Contoh Naskah Iklan Layanan Masyarakat dan Biaya Pasangnya

Author -  Admin Pengadaan

Contoh iklan layanan masyarakat (ILM) atau yang disebut juga Public Service Announcement merupakan sebuah contoh bentuk program atau naskah komunikasi massa/kampanye yang digunakan untuk menyampaikan pesan iklan dengan maksud yang baik. Siaran iklan layanan masyarakat pun diatur paling sedikit 10% dari siaran iklan niaga/komersil setiap harinya.

Kehadirian ILM dalam dunia advertising ini bertujuan untuk memberikan informasi, mempengaruhi atau mengingatkan kembali tentang gagasan–gagasan khusus yang menyangkut fakta dan latar belakang atau penyebab terjadinya suatu gejala sosial tertentu.

Iklan layanan masyarakat dapat berupa dalam bentuk visual saja atau audiovisual. Bentuk audiovisual pada iklan layanan masyarakat umumnya berdurasi maksimal 3 menit (tidak termasuk credit title).


Contoh Iklan Keselamatan Berkendara di Luar Negeri via digitalsynopsis.com/


Apa itu Iklan Layanan Masyarakat?


Iklan layanan masyarakat masuk ke dalam jenis iklan non komersial yang bertujuan untuk kepentingan atau pelayanan khalayak umum (public service). Biasanya pesan dalam iklan layanan masyarakat ini berupa ajakan atau himbauan kepada masyarakat untuk melakukan atau tidak melakukan suatu tindakan demi kepentingan/keselamatan umum atau mengubah kebiasaan atau perilaku masyarakat “yang tidak baik” supaya menjadi lebih baik.

Adapun yang bertindak sebagai advertiser yang mengkampanyekan iklan layanan masyarakat ini adalah institusi/badan pemerintah (K/L/PD), perusahaan swasta, organisasi/asosiasi atau ikatan orang-orang seprofesi, LSM, dan lain sebagainya. Biasanya di dalam penyampaiannya akan dicantumkan logo organisasi/badan yang bersangkutan dan juga slogan yang ingin disampaikan.

Tujuan ILM



Melalui iklan layanan masyarakat ini, suatu badan/organisasi berkomunikasi bukan untuk tujuan komersil melainkan menjalin hubungan baik dengan pelanggannya secara khusus dan masyarakat luas.

Nah, berikut ini adalah tujuan iklan layanan masyarakat:
  • Mendukung suatu program tertentu yang bersifat non-komersial. 
  • Mempengaruhi khalayak umum berkaitan dengan sebuah opini/persepsi dan perilaku masyarakat, tanpa embel-embel motivasi keuntungan. 
  • Mendorong masyarakat untuk mau berdonasi atau menyadarkan khalayak pada masalah sosial sehingga mereka melakukan suatu aktivitas yang benar.

Ciri-Ciri ILM


Menurut Ad Council, suatu dewan periklanan Amerika Serikat, menyampaikan bahwa kriteria yang dipakai untuk menentukan sebuah kampanye/iklan layanan masyarakat apabila:

  • Non Komersial
  • Tidak bersifat keagamaan
  • Non politik
  • Berwawasan nasional
  • Diperuntukan bagi semua lapisan masyarakat
  • Diajukan oleh organisasi/badan/institusi baik pemerintah maupun swasta yang telah diakui secara hukum
  • Dapat diiklankan
  • Pesan yang dikampanyekan mempunyai dampak positif dengan didukung oleh media lokal maupun nasional atau bahkan internasional.

Cara Membuat ILM yang Efektif


Sebagai sebuah iklan yang berkaitan dengan kepentingan umum maka dalam pembuatannya haruslah disusun dengan baik sehingga dapat diterima oleh semua lapisan masyarakat.

Nah, untuk membuat iklan layanan masyarakat yang efektif Anda dapat menyimak tahapan-tahapannya di bawah ini:


1. Pemilihan topik/tema Anda

Pertama yang harus dilakukan dalam pembuatan iklan layanan masyarakat adalah memilih topik/tema. Pilihlah satu subjek yang akan Anda visualisasikan. Jangan memilih lebih dari satu subjek karena akan membingungkan pembaca/penonton iklan.

Sebagai contoh, iklan layanan masyarakat pencegahan penularan Covid-19. Jangan digaubung dengan tema lain, seperti perilaku bersih lingkungan. Meskipun dua-duanya saling terkait, namun ketika disampaikan ke audiens pesan iklan bisa saja tidak tersampaikan dengan baik.

