2022-11-07

16 Manfaat Ikut Organisasi yang Akan Kamu Dapatkan

Author -  Lubis Muzaki

Setiap pelajar/mahasiswa memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Ada yang pandai di dunia akademik dan tidak mau terlibat dalam berorganisasi. Ada juga yang lebih suka berorganisasi, namun tidak unggul dalam bidang akademik. Salah satu alasan mereka yang tidak ingin terlibat ke dalam organisasi adalah, karena menilai tidak ada manfaaat ikut organisasi.


Nah, secara khusus akan kami jelaskan manfaat ikut organisasi baik ketika masih menjadi pelajar/mahasiswa ataupun ketika sudah lulus/wisuda.




Manfaat Ikut Organisasi


Sebelum masuk ke dalam sebuah organisasi, tentu harus memiliki motivasi atau alasan mengapa ingin bergabung menjadi pengurus organisasi. Tak lain, dengan motivasi tersebut, seorang pelajar/mahasiswa akan bersungguh-sungguh dan loyal terhadap organisasi yang ia ikuti.


Perbedaannya dengan motivasi, keuntungan atau manfaaat ikut organisasi ini merupakan hasil yang akan didapat jika seseorang bergabung ke dalam sebuah organisasi. Manfaat yang akan diterima berkat ikut organisasi ini lebih cenderung bersifat untuk dirinya sendiri, yaitu yang terdiri dari:






1. Mengasah jiwa kepemimpinan


Menjadi pengurus organisasi bukanlah tugas yang mudah. Namun, bukanlah suatu hal yang tidak bisa dipelajari dan juga diasah. Tempat yang pas untuk memupuk dan meningkatkan skill kepemimpinan adalah saat bergabung dalam suatu organisasi. 

Ketika menjadi pengurus organisasi seseorang akan memimpin dan mengatur anggotanya untuk turut aktif dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan dalam sebuah organisasi tersebut. Dengan pengalaman berorganiasi, seseorang akan terlatih ke depannya bagaimana menjadi pemimpin yang bijak.


2. Meningkatkan kemampuan public speaking


Terlibat dalam sebuah organisasi menuntut seseorang untuk aktif berbicara di depan umum. Dengan begitu, seseorang akan terbiasa berdiskusi atau bermusyawarah dengan anggota atau pengurus organisasi lainnya. Tak hanya itu, dalam sebuah acara, pengurus organisasi akan menjadi pembicara, MC, ataupun yang lainnya. 

Karena banyak sekali interaksi antara anggota dengan berbagai event yang diadakan, maka lambat laun orang-orang yang terlibat di dalam kepengurusan organisasi akan memiliki kemampuan public speaking yang semakin terasah.

Semakin terasahnya skill public speaking ini tentu saja merupakan salah satu manfaat ikut organisasi yang paling penting yang harusnya bisa mendorong mahasiswa untuk ikut terlibat menjadi pengurus organisasi.


3. Lebih percaya diri

Masih berkaitan dengan manfaat ikut organisasi sebelumnya, dengan bergabung ke dalam organisasi, kamu akan dituntut untuk memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Dengan begitu, kepercayaan dirimu akan semakin terasah.

Sebagai contohnya, dalam sebuah forum atau diskusi, kamu bisa berlatih menyampaikan sesuatu, baik itu pendapat, bertanya, mapun mengkritisi. Selain itu, kamu juga akan menerima kritikan dan menghormati pendapat orang lain. 

Jika hal tersebut dilakukan secara terus menerus selama kamu berkecimpung dalam organisasi, maka secara tidak langsung kepercayaan dirimu akan semakin meningkat.



4. Melatih Kemampuan Bekerjasama


Manfaat ikut organisasi berikutnya adalah kamu akan terbiasa dan memiliki kemampuan bekerjasama yang nantinya sangat bermanfaat di kala terjun ke dunia kerja ataupun di masyarakat.

Dengan kemampuan tersebut, kamu akan menjadi seorang yang peduli terhadap orang lain atau tidak egois.

5. Meningkatkan kemampuan cara berpikir yang kritis


Diskusi dan saling tukar pikiran dalam sebuah organisasi membuat orang yang terlibat di dalamnya semakin terlatih untuk berpikir kritis. Selain itu, kegiatan yang diadakan oleh organisasi secara tidak langsung juga akan mengasah kemampuan daya pikir analisis orang-orang yang terlibat di dalamnya. 


6. Menambah pengetahuan dan wawasan


Belajar tidak harus dilakukan di kelas atau di ruang perkuliahan. Tetapi, pelajar/mahasiswa juga bisa mendapatkan pengetahuan dan wawasan ketika aktif dalam berorganisasi.

Kegiatan belajar di kelas umumnya bersifat teori sedangkan ketika terjun ke dalam organisasi akan didapat pengalaman dalam bentuk praktek atau kerja nyata.


7. Mampu Bersosialisasi dengan Baik


Bergabung dengan organisasi akan membantumu untuk menemukan teman baru. Teman dari berbagai latar belakang yang berbeda akan kamu temui sehingga membuatmu megerti karakteristiknya yang berbeda-beda. Hal ini tentu akan memudahkanmu ketika harus bersosialisasi dengan orang baru.


8. Meningkatkan bakat dan kemampuan


Organisasi merupakan wadah yang cocok untuk mengumpulkan orang-orang dengan bakat dan kemampuan yang sama. Sebagai contonya, UKM Penelitian Dan Penalaran di kampus mewadahi mahasiswa-mahasiswi yang memiliki minat dalam dunia penelitian dan juga kepenulisan.

