) di tengah masyarakat.

Sedangkan berikut ini adalah fungsi dari iklan pemberitahuan:
  1. Sebagai alat untuk membuka komunikasi dua arah antar komunikator dan komunikan.
  2. Tidak hanya memberitahu saja, namun juga untuk menarik perhatian masyarakat umum tentang suatu hal yang ingin disampaikan.
  3. Menicptakan kesan tertentu tentang apa yang diiklankan.
  4. Sebagai cara untuk menghemat waktu, tenaga dan pikiran agar informasi yang akan disampaikan tersebut dapat menjangkau khalayak/masyarakat umum secara cepat dan masif.


Ciri-Ciri Iklan Pemberitahuan

Adapun ciri-ciri yang dimiliki oleh komunikasi massa pada iklan pemberitahuan adalah:
  1. Tidak hanya berlangsung satu arah saja, namun juga dapat berlangsung dua arah, seperti contohnya iklan pemberitahuan reuni, iklan pemberitahuan lelang produk, dan lain sebagainya.
  2. Informasi atau pesan disampaikan secara komunikatif dan informatif dengan pesan yang disampaikan bersifat khusus dan ada juga yang umum.
  3. Disampaikan dengan menggunakan pemilihan kata (diksi) yang tepat, logis, to the point, dan mudah dimengerti oleh masyarakat.

Jenis dan Contoh Iklan Pemberitahuan


Contoh iklan pemberitahuan saat ini tidak hanya berisikan kata-kata saja. Sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, iklan pemberitahuan juga memainkan desain grafis berupa gambar pendukung yang memvisualisasikan iklan tersebut sehingga iklan lebih terlihat menarik.

Berikut ini ada beberapa jenis dan contoh iklan pemberitahuan yang bisa Anda gunakan sebagai referensi ketika ingin membuat sebuah iklan.

 

1. Iklan Lowongan Pekerjaan

Contoh iklan pemberitahuan lowongan pekerjaan seperti tampak pada gambar dan penjelasan berikut ini:


PT Berdikari (Persero) membuka kesempatan bagi generasi terbaik untuk mengisi formasi lowongan pekerjaan yang tersedia. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, bisa kunjungi account Instagram @berdikari.persero

Ayo buruan siapkan diri Anda untuk mendaftar lowongan tersebut sebelum 13 Desember 2021!

Share informasi ini ke teman, tetangga, dan saudaramu agar mereka tahu informasi lowongan pekerjaan ini.

Selamat berjuang!⁣


2. Iklan Pemberian Donasi


Iklan jenis ini biasanya dibuat untuk kegiatan kemanusiaan, iklan donasi berisi tentang informasi penerimaan bantuan berupa uang atau benda-benda layak jual lainnya.

Saat ini, iklan pemberian donasi sudah marak diberbagai televisi hingga iklan – iklan yang bertebaran dijalanan, ada juga iklan pemberitahuan galangan dana untuk memberikan bantuan atau donasi untuk para korban bencana alam ditanah air maupun untuk manca negara.



Maukah kamu bersama hapus kesedihan warga terdampak letusan gunung Semeru? Yuk, bantu meringankan bebanmereka bersama @ritchieismail.

Sejumlah bantuan yang dibutuhkan oleh para korban saat ini adalah:

  • Makanan siap saji/santap
  • Air minum/mineral water
  • Perlengkapan kebutuhan bayi, seperti popok bayi dan sabun
  • Tenda & selimut
  • Bantuan Medis dan obat-obatan
  • Dan logistik lainnya.

Saatnya kita bergerak bersama #DermawanBaik untuk membantu para pengungsi Semeru melalui link derma.tamasia.co.id


2. Iklan Bela Sungkawa

Iklan belasungkawa atau berita duka bisa kita temukan di sejumlah surat kabar. Selain itu, dengan perkembangan teknologi informasi mengenai berita duka juga disampaikan oleh pengiklan di platorm-platform digital seperti Instagram, Facebook, dan website officialnya. 

