[Lengkap] 14 Mesin Produksi Rumahan untuk Mendukung Usaha Anda

Author -  Admin Pengadaan

Sebuah industri baik itu industri besar maupun rumahan biasanya membutuhkan mesin produksi. Mesin-mesin tersebut digunakan untuk membantu pengerjaan produk agar lebih cepat selesai dengan hasil yang maksimal baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya.

Tak ayal dengan alasan seperti tersebut banyak pelaku usaha rumahan mempertimbangkan untuk membeli mesin produksi. Saat ini cukup banyak jenis mesin produksi rumahan, mulai dari mesin perajang, mesin bakery, mesin pembuat bakso/mie/sosis, dan lain sebagainya. 


Mesin Produksi yang Cocok untuk Usaha Rumahan

Meskipun harganya terbiolang mahal bagi usaha rumahan, namun mesin produksi ini merupakan sebuah investasi jangka panjang. Jadi, sangat layak untuk dimiliki oleh para pelaku usaha. Karena dengan mesin produksi rumahan ini Anda bisa menghemat biaya untuk gaji karyawan. Mesin ini secara otomatis bisa dikerjakan dengan sedikit operator bahkan tanpa sama sekali.

Baca juga: Ide Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

Berikut daftar selengkapnya dari mesi-mesinn produksi usaha rumahan yang tersedia di pasaran:

1. Mesin Pencetak/Pembuat Bakso dan Meat Grinder

Jika Anda sudah memiliki usaha rumahan yang bergerak dalam kuliner bakso, maka mesin produksi bakso ini sangat cocok untuk memperlancar bisnis Anda. Mesin ini dapat menghemat waktumu. Tidak perlu membuat adonan bakso secara manual, yang membutuhkan ketelitian mengenai keseragaman ukurannya.

Bahkan dengan mesin produksi ini Anda juga bisa mengembangkan usaha kuliner bakso tidak hanya sebatas membuka warung bakso di depan rumah, namun juga bisa membuat bakso kemasan yang bisa Anda pasarkan secara langsung ke beberapa toko frozen food.

Selain mesin cetak bakso, mungkin Anda juga bakal membutuhkan meat grinder jika tidak mau menyerahkannya ke pihak penggiling daging (karena biasanya di pasar tradisional ada penyedia jasa penggilingan daging).

Meat Grinder atau mesin penggiling daging sebenarnya mesin pertama yang dibutuhkan untuk membuat bakso. Jika skala usaha Anda ini masih kecil, kami sarankan untuk menyerahkannya ke penyedia jasa penggilingan daging. Namun, ketika usaha semakin besar sebaiknya Anda membeli sendiri mesin meat grinder ini sehiangga quality control (QC) terhadap hasil produksi bakso dapat lebih terjaga.

Baca juga: Ini Lho Sejumlah Tugas Quality Control

Di pasaran, mesin meat grinder ini tersedia dalam dua jenis, yaitu:

  • Mesin handmade grinder berukuran keci yang mampu menggiling daging hingga 45kg/jamnya. 
  • Mesin meat grinder Taiwan yang mampu menghaluskan daging hingga 200kg/jamnya. 
Nah, setelah daging dilumatkan dengan mesin penggiling daging, selanjutnya dapat dibikin adonan dan dicetak dengan mesin pencetak bakso. 

Dengan mesin cetak bakso, usaha bakso Anda bisa mencetak 250-300 butir bakso per menitnya.

2. Mesin Smokehouse Pengasap

Mesin smokehouse merupakan mesin produksi untuk membuat ikan asap, ayam asap, daging asap, dan sosis asap.

Mesin produksi ini didesain berbentuk lemari plat persegi dengan menggunakan bahan material yang tahan panas. 

Mesin usaha rumahan ini sangat efektif karena dalam sekali prosesnya dapat memproduksi puluhan ekor ayam asap dengan kualitas tinggi. Daging/ikan asap yang dihasilkan memiliki cita rasa maksimal dan konsisten. 

Mesin smokehouse pengasapan ini secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu mesin smokehouse dengan bahan bakar gas dan mesin smokehouse listrik. Berikut ini penjelasan keduanya:

  • Mesin Smokehouse Gas GSH-B01

Via astromesin.com


Mesin produksi daging asap ini memiliki kapasistas hingga 80 liter dan bobotnya sangat ringan, yaitu 18kg. Dengan menggunakan bahan bakar gas LPG, mesin produksi ini digunakan untuk aktivitas pengasapan di luar uangan (outdoor). Ukuran dimensi dari mesin produksi smokehouse ini adalah 500 mm x 465 mm x 1050 mm, dan dijual dengan harga Rp 4.800.000.


  • Mesin Smokehouse Listrik DSH-S03

Via astromesin.com


Sesuai dengan namanya, mesin produksi daging asap ini memanfaatkan penggunaan tenaga listrik untuk memanaskan dagingnya. Operator tinggal mengatur temperaturnya sesuai dengan kebutuhan pengasapan. 

