2022-11-23

Jarak Reng Yang Ideal Untuk Beragam Ukuran Genteng Beton Flat

Author -  Lubis Muzaki

Genteng beton bisa menjadi pilihan material penutup atap yang kuat dan jarang mengalami kebocoran atau kerusakan. Karena ukuran genteng beton terbilang cukup berat maka rangka atap yang digunakan sebaiknya adalah rangka atap baja agar mampu menahan beratnya geton beton secara maksimal. 

Salah satu jenis genteng beton adalah genteng beton flat. Untuk memasangnya, kamu wajib tahu ukuran genteng beton flat terlebih dahulu. Dengan begitu, nantinya kamu bisa memperkirakan berapa banyaknya genteng yang dibutuhkan dengan luas permukaan atap yang dikehendaki.

Selain ukuran genteng beton flat, kamu juga perlu memperthitungkan jarak reng, tingkat kemiringan atap genteng beton, dan aksesoris atap lainnya, seperti genteng nok. Tujuannya tak lain adalah untuk meminimalisir kerusakan/kebocoran akibat salah penempatan atau kurang presisi pada saat proses pemasangannya.




Jarak Reng Yang Ideal Untuk Beragam Ukuran Genteng Beton Flat


Ukuran genteng beton flat sangatlah bervariasi. Secara otomatis jarak ideal rengnya pun juga berbeda-beda karena memang reng ini berfungsi untuk menopang genteng itu sendiri. Dengan begitu, ukuran jaraknya dipengaruhi oleh ukuran genteng yang akan digunakan.

Karena terbuat dari beton, genteng ini memiliki berat yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis genteng lainnya. Untuk itu, sangat disarankan menggunakan rangka atap baja sebagai penopang jenis genteng ini. 

Meskipun cukup berat, kamu akan membutuhkan lebih sedikit genteng . Alasannya, dimensi ukuran genteng beton ini flat cukup besar, seperti yang tampak pada gambar di bawah ini, sehingga kamu pun mungkin akan membutuhkan genteng yang lebih sedikit.



1. Ukuran dan Jarak Reng Genteng Beton Flat Multiline, Flat Batu, dan Flat Polos

Keunggulan jenis genteng beton flat ini adalah lebih ramping sehingga cukup ringan. Adapun spesifikasi produknya adalah sebagai berikut:


  • Luas Nominal = 42 x 34 Cm
  • Luas Permukaan Efektif = 39 x 26.5 Cm
  • Berat = 4.7 Kg
  • Pemakaian Genteng = 9.7 pcs/m2
  • Jarak Reng = 26.5 cm
  • Kemiringan Atap Min 33°


Jenis genteng ini memiliki tingkat kemiringan atap 33° serta berat sebesar 4,7 kg. Untuk panjang dan lebarnya memiliki ukuran 42x34 cm.

Karena dimensinya cukup besar tentu saja membutuhkan lebih sedikit genteng saat dipasang jika dibandingkan dengan jenis flat lainnya. Kamu hanya perlu memerlukan 9,7 pcs per meter perseginya dengan jarak reng 26,5 cm..


2.. Ukuran dan Jarak Reng Genteng Beton Flat Horizontal

Apabila kamu memiliki rumah dengan konsep minimalis modern, maka jenis Flat Horizontal ini sangat cocok untuk hunianmu. Karena dengan bentuknya yang datar seakan-akan terlihat cukup menawan saat dipasang.

Adapun spesifikasi dan ukuran genteng beton flat Horizontal adalah:

  • Luas nominal = 42 cm x 33 cm 
  • Luas efektif = 39 cm x 26 cm
  • Berat = 4.8 kg
  • Sudut atap = Rekomendasi antara 25 - 45
  • Ukuran reng = 4 cm x 3 cm
  • Jarak reng = 25.5 cm - 27 cm
  • Daya tutup = 10 genteng/m2


Untuk jarak reng jenis Flat Horizontal sendiri adalah 25,5 cm sampai 27 cm dengan tingkat sudut kemiringan antara 25° sampai 45°, sedangkan untuk beratnya yakni sebesar 4,8 kg dengan panjang 42 cm dan lebar 33 cm.


