Mesin Penggiling Daging: Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Daftar Harganya

Author -  Nidaur Rahmah

Mesin penggilang daging (meat grinder) merupakan salah satu jenis mesin yang wajib dimiliki oleh para pelaku usaha yang bergerak di bidang pengolahan daging. Misalnya, usaha bisnis bakso, sosis, dan lain sebagainya baik skala rumahan maupun skala besar. Harga mesin penggiling daging ini sangatlah bervariasi tergantung merk dan spesikasi yang diminta konsumen.

Maka dari itu, sebelum melakukan pembelian mesin grinder, sebaiknya ketahui terlebih dahulu berapa harganya. Selain itu, kenali lebih mendetail apakah mesin penggiling tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan atau belum.



Deskripsi Mesin Penggiling Daging

 

Mesin penggiling daging atau yang juga populer dengan istilah mesin meat grinder adalah jenis mesin yang digunakan untuk membuat daging cincang secara mudah dan praktis. Mesin ini begitu bermanfaat untuk kebutuhan usaha pengolahan daging.

Bahkan sangat berguna untuk toko daging, supermarket, deli maupun restoran khusus. Suatu mesin penggiling daging akan sangat bermanfaat untuk usaha, khususnya untuk menciptakan potongan daging maupun resep masakan istimewa.

Baca juga: Daftar Mesin Produksi Rumahan untuk Mendukung Usaha Anda

Jangan lupa sebelum membeli mesin penggiling daging, Anda harus terlebih dahulu melihat spesifikasinya terlebih dahulu. Apakah sudah cukup ideal dan sesuai dengan kebutuhan atau belum. Khususnya untuk kebutuhan usaha, maka jangan ragu untuk memilih mesin dengan kapasitas besar. 


Fungsi Mesin Penggiling Daging 



Mesin penggiling daging tentu saja akan membantu proses penggilingan daging secara mudah, praktis dan cepat. Terutama untuk kebutuhan industri makanan.  Di samping itu, masih banyak fungsi dari mesin penggiling daging, diantaranya:

1. Menggiling Daging dengan Sempurna

Sesuai namanya, mesin meat grinder akan membantu Anda untuk menggiling daging secara sempurna. Tentunya akan sangat jauh lebih bagus dibandingkan dengan menggiling daging memakai peralatan konvensional. Selain hasil yang sempurna, daging gilngan juga akan lebih cepat selesai. 

2. Menggiling Daging dengan Lebih Efektif dan Efisien 

Selanjutnya, menggiling daging menggunakan mesin tentu akan mampu membuat segalanya lebih efektif dan efisien. Bahkan hanya dengan memakai mesin seperti ini, Anda bisa lebih cepat dan cekatan dalam memproses daging dengan jumlah yang banyak. Semuanya akan jauh lebih efektif dan efisien. 

3. Mempermudah Proses Penggilingan Daging 

Selain itu, menggiling daging menggunakan mesin meat grinder juga akan membuat segalnya terasa jauh lebih mudah. Anda hanya perlu memasukkan daging ke dalam mesin dan secara otomatis mesin akan bekerja dengan baik. Jangan lupa siapkan wadah sebagai penampung hasil penggilingan daging. 

4. Menggiling Daging dengan Tekstur Halus 

Jika Anda ingin mendapatkan hasil gilingan daging yang bagus dan halus, maka jangan ragu menggunakan mesin meat grinder. Mesin ini mampu menggiling daging menjadi tekstur yang jauh lebih halus. Tekstur gilingan daging tersebut sangat cocok untuk dijadikan bakso, sosis maupun aneka makanan lainnya. 

5. Menggiling Daging Lebih Higienis 

Saat Anda ingin menggiling daging menggunakan mesin meat grinder, maka akan mendapatkan hasil akhir yang jauh lebih higienis. Tentunya dalam pengolahan makanan harus berfokus kepada kebersihannya. Dengan demikian, food safety akan senantiasa terjaga. 


