7 Daftar Mesin Proofer Roti Terbaik dan Cara Penggunaannya

Author -  Nidaur Rahmah

Penggunaan mesin untuk berbagai macam kebutuhan industri memang sangat beragam. Salah satunya mesin proofer untuk kebutuhan industri pembuatan roti. Mesin proofer roti adalah alat terbaik yang bisa membantu Anda untuk membuat roti mengembang sempurna dan merata.

Alat proofer ini akan digunakan untuk mengembangkan adonan roti sebelum proses pembakaran atau baking berlangsung. Proses yang dinamakan sebagai proofing ini juga lebih familiar dengan istilah fermentasi sehingga mampu menciptakan ragi pada roti. 

Via thefoodiecrawl.com


7 Daftar Mesin Proofer Terbaik Lengkap dengan Harganya 

Terdapat begitu macam mesin proofer yang bisa digunakan untuk kebutuhan pembuatan roti. Setiap mesin proofer tentu mempunyai spesifikasi tersendiri dengan harga yang bervariasi. Jika Anda ingin membeli mesin proofer, maka sebaiknya simak beberapa rekomendasinya berikut ini.

1. Bread Proofer Ramesia BF - 05TGX 



Ini adalah mesin proofer yang memiliki daya pemakaian listrik cukup hemat yakni 800 Watt saja dengan voltase 220 – 240 V. Mesin ini juga mampu menampung loyang sebanyak lima buah sehingga bisa membuat produksi roti menjadi lebih cepat. Material pembuatan mesin proofer ini dari stainless steel. 

Dengan demikian wajar saja jika mesin proofer ini sangat awet digunakan. Cocok sekali untuk penggunaan jangka panjang. Mesin proofer dengan dimensi 1110 mm x 660 mm x 920 mm ini bisa Anda beli dengan harga mulai dari Rp.5.250.000,00. 

2. Bread Proofer FJ15C - G 




Mesin proofer dengan tipe BP - 15GTR ini mempunyai daya listrik 1200 + 400 Watt. Selain itu, voltase mesin ini adalah 220 – 240 V. Bread proofer ini juga memiliki kapasitas loyang 1 pintu untuk menampung sebanyak 15 loyang roti. Tentu ini akan mempercepat proses pembuatan roti Anda. 

Di samping itu, material pembuatan mesin proofer ini adalah stainless steel sehingga cukup awet dipakai. Dengan berat mesin sebesar 52 kilogram dan dimensi 510 mm x 730 mm x 1890 mm, maka mesin ini bisa dibeli dengan harga Rp.6.500.000,00. 

3. Bread Proofer FJ30C-G 



Bread Proofer FJ30C - G merupakan salah satu jenis mesin proofer dengan tipe BP-30 GTR. Mesin ini dilengkapi dengan daya listrik 2 x 1200 +  2 x 400 Watt dan voltase 220 x 240 V. Mesin bread proofer tipe ini mempunyai kapasitas penampung loyang cukup besar dibandingkan jenis bread proofer lainnya. 

Anda bisa meletakkan 30 loyang roti sekaligus pada mesin ini dengan mode 2 pintu yang sangat praktis. Tentunya ini akan membuat lebih leluasa lagi dalam meletakkan roti-roti Anda. Mesin bread proofer dengan material stainless steel berukuran 126 kilogram ini bisa dibeli dengan harga Rp.9.925.000,00. 

4. Bread Proofer Ramesia BF – 16TGX 




Variasi mesin bread proofer yang bisa dibeli berikutnya adalah Bread Proofer Ramesia BF – 16TGX. Dengan voltase 220 – 240 V dan daya 2600 Watt ini, tentunya bread proofer tipe ini benar-benar mampu menjadi pilihan mesin pembuat roti terbaik bagi Anda. 

Setidaknya Anda dapat meletakkan 16 loyang roti sekaligus dengan ukuran 600  x 400 mm lewat mode mesin satu pintu ini secara mudah. Mesin seberat 50 kilogram dengan dimensi 500 mm x 700 mm x 1980 mm ini bisa Anda dapatkan seharga Rp.5.950.000,00 saja. 