3. Ukuran dan Jarak Reng Genteng Beton MI Italy Garis

Bentuknya yang khas membuat banyak orang menaruh hati pada jenis genteng beton yang satu ini. Tampilan dari genteng ini mampu memberikan kesan atap rumah yang tegas dan megah. Untuk memberikan tampilan yang maksimal, kamu bisa melakukan pelapisan cat sesuai dengan konsep rumah.

Spesifikasi lengkap ukuran dan jarak reng dari jenis genteng beton Italy Garis

  • Ukuran luas nominal = 42 cm x  33,5 cm
  • Isi/m² = 9 pcs
  • Jarak Reng = 37 cm
  • Berat = 4,2 kg
  • Kemiringan Atap = 30°

Ukuran genteng beton flat MI Italy garis adalah 42 cm x  33,5 cm., dengan berat sebesar 4,2 kg. Dengan ukuran tersebut membuat jarak reng pada genteng ini adalah 37cm dengan hanya membutuhkan sebanyak 9 pcs saja per meter perseginya.


4. Ukuran dan Jarak Reng Genteng Beton Flat Garuda

Jenis genteng beton flat berikutnya adalah genteng beton Garuda yang sudah cukup melegenda di masyarakat. Adapun spesifikasi dan ukuran genteng beton flat Garuda adalah sebagai berikut:


  • Luas Nominal = 42 cm x 34 cm
  • Luas Permukaan Efektif = 36 cm x 30 cm
  • Berat = 4.5 Kg
  • Pemakaian Genteng = 9.25 pcs/m2
  • Jarak Reng = 36 cm
  • Kemiringan Atap Min = 25°


Genteng beton flat Garuda memiliki berat 4,5kg dengan ukuran panjang 42 cm dan lebarnya 34 cm. Ukurannya nyaris sama dengan genteng MI Italy, namun bedanya pada bagian bentuknya saja.

Jarak rengnya adalah 36 cm. Dengan ukuran tersebut tentu saja jumlah kebutuhan genteng ini bisa lebih sedikit jika dibandingkan dengan jenis genteng lainnya. Karena per meter perseginya, kamu hanya butuh sekitar 9,25 pcs saja.


Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Beton Flat Per M2


Untuk memudahkan pemahanan cara menghitung kebutuhan genteng, berikut kami berikan ilustasi studi kasusnya:


Pak Aflah memiliki rumah dengan ukuran 7 m x 9 m. Kemudian sudut kemiringan atapnya yaitu 30 derajat. Berapakah genteng beton flat yang dibutuhkan Pak Aflah?


Jawabannya:

Cara hitung kebutuhan genteng beton per m2 milik rumah Pak Aflah yaitu:

Pertama, setiap sisinya harus dilebihkan atau ditambahkan dengan jarak 0,5 meter atau tambahkan 1 m pada panjang dan lebarnya

= (P +1) x (L+1)


= (7m + 1 m) x (9 m + 1 m)


= 80 m2


Karena akan digunakan genteng beton flat, maka kamu perlu tahu ukuran genteng beton flat yang akan digunakan. Misalnya, genteng beton flat multiline, dengan isi genteng per meternya yaitu 9,7 pcs. Maka total genteng yang dibutuhkan adalah 80 x 9,7 pcs = 776 pcs.


Demikian ulasan terkait ukuran genteng beton flat dan jarak rengnya yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Karena memang jenis genteng ini banyak macamnya. Jenis genteng ini sangat cocok untuk hunian yang berada di daerah dengan curah hujan tinggi. Genteng beton ini mampu memproteksi rumahmu dari hujan yang turun deras sekalipun. Sangat disarankan untuk memasang undersheeting roof agar hasilnya semakin maksimal.

0 komentar

Post a Comment