Di beberapa kesempatan semua memiliki hak yang sama untuk berkontribusi atau menyumbangkan keahlian ketika ada event. Selain itu, baik pengurus maupun anggota bisa sama-sama belajar hal baru sehingga akan menambah keahlian di bidang yang lain.


9. Memperluas relasi dan pertemanan


Manfaat ikut organisasi selanjutnya adalah dapat menambah teman dan memperluas relasi. Bahkan, ketika kamu termasuk anggota yang terlihat pasif, tetap akan mendapatkan lingkungan baru yang akan mengenalkanmu kepada orang-orang baru baik di lingkungan internal organisasi maupun eksternal organisasi. 

Manfaatkan kesempatan ketika berorganisasi ini sebagai salah satu momen untuk memperluas relasi. Karena bagaimanapun relasi dan pertemanan merupakan aset berharga yang bisa  dimintai bantuan atau diajak kerja sama di kemudian hari.


10. Meningkatkan kedisiplinan

Menjadi seorang pengurus organisasi memerlukan waktu dan tenaga ekstra, kamu harus bisa membagi waktu antara dunia pendidikan, kegiatan organisasi dan kegiatan lainnya.

Hal tersebut tentu bukanlah perkara yang mudah, tetapi secara tidak langsung dapat mengajarkanmu tentang bagaimana manajemen waktu yang baik. Dengan begitu, kamu akan terlatih untuk bersikap disipilin dan pintar dalam mengelola waktu. Selain itu, dengan mengikuti organisasi, secara otomatis kamu telah memanfaatkan waktu kosong untuk hal-hal yang produktif.

Kemampuan me-manajemen waktu tersebut merupakan suatu keahlian yang harus dimiliki oleh setiap orang agar sukses di masa depan. Dan ketika kamu aktif dalam kegiatan organisasi maka kamu dapat belajar bagaimana cara mengatur waktu yang tepat.

11. Membantu ‎belajar mengatur keuangan


Selain bermanfaat untuk meningkatkan kedisiplinan, manfaat ikut organisasi yang juga bisa didapatkan adalah kemampuan mengatur keuangan. Di dalam berorganisasi, kamu akan belajar menekan pengeluaran kegiatan organisasi dengan memaksimalkan uang yang masuk ke organisasi.

Secara tidak sadar, kamu juga akan belajar mengatur penggunaan keuangan milikmu ketika ingin mebelanjakan kebutuhan sehari-hari.


12. ‎Keberanian mengambil keputusan


Dalam hidup, manusia akan dihadapkan dengan berbagai pilihan. Seseorang akan dituntut untuk memilih mengambil keputusan dari beberapa pilihan yang ada. Dibalik keputusan tersebut pasti masing-masing memiliki risiko yang harus ditanggung. 

Nah, keberanian untuk mengambil keputusan tersebut harus dilandasi dengan cara berfikir untuk memprediksikan dan mengetahui apa saja risiko atau dampak dari keputusan tersebut. Degan begitu, kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman hal-hal baru ketika bergabung menjadi pengurus organisasi.

13. ‎Membangun rasa semangat tanggung jawab dan ketahanan kerja


Setiap organisasi pasti memiliki program kerja yang disusun sesuai dengan periode jabatan. Sedikitnya sampai satu tahun. Nah, serangkaian kegiatan dalam program kerja tersebut tidak akan terasa menjadi beban sebab dilakukan secara bersama, bahkan secara tidak langsung dapat membangun semangat tanggung jawab dan ketahanan kerja orang-orang yang terlibat di dalamnya.


14. ‎Memiliki jiwa kompetitif

Baik di dunia akademik ataupun organisasi biasanya tidak terlepas dengan kompetisi. Hal ini tentu saja sangat baik karena untuk mewadahi jiwa muda yang memang tidak mudah puas dalam suatu capaian. 

Dengan berorganisasi, kamu akan terlatih untuk memiliki jiwa kompetitif dan menyukai tantangan-tantangan baru.


15. ‎Belajar terbuka dalam menerima kritik dan saran

Dalam kehidupan beroganisasi, kamu akan memiliki pola piakir dan cara pandang terhadap suatu masalah yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut tidak jarang berujung pada konflik. Dari situ, biasanya kamu akan belajar bagaimana menerima opini orang lain, termasuk kritik dan saran sebagai salah satu cara untuk memperbaiki diri dan terus berkembang ke arah yang lebih baik.

16. Memiliki komitmen

Manfaat ikut organisasi berikutnya adalah kamu akan belajar berkomitmen. Kamu dilatih untuk bersungguh-sungguh dan loyal dalam menjalankan tugas yang harus diemban. Ketika bergabung dengan organisasi, komitmen adalah keharusan yang harus dimiliki oleh setiap pengurus dan juga anggotanya. Tanpa sebuah komitmen, program kerja organisasi tidak akan berjalan lancar.


Itulah 16 manfaat bergabung menjadi pengurus organisasi. Sebagai awalan, mungkin kamu bisa menjadi anggota yang aktif terlebih dahulu, untuk kemudian bisa naik level menjadi pengurus. Dengan menjadi bagian organisasi tersebut, yang terlibat dalam program kerja organisasi, kamu akan mendapatkan banyak manfaat sehingga kemampuan interpersonal-mu semakin bagus.

0 komentar

Post a Comment