5. Bread Proofer Ramesia BF – 32TGX 

 

Jika Anda menginginkan mesin proofer yang mampu menampung lebih banyak loyang kue, maka bisa menggunakan Bread Proofer Ramesia BF – 32TGX ini. Sebab, mesin proofer ini bisa menampung sebanyak 32 loyang sekaligus lewat dua pintu yang sangat memudahkan proses pembuatan roti Anda. 

Hanya saja mesin ini dirasa agak berat karena berbobot 85 kilogram dengan dimensi 1000 mm x 700 mm x 1980 mm. Namun, hal seperti ini tidak akan menjadi masalah karena mampu menyediakan kapasitas penampungan roti secara banyak. Anda bisa membeli mesin ini dengan harga Rp.7.250.000,00. 

6. Proofer Roti Analog 10 Tray 



Apabila Anda ingin memiliki mesin proofer roti simpel, ada baiknya menggunakan jenis proofer analog 10 tray ini. Bread proofer ini mempunyai dimensi sebesar 50 x 67 x 140 cm yang membuat mesin ini terlihat sangat mudah dan fleksibel digunakan. Daya listriknya juga cukup hemat yaitu hanya 600 Watt saja. 


Pengaturan suhu menggunakan mesin bread proofer ini juga dapat dilakukan secara mekanis. Tidak perlu khawatir, sebab mesin ini juga mempunyai pengatur kelembapan yang baik. Untuk harganya, Anda perlu menyiapkan dana sebesar Rp.6.300.000,00. 

7. Proofer Roti Digital 10 Tray 




Dengan sentuhan teknologi digital yang canggih, tentunya proofer ini mampu mencukupi kebutuhan dan mempermudah proses pembuatan roti Anda. Mesin ini mempunyai dimensi 50 x 67 x 140 cm sehingga membuatnya terlihat begitu simpel. 

Kemudian, mesin proofer ini tidak banyak memakan daya listrik yaitu haya 600 Watt. Proofer roti ini juga dilengkapi dengan power switch on/off sehingga mempermudah proses pembuatan roti Anda. Untuk bisa memilikinya, maka sebaiknya siapkan uang mulai dari Rp.7.300.000,00. 


Cara Menggunakan Mesin Proofer 

Mesin proofer adalah jenis mesin yang akan memudahkan Anda dalam proses pembuatan roti. Cara penggunaan mesin proofer juga relatif mudah. Sebagai contoh, berikut merupakan tata cara penggunaan mesin proofer digital untuk Anda.

  1. Pastikan sudah mengunci roda proofer terlebih dahulu sehingga jauh lebih aman.
  2. Buka pintu proofer dan ambil bowl yang ada pada bagian bawah mesin proofer. 
  3. Isi air sebanyak ¾ ke dalam bowl tersebut agar lebih aman.
  4. Masukkan kembali bowl tersebut ke dalam mesin proofer.
  5. Ambil jarum sensor dan kembali masukkan ke dalam bowl yang sudah terisi air. 
  6. Tutup kembali proofer dan colokan pada stop kontak. 
  7. Putar bagian switch power untuk menyalakan mesin.
  8. Putar switch fan untuk bisa menyalakan kipas mesin. 
  9. Atur suhu dan kelembapan mesin proofer sekitar 75 atau 85 bergantung dengan jenis adonan.
  10. Saat suhu yang diinginkan sudah tercapai, maka barulah masukkan loyang yang berisi adonan. 
  11. Tunggu sampai roti mengembang seperti yang diinginkan.

Proofer adalah mesin yang sangat bermanfaat untuk mempermudah proses pembuatan roti. Adanya alat ini akan membuat semua pengerjaan pembuatan roti akan berlangsung jauh lebih praktis dan efisien. Cocok sekali untuk industri pembuatan roti dalam skala besar. 

0 komentar

Post a Comment