Apa itu Convection Oven? Ini Rekomendasi Merk Terbaik

Author -  Nidaur Rahmah

Bagi pebisnis yang bergerak di bidang food and beverage (F&B), HOREKA-hotel, maupun industri roti rumahan tentu tidak asing dengan yang namanya mesin convection oven. Ini adalah salah satu mesin pemanggang roti dan kue yang kini banyak direkomendasikan oleh chef atau baker (pembuat roti).

Kehadiran mesin pemanggang roti dan kue saat ini sebetulnya bukan hanya terbatas pada oven convection saja, melainkan juga terdapat mesin pemanggang lainnya. Dua diantaranya adalah oven combi dan oven baking.

Nah, untuk Anda yang lagi mencari-cari rekomendasi merek terbaik dari convection oven, tidak ada salahnya membaca ulasan berikut ini sehingga produk yang nantinya dibeli sesuai dengan kebutuhan Anda.



Apa Itu Convection Oven?

Oven convection berbeda dengan oven combi maupun oven baking. Meskipun ketiga jenis oven tersebut berguna untuk dunia F&B dan HOREKA, akan tetapi masing-masing memiliki kegunaan atau faedah. Namun, jenis oven yang paling mutakhir dan komplit fungsinya diantara ketiganya adalah oven convection. 

Oven convection merupakan jenis oven yang dikembangkan sedemikian rupa dan dilengkapi dengan teknologi kipas internal yang bisa meratakan suhu pemanggangan. Jadi, baik roti maupun kue yang dipanggang memakai oven convection akan mempunyai tingkat kematangan jauh lebih merata.

Teknologi yang dimiliki pemanggang oven convection akan membuatnya beroperasi dengan suhu lebih rendah, namun bisa menyelesaikan proses dalam kurun waktu singkat. Maka dari itu, proses pemanggangan bisa lebih cepat selesai dan memberikan hasil berkualitas.

1. Kelebihan Oven Convection 

Oven convection jelas mempunyai keunggulan yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan oven baking dan oven combi. Kelebihan dari oven ini tentu akan sangat bermanfaat untuk kebutuhan pemanggangan roti dan kue. 

  • Hemat Energi dan Waktu 

Jika dibandingkan dengan jenis oven lainnya, maka oven convection bisa jauh lebih menghemat energi maupun waktu penggunaannya. Hal tersebut tentunya didukung dengan adanya teknologi kipas yang disematkan di dalamnya. 

Jadi, teknologi kipas tersebut akan mampu memangkas penggunaan energi baik itu listrik maupun gas. Di samping itu, penggunaan teknologi ini juga bisa dipakai untuk mempercepat waktu produksi Anda hingga 25%. 

  • Mempertahankan Kualitas Rasa Roti dan Kue

Keberadaan teknologi sirkulasi udara pada oven ini juga bisa mematangkan roti dan kue tanpa merusak cita rasa yang diberikan. Oven ini sangat cocok untuk memasak puff pastry atau kulit pastry sehingga mampu mematangkan keseluruhan bagian roti tanpa mengeringkan mentega maupun tepung.

Hasil pemanggangan roti juga akan jauh lebih enak dan renyah tanpa merusak cita rasa makanan tersebut. Oven ini sangat cocok digunakan untuk membuat kue crispy dan kering seperti croissant, puff pastry hingga danish. 

  • Tingkat Kematangan Roti dan Kue Lebih Merata 

Keunggulan lainnya dari oven ini adalah mampu memberikan tingkat kematangan yang jauh lebih merata dibandingkan dengan jenis oven lainnya. Keunggulan ini bisa Anda lihat langsung pada pembuatan kue kering dan pie. 

Tidak lupa untuk mendapatkan hasil yang bagus, perhatikan juga waktu serta suhu pemanggangan. Convection oven ini akan membuat hasil kue dan roti  terlihat sangat cantik, bercita rasa lezat, beraroma khas dan tentunya menggugah selera. 

