Apa itu Hammer Mill? Ini Kegunaan, Komponen, Prinsip Kerja dan Harganya

Author -  Nidaur Rahmah

Hammer mill adalah alat yang dibutuhkan untuk kebutuhan pertanian, perkebunan dan industri lainnya. Berbagai macam biji tanaman dapat diolah menggunakan hammer mill. Karena itulah alat ini sangat dibutuhkan untuk berbagai kegiatan industri.

Misalnya, memproduksi biji-bijian menjadi bentuk partikel halus atau kasar sesuai kebutuhan. Alat canggih yang umumnya terbuat dari baja ini juga mempunyai cara kerja sederhana sehingga tidak akan merepotkan penggunanya. 



Apa Itu Hammer Mill?


Hammer mill adalah alat yang bisa digunakan untuk menggiling berbagai macam jenis benda padat dan menjadikan ke dalam bentuk baru. Alat ini memiliki dukungan martil dengan bagian permukaan yang sudah dilengkapi dengan gerigi tajam sehingga bisa menjadi mesin penghancur yang sangat efektif. 

Bahkan hammer mill mampu menghancurkan berbagai macam jenis bahan baku keras hingga menghasilkan partikel tepung sangat halus. Misalnya, biji kopi, kayu, tulang ikan dan masih banyak lagi contohnya. 

Mesin hammer mill bisa membuat proses penggilingan menjadi jauh lebih efektif lagi. Semua proses penggilangan terasa jauh lebih mudah, praktis dan pastinya bisa lebih cepat. Penggunaan mesin ini tentu jauh lebih baik daripada mesin konvensional lainnya.

Dengan tingkat efektivitas yang tinggi, maka hammer mill dapat meningkatkan keuntungan industri terkait. Kelebihan lain yang diberikan hammer mill ialah memiliki perawatan yang sangat mudah. Bahkan untuk pemula sekalipun. 


Kegunaan Hammer Mill 


Sebagai salah satu mesin canggih untuk berbagai macam keperluan industri, maka secara garis besar fungsi hammer mil dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu memperkecil ukuran bahan baku tertentu serta alat penggiling serbaguna. 

1. Memperkecil Ukuran Bahan Baku Produksi Tertentu 

Hammer mill merupakan mesin yang berguna untuk memperkecil ukuran bahan baku produksi industri. Seperti halnya gandum yang diolah sedemikian rupa menjadi partikel halus. Hal ini karena hammer mill sengaja dirancang dengan desain sangat baik sehingga mampu membuat setiap prosesnya maksimal. 

Cocok sekali untuk memproduksi berbagai jenis tepung. Tepung yang dihasilkan bukan hanya sekedar halus saja melainkan juga terjamin kebersihannya. Dengan tepung yang terjamin sisi higenisnya tentu bisa berakibat baik pada kesehatan. 

2. Alat Penggiling Serbaguna 

Hammer mill bisa menjadi alat penggiling yang serbaguna. Hal ini karena hammer mill bisa dipakai untuk menggiling berbagai macam bahan-bahan kering. Mulai dari biji-bijian kering, umbi kering, gula pasir hingga berbagai jenis obat-obatan.

Cara penggunaan hammer mill yang praktis membuat siapa saja bisa menggunakannya dengan baik. Anda hanya perlu memastikan bahwa bahan-bahan tersebut kering dan kemudian sambungkan alat dengan kabel power pada socket. 


Bagian Komponen Hammer Mill



Hammer mill merupakan mesin yang terdiri atas beberapa komponen. Bagian-bagian atau komponen penyusun hammer mill sebetulnya tidak cukup kompleks. Anda bisa mengenali bagian-bagian tersebut seperti berikut.

1. Foundation 

Foundation merupakan bagian paling dasar dari mesin hammer mill. Bagian ini berguna untuk menghubungkan serta menopang seluruh bagian mesin. Selain itu, bagian ini juga berfungsi untuk tempat produksi dihasilkan. Oleh karena itu, bagian ini harus dipastikan kekokohan dan kekuatannya.