Jenis/Tipe Mesin Penggiling Daging 

Variasi dari mesin penggiling daging ada begitu banyak macamnya. Setidaknya terdapat tiga macam alat penggiling daging yang umum digunakan untuk berbagai macam industri. Beberapa mesin penggiling daging tersebut, diantaranya:


1. Meat Grinder WFM Series 



Jenis mesin penggiling daging ini dapat digunakan untuk menggiling daging dengan kapasitas besar. Mulai dari 14 kilogram hingga 28 kilogram. Mesin ini memiliki desain minimalis sehingga sangat cocok bagi para pelaku usaha bakso. Bukan hanya prosesnya yang cepat, namun hasil akhirnya juga sangat halus.

Di samping itu, mesin meat grinder ini juga mampu menghasilkan higienitas daging yang sangat bagus karena daging dilumatkan dengan bahan terbaik yaitu stainless steel. Jadi, tidak gampang berkarat dan tidak akan meninggalkan noda kekuningan pada makanan. Mesin ini juga bisa untuk cetak sosis. 


2. Household Meat Grinder 


Mesin meat grinder ini sangat direkomendasikan untuk usaha bakso skala rumahan. Mesin ini juga diklaim sebagai mesin terkecil dari semua jenis mesin penggiling daging. Jadi, mesin ini bisa digunakan untuk menggiling daging meskipun jumlahnya hanya sedikit saja. 

Menariknya, mesin penggiling daging ini juga dapat dibawa kemana-mana dengan mudah karena merupakan mesin portable. Beratnya saja hanya mencapai 4 kilogram. Di samping itu, mesin ini juga dapat diandalkan untuk mencetak berbagai macam sosis dengan daya hanya 200 Watt saja. 

3. Taiwan Meat Grinder 


Terakhir, mesin ini juga bisa Anda andalkan untuk usaha bakso dengan skala jauh lebih besar. Mesin ini dikenal karena memiliki bodi yang kuat dan kokoh. Tentunya juga anti karat dan bisa digunakan dalam jangka waktu panjang.

Setidaknya mesin ini sudah dilengkapi dengan 4 buah mata pisau, 4 saringan dan tombol on off. Kapasitas mesin ini bisa mencapai 200 kilogram sehingga lebih mempermudah Anda untuk mencetak bakso dalam jumlah banyak sekaligus. 


Cara Kerja Mesin Penggiling Daging

 

Cara kerja mesin penggiling daging sebetulnya sangat mudah untuk dipahami, bahkan cenderung praktis. Hal ini karena mesin meat grinder sudah dilengkapi dengan auger bertekanan silinder yang dipasang secara horizontal di dalamnya.

Kemudian, pada bagian ujung mesin terdapat mata pisau yang berfungsi sebagai sistem pemotongan yang bergerak secara berputar dengan bagian auger penggiling. Nantinya, daging akan ditekan dengan auger yang berputar dan didorong menggunakan sistem pemotongan serta diekstruksi.

Proses ekstruksi tersebut akan memanfaatkan lubang pada bagian piringan penggilingan dan dipotong oleh pisau berbentuk bintang yang senantiasa berputar tanpa henti. Dengan demikian, daging yang diproses di dalamnya akan keluar dengan hasil sempurna. 


Daftar Harga Mesin Penggiling Daging 

Apakah Anda sudah ingin membeli mesin penggiling daging untuk kebutuhan usaha bakso dan sosis? Tentu saja tidak ada salahnya untuk melihat terlebih dahulu harga dari mesin tersebut. Jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Nama Mesin Penggiling Daging

Harga

Meat Grinder MGD G31

Rp.760.000,00.

Meat Grinder MGD 8A

Rp.2.960.000,00.

Meat Grinder MGD 12A

Rp.3.405.000,00.

Meat Grinder MGD 22A

Rp.4.440.000,00.

Meat Grinder MGD 32A

Rp.12.750.000,00.

Meat Grinder MGD 42A

Rp.24.320.000,00.

Meat Grinder MTD TS737A

Rp.3.150.000,00.

Luxury Meat Grinder MMG TC12

Rp.5.975.000,00.

Luxury Meat Grinder MMG TC22

Rp.8.600.000,00.



Kehadiran mesin meat grinder tentu mampu mempermudah Anda dalam membuat daging cincang, sosis maupun bakso. Pastikan sebelum membeli mesin tersebut, Anda harus mengetahui harga dan spesifikasinya terlebih dahulu. Usahakan agar harga mesin penggiling daging tidak memberatkan Anda.

0 komentar

Post a Comment