2. Cara Memilih Oven Convection 

Merek oven convection yang beredar di pasaran memang begitu banyak. Masing-masing memiliki keunggulan yang bisa mempermudah Anda dalam membuat beraneka macam hidangan kue dan roti. Beberapa cara yang harus dilakukan untuk memilih oven convection terbaik, diantaranya:

  • Pilih Fungsi Produk yang Sesuai 

Ketika ingin memilih oven convection, maka sebaiknya pilihlah yang mampu memberikan fungsi produk sesuai kebutuhan. Dengan demikian, maka tujuan Anda untuk membuat kue dan aneka hidangan roti bisa berjalan dengan baik. 

  • Pilih Merek yang Bagus 

Selain itu, Anda juga harus memilih convection oven dengan merek yang sudah populer. Beberapa ulasan mengenai rekomendasi merk convection oven patut Anda pertimbangkan. Hal ini sangat penting karena jika nantinya terjadi kerusakan komponen atau lainnya, maka bisa dengan mudahnya menemukan komponen pengganti. 

  • Sesuaikan Budget 

Tidak lupa sesuaikan dengan budget Anda ketika ingin membeli oven convection. Jangan sampai pengeluaran membengkak karena ingin memiliki oven termahal. Padahal dengan memilih oven yang lain ternyata sudah mencukupi kebutuhan. 


Rekomendasi Merek Terbaik Lengkap dengan Harganya 

Mungkin saja saat ini Anda merasa bingung ingin memilih oven convection seperti apa yang hendak dipilih. Jika benar, maka sebaiknya cobalah menyimak beberapa alternatif rekomendasi merek oven convection terbaik seperti berikut.

1. Sharp Oven Libre Premium Series 




Ini merupakan rekomendasi microwave oven convection terbaik yang bisa Anda pilih. Oven ini mempunyai dimensi produk 49,5 cm x 35 cm x 31 cm dengan kapasitas penampung bagian dalam sebesar 28 L. Dengan 2 rak tersedia, maka Anda bisa memanggang kue dan roti dalam jumlah banyak.

Untuk tegangan listrik, oven ini mempunyai konsumsi daya sebesar 1500 Watt dengan pengaturan suhu selama 60 menit. Oven ini sangat direkomendasikan untuk membuat roti dan kue dan bisa dibeli dengan harga terjangkau yaitu Rp.689.000,00.

2. Panasonic Convection Bake & Grill 




Jika Anda ingin memiliki oven convection dengan desain compact dan performa terbaik, maka sangat direkomendasikan untuk memiliki merek oven dari Panasonic ini. Meskipun berdesain compact, namun nyatanya oven ini mampu menampung hidangan dengan jumlah banyak.

Oven ini mempunyai dimensi produk 48,3 cm x 31 cm x 39,6 cm dengan kapasitas bagian dalam senilai 23 L. Tingkat konsumsi daya oven ini adalah 1040 – 1630 Watt dengan pengatur suhu 180 menit. Adapun harga beli oven ini adalah Rp.4.950.000,00. 

3. Oxone Professional Giant Oven – Convection Fan 




Dengan kapasitas yang besar, maka oven convection ini bisa menampung hidangan dalam jumlah sangat banyak. Oven canggih masa kini dari Oxone ini mempunyai pengaturan waktu mulai dari 20 hingga 120 menit. 

Di samping itu, dengan jumlah 4 rak dan dimensi 40 cm x 60 cm x 40 cm, maka oven ini benar-benar dapat diandalkan untuk berbagai macam kebutuhan. Jika ingin memilikinya segera saja siapkan dana mulai dari Rp.1.500.000,00. 

4. Panasonic Microwave Oven Convection Bake & Grill 


Panasonic microwave oven convection bake & grill terbuat dari material baja yang kuat dan tahan karat. Menariknya lagi, oven ini juga menyediakan plate pizza khusus dengan material berkualitas. Cocok sekali untuk Anda yang hobi memasak.

Konsumsi daya oven ini juga terbilang standar yaitu 900 hingga 1400 Watt saja. Kemudian, dimensinya adalah 33 cm x 34,8 cm x 23,9 cm. Untuk bisa memilikinya maka siapkan dana mulai dari Rp.2.887.000,00 saja. 

Untuk memasak dan membuat roti serta kue terbaik, maka membutuhkan peralatan memasak yang mumpuni. Salah satunya adalah convection oven. Ini adalah jenis oven yang mampu menghemat energi penggunaan, menyempurnakan kematangan makanan dan tentunya meningkatkan cita rasa masakan. 

0 komentar

Post a Comment