2. Riset

Selanjutnya adalah Anda perlu mengidentifikasi dan menemukan fakta-fakta terbaru dan terkini tentang topik Anda. Jika perlu kumpulkan referensi dan data terkait untuk dapat ditambahkan ke dalam iklan layanan masyarakat tersebut sehingga akan terlihat lebih meyakinkan dan akurat.

Sebagai contoh, iklan layanan masyarakat tentang keselamatan berkendara dengan fokus pesan iklan yang disampaikan adalah larangan berkendara sambil bermain handphone. Anda perlu menunjukkan data terbaru yang menunjukkan jumlah kecelakaan lalu lintas akibat berkendara sambil menelpon, membalas SMS/chat, dan lain sebagainya. Tunjukkan juga jumlah korban luka-luka dan yang sampai meninggal dunia.

3. Pesan iklan disampaikan dengan jelas dan sederhana

Tujuan dari beriklan adalah pesannya bisa sampai ke penonton. Nah, untuk itu Anda harus pintar-pintar untuk memahami psikologis dari target audiens yang Anda tuju. Sampaikan teks/naskah pesan iklan layanan masyarakat ini dengan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti sehingga pesan dapat diingat dengan mudah oleh audiens.

Untuk iklan berdurasi 30 detik biasanya membutuhkan 5 sampai 7 pernyataan singkat. Sampaikan dengan bentuk pernyataan yang sederhana dengan didasarkan pada penelitian terbaru dan terpercaya.

4. Gunakan efek visual

Untuk menarik perhatian audiens, Anda mungkin perlu menggunakan efek visual, respons emosional, humor, dan kejutan lainnya. Namun, berhati-hatilah jika Anda menggunakan taktik menakut-nakuti karena bisa jadi audiens enggan untuk melihatnya kembali dan enggan untuk mengkampanyekan ke orang lain.

5. Pembuatan storyboard

Storyboard adalah gambar sketsa yang disusun secara berurutan, menggambarkan perubahan penting dari adegan dan aksi yang dikembangkan dari naskah iklan yang telah dibuat.

6. Pengambilan gambar

Langkah selanjutnya adalah proses syuting iklan. Proses ini dilakukan dengan pengambilan gambar dalam bentuk audio visual. Untuk saat ini, sejatinya pengambilan gambar ini tidak harus dilakukan karena dengan perkembangan teknologi peran artis/aktor iklan dapat digantikan dengan video animasi.

Setelah proses ini selesai maka tahapan selanjutnya adalah proses pengeditan iklan untuk mendapatkan tayangan yang menarik secara visual. Setelah iklan tersebut selesai dibuat, maka jangan lupa untuk meminta umpan balik dari para audiens.

Langkah-langkah di atas merupakan cara membuat iklan layanan masyarakat dalam bentu audiovisual, Jika dalam bentu poster, cukup dengan membuat narasi yang sesuai dengan data dan disampaikan dengan grafis yang menarik sehingga audiens mau membaca iklan tersebut sampai selesai. Dengan demikian, pesan dari iklan tersebut sampai kepada target audiens.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat


1. Contoh ILM BKKBN


Contoh iklan ini biasanya berkaitan dengan program Keluarga Berencana (KB). Salah satu contohnya adalah program Generasi Berencana (GenRe) yang telah ditayangkan BKKBN di media televisi dengan target audiens remaja (usia 18–24 tahun).

Iklan ini hadir dengan versi “Jangan buru-buru”. yang menjelaskan tentang pentingnya kesiapan mental, financial, dan spiritual dalam sebuah ikatan pernikahan.

Dalam contoh iklan layanan masyarakat ini disampaikan suatu cerita sepasang calon pengantin yang merencanakan tanggal pernikahannya, kapan punya anak dan juga mengatur rencana jarak kelahiran. Iklan BKKBN versi “jangan buru-buru” ini tayang dengan durasi selama 30 detik yang di dalamnyadiiringi oleh jingle iklan yang dinyanyikan oleh endoser/model artisnya.


2. Contoh ILM BNN


Iklan layanan masyarakat tentang bahaya narkotika, drugs atau obat-obatan terlarang. Iklan menyampaikan peringatan tentang dampak dan efek obat yang dapat menghancurkan kehidupan pecandunya secara cepat.


Contoh Teks Iklan Layanan Masyarakat Narkoba;


Narkoba tidak menyelesaikan masalah Anda; narkoba hanya bertindak sebagai pengalih perhatian sementara dari masalah kehidupan yang sedang Anda hadapi. Narkoba justru malah akan merenggut karir Anda, merampas pekerjaan, dan menghancurkan orang – orang tercinta. Ayo sayangi keluargamu – JAUHI NARKOBA!! (iklan layanan BNN).

