2022-11-03

8 Kategori Barang yang Banyak Diminati Masyarakat

Author -  Lubis Muzaki

Bagi kamu yang baru saja ingin terjun ke dunia bisnis mungkin masih bertanya-tanya barang apa yang banyak diminati masyarakat. Pertanyaan ini penting untuk menilai produk apa yang banyak dicari dan dibutuhkan konsumen. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk kemudian menjualnya.

Mencari barang yang banyak diminati masyarakat memang susah-susah gampang. Untuk mencarinya kamu bisa menganalisa jenis produk barang/jasa apa yang sedang laris yang memang selalu dibutuhkan. Selain jenis barang yang ever green (yang laku terus-menerus), tidak tergantung tren, kamu juga bisa menjual barang-barang yang sifatnya musiman. Seperti hanya laku saat momen atau event hari-hari besar.  

Berikut akan kami ulas mengenai kategori produk yang banyak diminati masyarakat, yang tidak lekang oleh waktu.





8 Kategori Barang yang Banyak Diminati Masyarakat


Indonesia memiliki banyak sekali produk lokal yang cukup menjanjikan dan laris di pasaran. Untuk itu, berikut rekomendasi kategori barang yang banyak diminati masyarakat:


Baca juga: 7 Alasan Mengapa Kita Harus Cinta Produk Indonesia


1. Sembako


Produk pertama yang banyak diminati dan dibutuhkan masyarakat adalah sembako. Sebagai bahan-bahan pokok yang merupakan kebutuhan primer masyarakat, jual sembako sudah barang tentu laku.  Oleh karena itu, pelaku bisnis grosir sembako tidak akan pernah mati, yang didapat justru keuntungan-keuntungan yang besar.

Jenis-jenis sembako yang bisa dijual mulai dari beras, minyak goreng, gula pasir, telur, dan sebagainya. Menjual sembako ini tidak hanya dapat menjangkau konsumen secara perorangan tetapi juga konsumen yang membeli dalam bentuk grosiran.

Baca juga: Cara Termudah Menjalin Kerjasama Dengan Distributor Sembako


2. Air mineral atau Minuman Kemasan


Sudah bukan rahasia lagi bahwa air mineral dan minuman kemasan sangat laku di Indonesia. Hal ini tak lain karena masyarakat seringkali memiliki event/acara atau hajatan yang mengundang banyak orang. Untuk menjamu undangan tentu dibutuhkan yang simple seperti air mineral atau minuman kemasan.

Jika kamu berencana untuk memulai bisnis, tidak ada salahnya menjual produk air mineral dan juga minuman kemasan. Kamu bisa memulainya dengan membuka toko kelontong yang tidak hanya menjual sembako, tapi juga air mineral dan minuman kemasan.

Selain kedua jenis minuman tersebut, kamu juga bisa membuat outlet kecil yang terbuat dari kontainer. Outlet ini bisa digunakan untuk menjual minuman kekinian yang dikemas dalam packaging yang cantik. Misalnya, menjual minuman kopi, teh, jus, es boba, dan sebagainya, dan lainnya. 




2. Pakaian

Hingga saat ini, produk pakaian masih menjadi barang yang banyak diminati masyarakat. Alasannya cukup sederhana, karena dunia fashion terus berkembang dan berganti seiring berjalannya waktu.

Untuk memulai usaha ini, kamu bisa membuka online shop yang menjual pakaian murah namun berkualitas. Saat ini, kamu bisa menggunakan sistem dropship, ataupun kulakan grosiran kemudian dijual eceran.


3. Skin Care dan Kosmetik

Produk skin care dan kosmetik juga bisa kamu jadikan sebagai pilihan untuk memulai jual beli barang yang banyak diminati masyarakat. Banyaknya produsen skin care akan memudahkan kamu untuk menjadi distributor bermacam skin care dan komestik dari berbagai brand sekaligus.

