2022-11-21

5 Cara Menjadi Distributor Baja Ringan Sukses

Author -  Lubis Muzaki

Baja ringan kini banyak dimanfaatkan sebagai material atap rumah ataupun untuk pemasangan kanopi garasi/teras. Munculnya bangunan-bangunan baru yang mulai meninggalkan bahan kayu sebagai material konstruksi semakin membuat kebutuhan terhadap baja ringan semakin meningkat. Tentunya, hal ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Kamu bisa mencoba untuk menjadi distributor baja ringan di daerahmu.

Banyaknya minat masyarakat untuk menggunakan baja ringan tidak terlepas karena material ini memiliki sejumlah kelebihan. Baja ringan ini memiliki mutu yang bagus, sifatnya ringan dan tipis, namun memiliki fungsi setara baja konvensional. Proses perakitannya pun sangat mudah saat digunakan untuk membuat struktur bangunan. 

Jika berniat untuk menjadi distributor baja ringan, kamu bisa membaca penjelasannya pada artikel di bawah ini.






Alasan Mengapa Menjadi Distributor Baja Ringan Menjadi Pilihan Usaha yang Tepat


Baja ringan umumnya memiliki ukuran tebal berkisar dari 0,4 mm – 1 mm. Jenis material baja ringan yang bisa kamu jual adalah galvanized Z-22, galvalume AZ-100, Zincalume dan ZAM ZG-90. Persaingan yang semakin banyak bergerak di bidang rangka atap baja ringan, menjadi peluang besar bagimu, karena semakin tinggi kompetisi usaha, artinya ceruk pasar di sektor tersebut cukup tinggi.

Jika kamu masih ragu untuk membuka usaha toko baja ringan, mungkin berikut ini bisa menjadi alasan mengapa menjadi distributor baja ringan merupakan pilihan usaha yang tepat:

1. Tidak Sepi Permintaan

Bangunan/rumah merupakan kebutuhan primer. Selain rumah, bangunan seperti pabrik atau gudang biasanya dibangun dengan menggunakan atap baja ringan. Karena proses pengerjaannya lebih cepat, dan hasilnya pun awet, tanpa ada risiko dimakan rayap.

Karena hal tersebutlah, selalu akan ada kebutuhan untuk pembangunan dan permintaan baja ringan yang terjaga.


2. Tidak Ada Kadaluarsanya


Meskipun tergolong kebutuhan primer, baja ringan tidak seperti makanan yang mudah rusak atau mengalami kadaluarsa. Baja ringan akan tetap awet meskipun disimpan hingga puluhan atau ratusan tahun. Tidak akan dimakan rayap dan juga tidak perlu dilakukan perawatan tertentu.

3. Mendapatkan Keuntungan yang Berlipat

Margin keuntungan dengan menjadi distributor baja ringan cukuplah besar. Potensi keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi distributor baja ringan ini bisa mencapai 15%-20%.

Untuk memasarkan hasil produk baja ringan, ada baiknya kamu selaku distributor menjalin relasi dengan para kontraktor proyek atau developer. Dengan demikian, setiap pihak kontraktor mendapatkan proyek, mereka bisa memesan baja ringan dari tokomu..

Distributor baja ringan juga perlu menjalin kerjasama dengan pihak aplikator. Karena mereka yang nantinya akan membantu memasang rangka atap baja ringan.


Cara Menjadi Distributor Baja Ringan Yang Sukses



Pada era globalisasi seperti ini, semua pihak memiliki kesempatan yang sama untuk bisa masuk ke dalam pasar yang dikehendaki baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri, tanpa ada batasannya lagi. 

Melihat kondisi tersebut, bagi kamu yang ingin terjun di dunia usaha, khususnya distributor baja ringan, maka sudah seharusnya mengetahui cara menjadi distributor baja ringan yang mampu mengikuti perkembangan atau perubahan iklim dari usaha ini.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa langkah dan persiapan yang harus kamu lakukan untuk memulai menjadi distributor baja ringan, atau toko material bahan bangunan pada umumnya.