 

3. Contoh ILM Kementerian Kesehatan

Iklan layanan masyarakat yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan sudah barang tentu berkaitan dengan masalah/isu kesehatan. Sebagai contoh, bagaimana cara mencegah suatu penyakit atau kegiatan penyuluhan kesehatan yang dilakukan pemerintah. Berikut ini contoh selengkapnya:


  • Iklan Anti Rokok


Sama seperti halnya ILM tentang narkoba, ILM bahaya merokok menjelaskan tentang bahaya merokok karena adanya kandungan atau zat- zat kimia berbahaya yang terdapat di dalam rokok. 

Baca juga: Simbol Bahan Kimia Berbahaya Lengkap dengan Artinya

Contoh naskah Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Rokok

Bagi sebagian orang aktivitas merokok dianggap hal yang keren dan gaul. Namun, apakah Anda tahu kandungan zat yang ada di dalam rokok? Terdapat lebih dari 4000 zat kimia yang berbaya, di mana 43 diantaranya diketahui sebagai penyebab KANKER. 

Merokok merusak organ dalam tubuh anda, mulai dari seperti jantung, paru-paru, mulut, gigi, tenggorokan sampai otak.

So, ayo STOP Merekok sekarang juga!

 

  • Iklan Himbauan Menerapkan 5M untuk Mencegah Penularan Covid-19





  • Contoh Teks Iklan Layanan Masyarakat Bahaya DBD

    Perubahan cuaca yang tak menentu, dengan datangnya musim penghujan membuat nyamuk Aedes aegypti berkembang biak lebih cepat. Telebih, di tempat-tempat yang kumuh dan tergenang air. Nyamuk ini dapat menyebarkan virus yang menyebabkan penyakit Demam Berdarah atau DBD. 

    Yuk, jaga lingkungan Anda tetap bersih! Cegah demam berdarah dengan 3M Plus, yaitu menguras dan membersihkan tempat penampungan air secara rutin, menutup rapat semua tempat penyimpanan air, dan memanfaatkan limbah barang bekas dengan program recycle (daur ulang).


4. Iklan Layanan Masyarakat oleh Organisasi Peduli Lingkungan

Salah satu contoh iklan layanan masyarakat ini adalah himbaun untuk mengurangsi sampah plastik seperti pada kampanye poster Go Green berikut ini:




5. Iklan Layanan Masyarakat oleh Kementerian ESDM


Penggunaan energi listrik telah menyumbang permasalahan pemanasan global (global warming). Tak hanya itu, bahan baku listrik yang bersifat tidak dapat perbaharui memaksa umat manusia agar lebih berhemat dalam menggunakan listrik ini. 

Berikut ini adalah contoh iklan layanan masyarakat/kampanye hemat listrik yang disampaikan oleh Kementerian ESDM.



6. Iklan Layanan Masyarakat oleh Polisi Lalu Lintas


Iklan ini memberikan edukasi cara berkendara yang aman. Masyarakat dihimbau mematuhi aturan berkendara, seperti tidak menerobos lampu merah, memakai helm ber-SNI, berkendara tidak sambil bermain handphone, tidak berkendara dalam kondisi mabuk, dan lain sebagianya. Tujuannya adalah demi keselamatan pribadi dan para pengendara lainnya.

Berikut contoh poster kampanye iklan layanan masyarakat tentang keamanan berkendara:




7. Iklan Layanan Masyarakat Pelestarian Budaya Lokal dan Pergerakan Ekonomi Kedaerahan


Batik Gajah Uling

Batik Khas dari Banyuwangi

Melestarikan Batik Banyuwangi artinya Anda Cinta Pengrajin Batik

MARI KITA CINTAI KARYA BATIK ASLI INDONESIA


8. Iklan Layanan Masyarakat Kampanye Internet Sehat


On the internet, some things are not what they seem




Biaya Pasang Iklan Layanan Masyarakat


Meskipun non-komersial, iklan layanan masyarakat tetaplah diperlukan modal untuk proses pembuatannya, namun untuk tarif pasangnya tidak dikenakan biaya. Pasang iklan layanan masyarakat sendiri juga bebas dari pajak PPN asalkan mass media yang bersangkutan tidak memperoleh keuntungan dari pemasangan ILM tersebut


Itulah ulasan mengenai iklan layanan masyarakat dan contohnya di dunia advertising baik di Indonesia maupun di luar negeri. Semoga menginspirasi untuk terus berinovasi dalam dunia periklanan ya!

0 komentar

Post a Comment