Apalagi, produk skin care saat ini tidak terbatas pada kaum perempuan saja, namun kaum laki-laki juga menjadi target pasar yang potensial untuk industri skin care.

Sebagai permulaan, kamu bisa menjadi reseller yang menjualnya secara online, baik melalui media sosial, online shop/marketplace, dan lainnya. Selanjutnya, ketika sudah berkembang kamu bisa memulai dengan membuka outlet dan menetap untuk menjual produk skin care dan aneka brand kosmetik terkenal.

 

4. Kuliner


Saat ini semakin banyak orang yang lebih suka membeli masakan jadi dari pada masak sendiri. Selain karena sibuk, alasan lain adalah ingin menikmati makanan ataupun minuman kekinian yang sifatnya fast food.

Jika kamu masih bingung produk apa yang banyak diminati untuk dijual ke konsumen, maka bisnis kuliner ini isa menjadi solusinya. Saat ini bisnis kuliner semakin dimudahkan dengan hadirnya layanan jasa antar seperti Go Food, Grab Food, dan Shopee Food. Konsumen dapat memesan makanan dengan mudah secara online dan akan diantar ke lokasi tujuan.

Dengan begitu, kamu tidak hanya mengandalkan konsumen yang datang ke outlet atau gerai saja, melainkan konsumen juga bisa memesan makanan secara online.


5. Alat Olahraga, Pakaian atau Jersey Olahraga


Berbagai survei dan fakta menunjukan bahwa orang-orang saat ini memiliki ketertarikan untuk hidup sehat dengan berolahraga lebih banyak dibandingkan 5 tahun yang lalu.

Produk peralatan olahraga seperti sepeda, peralatan olaharaga badminton, jersey, sepatu, dan alat-alat gym sederhana kini banyak dicari masyarakat.


6. Perlengakapan Alat Tulis Kantor (ATK)

 

Berikutnya barang yang banyak diminati masyarakat adalah perlengakapan alat tulis kantor [ATK]. Meskipun saat ini serba online, namun kertas, buku, pensil, dan peralatan kantor/sekolah masih banyak dibutuhkan. 

Bahkan, produk ATK kini terus mengalami peningkatan penjualan setiap tahunnya di pasar Indonesia. Nah, tidak ada salahnya jika kamu jadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan.


7. Gadget dan Alat-Alat Elektronik

 

Perkembangan teknologi satu dekade ini begitu cepat. Sebagai produk teknologi, gadget menjadi  barang yang banyak diminati masyarakat. Produk-produk tersebut sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas manusia sehari-hari baik anak usia sekolah maupun orang-orang dewasa.


8. Peralatan atau Perabotan Rumah Tangga


Setiap rumah tentu membutuhkan perabot rumah tangga untuk mendukung kegiatan harian. Karena selalu dibutuhkan, maka ide bisnis untuk jual beli peralatan rumah tangga ini pastinya tidak akan pernah sepi. 

Coba sekarang siapa yang tidak butuh sapu di dalam rumahnya? Sebagai alat untuk membersihkan lantai, kehadiran sapu selalu dibutuhkan. Pembeliannya pun tidak hanya satu kali, pasti ketika rusak harus diganti yang baru. 

Bisnis jualan barang yang banyak diminati masyarakat berupa peralatan rumah tangga yang satu ini, pasti akan selalu ada permintaannya dari waktu ke waktu. Target pasarnya pun semakin luas seiring dengan jumlah rumah tangga yang semakin bertambah banyak.

Nah, itulah beberapa kategori barang yang banyak diminati masyarakat Indonesia yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi untuk jualan. Jika dahulu hanya bisa menjual produk/barang hanya di toko-toko offline, namun kini kamu bisa menggunakan internet sebagai media promosi ataupun jualan. Sehingga, barang-barang tersebut bisa dipasarkan, menyebar ke seluruh Indonesia bahkan dunia.

Apapun produk atau barang yang akan kamu jual, pasti akan berkembang dengan modal niat dan konsisten yang kuat.

0 komentar

Post a Comment