1. Niat yang Kuat


Cara menjadi distributor baja ringan yang pertama adalah harus ada niat yang kuat. Niat ini merupakan modal pertama yang harus dimiliki oleh setiap orang. Kalau tanpa niat, usahanya tidak akan jalan-jalan.

Niat yang kuat akan mampu memunculkan keberanian sehingga kamu akan siap menghadapi berbagai risiko yang muncul.

2. Persiapkan Modal Usaha


Untuk memulai menjadi distributor baja ringan, dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Pastikan modal usaha tersebut dari sumber dana pribadi ataupun kerjasama dengan pihak lain (partnership) atau melalui  pinjaman modal dari lembaga perbankan.

Cobalah untuk mencari partnership supplier bahan bangunan untuk meminjamkan barang sebagai modal kepada toko kamu. Dengan begitu, tentu saja tidak akan membebani cashflow toko saat awal-awal memulai bisnis.

Selain produk baja ringan, kamu juga perlu menyiapkan modal untuk membeli lahan dan juga biaya untuk mendirikan toko bangunan/baja ringan.

3. Pilih Lokasi yang Strategis

Lokasi pendirian toko menjadi kunci sukses menjadi distributor baja ringan. Toko bangunan/baja ringan yang strategis tentu bisa mendatangkan banyak pembeli. Semakin mudah toko baja ringan milikmu ditemukan, semakin laris juga produk yang kamu jual.

Usahakan tokomu dibangun di area yang banyak pemukiman, area perkantoran, dan memiliki jalan besar untuk proses bongkar muat. Kamu harus memastikan toko baja ringan yang akan kamu miliki, memiliki lokasi yang cukup memadai untuk keluar masuk truk/kendaran pengangkut, tempat penyimpanan bahan bangunan, serta parkir kendaraan.


3. Menjual Beragam Jenis Produk Baja Ringan

Agar menjadi tujuan belanja masyarakat, pastikan toko bangunan kamu bisa menjadi solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, termasuk produk-produk bajar ringan.

Jenis produk baja ringan cukup beragam. Mulai dari besi hollow, kaso/truss, bondek, spandek, reng, dan lain sebagainya yang digunakan baik untuk kebutuhan pemasangan atap ataupun struktur bangunan lainnya.


4. Pilih Produk-Produk Baja Ringan yang Berkualitas


Melihat besarnya potensi bisnis ini, mungkin kamu jadi tertarik untuk menjadi distributor baja ringan. Tapi, kamu juga harus tahu, bisnis produksi rangka baja ringan ini bukan bisnis yang bisa langsung digeluti sembarang orang.

Pasalnya bisnis material bangunan ini berhubungan langsung dengan keselamatan seseorang, maka pastikan untuk menjual produk/produk baja ringan yang berkualitas.

Karena itu, selaku distributor baja ringan baja ringan harus memastikan kualitas produknya benar-benar baik dan aman. 


5. Pilih Supplier Terbaik


Modal sudah siap, lokasi sudah dapat, barang yang dijual sudah tahu apa saja, langkah selanjutnya adalah mencari supplier yang terbaik. Pilihlah supplier yang terpecaya, berpengalaman, dan mampu memberikan bahan berkualitas baik.

Dengan memastikan supplier yang kamu pilih adalah yang terbaik, artinya kamu telah memastikan pasukan suplai yang lancar, dan barang/produk baja ringan berkualitas yang membuat pelanggan puas.

Menjadi distributor baja ringan ini memiliki potensi yang jauh lebih berkembang. Hal ini terbukti semakin banyaknya usaha ini mulai dari kota-kota besar sampai ke kota-kota kecil. Perkembangan bisnis baja ringan ini semakin meningkat seiring dengan semakin banyaknya jumlah penduduk sehingga kebutuhan masyarakat juga meningkat. Produksi manufaktur pun di bidang ini pun menyesuaikan permintaan pasar.

0 komentar

Post a Comment