Isi iklan pemberitahuan jenis ini berisikan kalimat atau keterangan yang berkaitan dengan nama almarhum/almarhumah yang bersangkutan, usia, tanggal lahir, waktu/tanggal wafat, dan ucapan semoga diterima di sisi-Nya.

Berikut ini contoh iklan pemberitahuan berita duka:



3. Iklan Reuni Sekolah

Selanjutnya ada iklan reuni sekolah seperti pada gambar grafis berikut ini:



Sesuai dengan namanya, iklan pemberitahuan acara reuni ini memiliki tujuan untuk menginformasikan tentang adanya acara reuni kepada para alumni. Biasanya iklan pemberitahuan ini dibuat karena acara reuni yang akan digelar tergolong bersekala besar (akbar).


Adapun isi dari contoh iklan pemberitahuan reuni sekolah ini diantaranya adalah:


  • Tanggal pelaksanaan.
  • Nomor contact person yang bisa dihubungi.
  • Alamat serta No handphone kantor sekretariat.
  • Alamat email yang bisa dihubungi.


4. Iklan Panggilan Rapat


Berikutnya ada iklan informasi yang menyampaikan pengumuman panggilan rapat. Tidak hanya rapat secara luring, saat ini rapat juga dilaksanakan secara daring sejak pandemi Covid-19 datang. Berikut ini contoh iklan panggilan rapat yang dilakukan secara online oleh Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI):


Biasanya iklan panggilan rapat ini berisikan sejumlah informasi seperti waktu/pukul, tempat, link meeting (jika secara online), dan agenda acara yang akan diselenggarakan pada saat rapat nanti berlangsung.


4. Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat menyampaikan tentang informasi perihal yang sangat penting, yang mencangkup suluruh masyarakat. Iklan layanan masyarakat ini umumnya disampaikan oleh K/L/PD guna mengedukasi masyarakat.

Sebagai contoh iklan tentang bahaya merokok seperti di bawah ini:





Ini adalah contoh iklan layanan masyarakat yang mudah sekali ditemukan baik di TV maupun di baliho di jalan raya. Masih banyak lagi contoh-contoh iklan layanan masyarakat seperti program Keluraga Berencana (KB), bahaya narkoba, dan lain sebagainya.

5. Contoh Iklan Pemberitahuan Lelang Pengadaan Barang/Jasa

Sebelum adanya tender pengadaan barang/jasa secara elektronik, pengumaman tender dilakukan melalui surat kabar/koran. Namun, saat ini juga masih ada K/L/PD yang menggunakan surat kabar untuk mengumumkan pengadaan barang/jasa di institusi/kantornya. Dengan mengkombinasikan dua media tersebut maka masyarakat yang mengetahui informasi tender semakin banyak dan berlangsung lebih transparan.





Cara Menyusun Iklan Pemberitahuan yang Baik


Untuk membuat suatu bentuk iklan pemberitahuan yang baik dan benar Anda harus memperhatikan tiga hal berikut ini:


  1. Judul, yaitu bagian dari iklan pemberitahuan yang terletak pada bagian paling atas. Buatlah judul yang semenarik mungkin karena judul menjadi bagian pertama yang dilihat oleh pembaca.
  2. Tema informasi yang hendak disampaikan, yaitu bagian dari struktur iklan pemberitahuan yang berisikan tentang nama produk/jasa yang akan disampaikan.
  3. Deskripsi informasi produk, yaitu bagian dari detail iklan pemberitahuan yang menjelaskan produk/jasa yang disampaikan kepada masyarakat. Penulisan deskripsi harus menggunakan kalimat yang sangat menarik, lengkap dan padat, sebagai contoh iklan pemberitahuan reuni maka disampaikan detail acara yang akan berlangsung.

Itulah sekilas pembahasan kita kali ini seputar tema iklan pemberihuan berikut contoh, jenis dan strukturnya.

0 komentar

Post a Comment