2. Rotor 

Bagian rotor pada hammer mill mempunyai fungsi untuk menggerakkan mesin. Bahkan bagian ini dapat dikatakan sebagai penggerak utama dari mesin hammer mill. Rotor terdiri dari beberapa bagian yaitu poros utama, piringan bingkai, piringan penghancur hingga landasan. 


3. Operating Door

Bagian operating door pada hammer mill berguna sebagai pintu utama agar nantinya pihak operator bisa melihat serta memeriksa struktur yang terdapat dalam mesin. Jadi, tiap-tiap struktur mesin tersebut nantinya akan diperiksa sekaligus dilakukan pembersihan sampai bagian saringannya. 


4. Casing Atas

Bagian casing atas sangat berguna untuk menghubungkan mesin bagian atas dan bawah dengan baik. Di samping itu, kegunaan lain dari casing atas adalah untuk mengapit saringan serta memberikan ruang produksi yang cukup bersama bagian rotor sehingga bisa memberikan kinerja produksi tepung optimal. 


5. Feeding Guide Structure 

Bagian feeding guide structure pada hammer mill berfungsi layaknya feeder. Jadi, dengan bagian ini maka operator bisa memasukkan bahan baku yang hendak diubah ukurannya. Ukuran yang dimaksud adalah ukuran besar ke kecil sesuai kebutuhan. 


Prinsip Kerja Hammer Mill

Mengerjakan sesuatu dalam industri apapun tentu akan terasa jauh lebih mudah jika menggunakan mesin. Salah satunya adalah hammer mill. Mesin ini mempunyai sejumlah prinsip kerja yang bisa memudahkan Anda dalam menggiling berbagai jenis bahan baku, diantaranya:

1. Anda bisa mulai menggelindingkan bola penghancur ke dalam mesin. Kemudian, mesin akan bekerja dengan cara menghancurkan material tersebut hingga menjadi partikel sesuai dengan keinginan.

2. Mesin ini mempunyai bentuk yang unik. Secara umum hammer mill berbentuk tabung dengan dua bagian tempat menyimpan material horizontal. Bahkan bentuk seperti ini juga diterapkan pada hammer mill berukuran mini. 

3. Mesin canggih yang sangat tepat untuk kebutuhan industri ini memiliki sistem kerja menggunakan dua roda yang terdapat pada kedua sisinya. Bahan baku keras yang masuk ke dalam mesin nantinya akan dihancurkan secara spiral serta disimpan dalam wadah mesin. 

4. Dalam wadah mesin terdapat bagian bernama ripple scaleboard dan street ball yang berbeda-beda berdasarkan mekanik mesin. Ketika mesin mulai dinyalan, maka badan barel akan berputar sehingga mesin bisa bekerja dengan baik.


Harga Hammer Mill Terbaru

Harga hammer mill yang dijual di pasaran sangat bervariasi. Harga tersebut bergantung dengan jenis-jenis maupun kapasitasnya. Jika Anda ingin membeli mesin hammer mill, maka sebaiknya cermati terlebih dahulu daftar harga berikut. Barulah kemudian Anda bisa mengunjungi toko terdekat. 

Nama Hammer Mill

Harga Mesin Terbaru

Hammer Mill Listrik AGR-HMR20

Rp.6.375.000,00.

Hammer Mill Kombinasi Chopper dan Penepung Biji HMCP20

Rp.9.125.000,00.

Hammer Mill Serbaguna

Rp.14.210.000,00.

Mesin Penepung Serbaguna Andaro MHM-50

Rp.13.225.000,00.

Mesin Penepung Serbaguna Andaro MHM-100

Rp.15.825.000,00.

Mesin Hammer Mill Andaro MHM-200

Rp.19.550.000,00.

Mesin Hammer Mill Andaro MHM-200+

Rp.41.125.000,00.


Hammer mill adalah alat canggih yang bisa membantu Anda untuk menggiling berbagai macam bahan baku menjadi partikel kecil sesuai keinginan. Mesin ini begitu cocok untuk Anda yang ingin memulai usaha produksi tepung. Selain efektif dan efisien, kualitas tepung yang dihasilkan juga sangat higenis. 

0 komentar

Post a Comment