Sama halnya jenis mesin pengasap daging yang menggunakan bahan bakar gas, kapasitas dari mesin ini juga sebesar 80 liter, namun bobotnya lebih besar, yakni 22 kg. 

Mesin smokehouse listrik dibanderol dengan harga Rp 6.900.000. Sementara itu ukuran dimensinya adalah 450 mm x 350 mm x 800 mm.



3. Mesin Produksi Mie

 

Via astromesin.com

Selain bakso makanan yang digemari oleh orang Indonesia adalah mie. Jika Anda ingin menekuni usaha ini tak ada salahnya Anda berinvestasi mesinnya yang bisa menghemat waktu dan membuat hasil lebih maksimal dibandingkan jika membuat mie dengan cara manual.

Adapun mesin produksi mie yang dapat Anda pilih untuk mendukung usaha rumahan Anda adalah:

  • Mesin mie tipe NOD-200, dengan kemampuan memproduksi mie dengan ukuran ketebalan 2mm sampai dengan 6mm. Sedengkan kapasitas cetaknya mencapai 20-25 kg per jamnya.
  • Mesin mie tipe NOD-300, mesin ini khusus digunakan untuk memproduksi mie basah dan lurus. Diameter mie yang dihasilkan jika menggunakan mesin ini adalah 2mm dan 3mm. Jika dibandingkan dengan tipe NOD-200, mesin produksi mie ini lebih besar lagi kapasitasnya karena mampu mencetak hingga 30-40kg per jamnya.

4. Mesin Es Krim



Untuk membuka usaha es krim yang memiliki cita rasa seperti di pusat perbelanjaan tidak bisa hanya mengandalkan peralatan/perabotan rumah saja. Dibutuhkan mesin es krim yang mampu menghasilkan es krim dengan permukaan dan isian yang halus. 

Terdapat dua jenis mesin es krim, yaitu:

  • Mesin soft ice cream, dengan kemampuan menghasilkan tekstur es krim yang lebih lembut karena diproduksi pada suhu yang lebih tinggi dan bahan-bahan yang digunakan memiliki kadar susu dan lemak yang lebih rendah.
  • Mesin hard ice cream, digunakan untuk menghasilkan es krim yang teksturnya agak kasar hanya saja tidak seperti es lilin apalagi es batu.


5.  Mesin Pencetak Sosis



Sejatinya untuk membuat sosis Anda juga bisa menggunakan mesin produksi meat grinder yang digunakan untuk membuat bola-bola bakso. Bedanya, mesin pembuat sosis ini memiliki bagian pencetaknya.

Dengan didukung teknologi yang unggul, mesin pencetak sosisi ini bisa meminimalisir terjadinya kontaminasi dengan sentuhan tangan ketika proses pembuatan sosis. Dengan menggunakan mesin ini tentu akan dihasilkan produk sosis yang bentuknya seragam sesuai dengan keinginan.


6. Mesin Pembuat Roti

Mesin produksi rumahan selanjutnya adalah mesin pembuat roti, Jika Anda membuka usaha bakery tentu membutuhkan mesin roti ini agar roti yang dihasilkan berkualitas dan mengembang secara sempurna.

Dengan bantuan mesin ini, Anda akan mampu membuat roti dalam jumlah yang banyak, dengan waktu yang tidak lama dan sedikit tenaga kerja. Tentu saja, hal ini akan sangat menguntungkan bisanis Anda. 

Mesin Planetary Mixer Roti


Salah satu mesin produksi roti yang sangat penting dan dibutuhkan adalah mixer. Terdapat mesin mixer dengan berbagai tipe dan ukuran yang berbeda-beda. Bagi para pelaku bisnis bakery pemula dapat menggunakan mixer planetary dengan kapasitasnya dari 10 liter hingga 40 liter.

Spiral Mixer


Kemudian ada juga mixer spiral yang biasa digunakan untuk adonan yang lebih berat untuk membuat bagel atau jenis roti lainnya. Selain mixer, nantinya Anda juga membutuhkan mesin oven untuk memanggang roti. Untuk memaksimalkan usaha penjualan roti Anda bisa menggunakan mesin mixer dan oven yang bisa disesuaikan dengan jumlah produksi tiap harinya.

Baca juga: Daftar Mesin Proofer Roti Terbaik


7. Mesin Presto


Mesin presto merupakan mesin yang didesain khusus dengan suhu dan tekanan yang tinggi sehingga mampu melunakkan dan melembutkan daging (ikan, ayam, bebak, dsb) hingga sampai tulang-tulangnya. 

Mesin presto sangat cocok bagi para pelaku usaha kuliner presto, baik skala rumahan, warung makan, resto, ataupun usaha catering

Mesin presto yang diproduksi oleh pabrik tersedia dengan ukuran yang bermacam-macam, mulai dari kapasitas 10 kg, 20 kg, 30 kg hingga 50 kg. 

Selain membuat daging dan tulang menjadi dan lembut, mesin presto ini mampu membuat olahan daging tersebut maksimal sehingga rasanya lebih enak.


8. Mesin Kopi



Mesin produksi untuk bisnis selanjutnya adalah mesin kopi yang biasanya dibutuhkan oleh para pelaku usaha cafe dan resto. Ada berbagai jenis mesin kopi, yaitu:

  • Mesin penghangat kopi atau coffee warmer, yaitu mesin yang digunakan untuk menghangatkan kopi atau minuman lainnya seperti teh. 
  • Mesin penggiling kopi, yaitu mesin yang digunakan untuk menghaluskan biji kopi yang telah disangrai terlebih dahulu sehingga akan menjadi bubuk-bubuk halus kopi siap saji.
  • Mesin kopi espresso-capucino, yaitu mesin yang digunakan untuk mempertahankan tekanan yang dibutuhkan sehingga biji kopi dapat diekstrak untuk mendapatkan secangkir kopi espresso lengkap dengan creamnya. 


9. Mesin Dodol


Dengan hadirnya mesin pembuat dodol tentu memudahkan para pelaku usaha rumahan dodol. Karena jika dilakukan secara tradisional pembuatan dodol membutuhkan banyak waktu dan juga tenaga kerja.

Mesin dodol bekerja dengan cara mengaduk dan memasak dodol. Dengan sistem pengadukannya yang otomatis, mesin ini tidak hanya sebatas digunakan untuk membuat dodol, namun dapat memproduksi selai roti dan juga jenang. 

Hasil adukan dari mesin dodol ini sangatlah bagus dan rata dibandingkan dengan cara manual. Mesin produksi ini dilengkapi dengan tabung double jacket yang membuat dodol tidak mengalami pemanasan langsung sehingga tidak akan gosong.


10. Mesin Pemeras Santan Kelapa



Mesin produksi santan ini dibutuhkan oleh mereka para pelaku usaha kuliner. Selain itu mesin ini juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan industri minyak VCO, minyak kelapa, dan sari buah dalam jumlah besar.

Terdapat dua jenis mesin pemeras santan, yaitu:

  • Mesin pemeras santan hidrolik (manual), yaitu alat pemeras santan yang pengoperasiannya dengan menggunakan pompa hidrolis. Alat ini mampu menghasilkan perasan santan secara efektif dengan kekuatan 4 ton.
  • Mesin pemeras santan listrik, yaitu alat pemeras santan secara otomatis dengan menggunakan tenaga listrik sehingga sangat efisien, cepat dan lebih maksimal hasilnya dibandingkan dengan mesin pemeras hidrolik.


11. Mesin Perajang untuk Membuat Keripik



Usaha rumahan produsen keripik membutuhkan mesin perajang agar proses produksinya lebih cepat dengan menghasilkan keripik yang berkualitas dan dalam jumlah yang banyak. Tidak hanya mesin perajang, mesin yang dibutuhkan dalam produksi keripik adalah mesin vacuum frying, mesin spinner, mesin pengaduk bumbu, dan mesin packaging.


12. Mesin Vacuum Frying



Mesin vacuum frying merupakan mesin pengolah makanan ringan yang biasa digunakan untuk memproduksi keripik berbahan dasar buah dan sayuran. Secara otomatis, mesin produksi ini akan mampu melakukan proses penggorengan keripik tanpa khawatir mengalami overcook atau gosong, karena diolah dalam suhu rendah 70-80 derajat Celsius.

Mesin produksi ini menggunakan bahan bakar hybrid gas dan listrik sehingga biaya pengeluaran untuk bahan bakarnya menjadi lebih irit. Mesin vacuum frying ini memiliki ukuran yang beragam mulai dari 1,5kg, 3,5 kg hingga 5kg.

13. Mesin Spinner



Setelah menggunakan mesin perajang umbi dan vacuum frying, maka produsen keripik membutuhan mesin spinner. Mesin ini dimanfaatkanuntuk meniriskan minyak sisa penggorengan yang masih menempel sehingga keripik lebih renyah.

Ketika sudah pada proses mesin spinner ini selanjutnya keripik siap untuk dikemas. Mesin spiner ini juga dapat digunakan untuk mengurangi kadar air sehingga buah-buahan dan sayuran pun bisa dijadikan keripik meski memiliki kadar air yang tinggi.


14. Mesin Packaging


Mesin produksi selanjutnya adalah mesin packaging. Mesin ini biasanya digunakan untuk mengemas makanan/camilan, cairan, snack, gula pasir, bubuk kopi, dan lain sebagainya.

Jika Anda merupakan pelaku usaha makanan ringan sudah saatnya menggunakan mesin packing ini agar cara packingnya dapat dilakukan dengan baik dan benar. Karena pengemasan secara manual, seperti lilin dan api, tidak cukup efektif dan sangat beresiko seperti jamuran, tidak kedap udara, plastik mudah bocor dan masih banyak resiko lainnya.

0 komentar

Post a Comment