2022-11-06

7 Motivasi Menjadi Pengurus Organisasi

Author -  Lubis Muzaki

Motivasi merupakan alasan seseorang untuk melakukan/menajalankan sesuatu. Tanpa adanya motivasi, seseorang dalam menjalankan tugasnya akan setengah-setengah. Sebagai contoh, seorang pelajar/mahasiswa yang ingin bergabung menjadi pengurus organisasi, maka harus mempunyai motivasi yang kuat untuk mengembangkan organisasinya menjadi lebih baik.

Terlibat aktif di dalam sebuah organisasi memang banyak memberikan manfaat bagi orangnya itu sendiri. Hal itu bisa dijadikan motivasi mengapa ingin menjadi pengurus organisasi. Namun, alasan tersebut dinilai untuk kepentigan pribadinya sendiri, bukan untuk menjadikan organisasi yang lebih bermanfaat bagi banyak orang.

Seminar yang diselenggarakan oleh Salah Satu Organisasi Kampus


Ciri-Ciri Organisasi

Beberapa ciri khas organisasi sekolah dan mahasiswa adalah sebagai berikut :


  • Berkelompok dengan beranggotakan sejumlah orang;
  • Memiliki tujuan yang ingin dicapai bersama;
  • Memiliki pembagian tugas dan tanggung jawab untuk seluruh pengurus organisasi dan juga anggotanya; dan
  • Tidak berfokus pada profit.


Contoh Organisasi Sekolah Dan Mahasiswa


Beberapa contoh organisasi atau kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah dan kuliah yang bisa menjadi referensi untuk para pelajar/mahasiswa adalah:

1. Organisasi Sekolah

  • Organisasi Intra Sekolah (OSIS)
  • Praja Muda Karana (Pramuka)
  • Palang Merah Remaja (PMR)
  • Koperasi Sekolah
  • Patroli Keamanan Sekolah (PKS)
  • Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)
  • Pecinta Alam
  • KIR (Karya Ilmiah Remaja)
  • Dll
2. Organisasi Kemahasiswaan

  • Paduan Suara Mahasiswa (PSM)
  • Himpunan Mahasiswa Program Studi
  • Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
  • Pramuka
  • Pencak
  • Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kesenian
  • UKM Penelitian Dan Penalaran
  • Dll


Motivasi Menjadi Pengurus Organisasi


Mengikuti atau join pada sebuah organisasi sekolah atau kampus bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu yang ingin mencari budaya organisasi baru di luar kegiatan belajar di dalam ruangan.

Bergabung untuk menjadi bagian dari pengurus organisasi dibutuhkan motivasi yang kuat agar pemimpin atau pengurusnya mampu menjalankan AD/ART organisasi itu sendiri, yaitu:


1. Memperbanyak pengalaman


Salah satu alasan yang bisa kamu jadikan motivasi menjadi pengurus organisasi adalah untuk memperbanyak pengalaman.

Dalam berorganisasi tersebut, kamu akan menemui berbagai aktivitas yang tersusun dalam Renana Kerja Tahunan yang dilakukan dalam sebuah organisasi. Misalnya, mengadakan acara sosial dan seminar, membentuk forum, kerjasama dengan berbagai pihak, dan aktivitas lainnya yang akan menuntut kamu untuk bertemu dengan orang baru.


2. Ingin Membuat Kebijakan untuk Kebaikan Bersama

Organiasi tentu memiliki tujuan bersama yang hendak dicapai. Perbedaan pengalaman dan sudut pandang tiap orang yang berbeda seringkali memunculkan konflik. Ada yang pro dengan kebijakan atau keputusan yang telah disepakati bersama, dan ada pula yang kontra.

Dengan menjadi pengurus organisasi, kamu harus memiliki visi dan misi sebagai motivasi menjadi pengurus organisasi. Salah satu bentuk nyatanya adalah keinginan membuat kebijakan untuk kebaikan bersama. 

Bergabung menjadi pengurus organisasi akan mengajarkanmu arti sebuah kebijakan yang harus diambil secara bersamaan dalam sebuah musyawarah mufakat.


3. Memperbanyak teman dan relasi


Organisasi sekolah atau kampus biasanya beranggotakan terdiri dari orang-orang yang berbeda. Dari kelas yang berbeda. Dari fakultas dan jurusan yang berbeda. Banyaknya kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dalam organisasi tersebut tentu saja akan membuatmu menjadi dekat dengan mereka yang berbeda kelas, jurusan, atau bahkan fakultas.

Kedekatan dengan teman baru tersebut tentu saja sangat bermanfaat bagimu. Ini salah satu yang bisa kamu jadikan sebagai motivasi menjadi pengurus organisasi.


4. Menjadi Pemimpin yang Bermanfaat

Menjadi pengurus artinya harus siap menjadi pemimpin sebuah organisasi. Baik itu pemimpin tertinggi maupun pemimpin dalam sebuah divisi yang ada di dalam organisasi tersebut. Nah, motivsi yang bisa kamu jadikan sebagai alasan ingin menjadi pengurus organisasi adalah keinginan untuk menjadi pemimpin yang bermanfaat bagi organisasi.


5. Kontribusi atas Kemampuan dan Bakat yang Dimiliki


Dalam sebuah sekolah atau kampus biasanya memiliki organisasi dan juga unit kegiatan yang bermacam-macam. Kamu bisa memilih satu, dua atau selebihnya.

Kamu dengan bakat dan skill yang kamu miliki dapat menyalurkannya pada organisasi tersebut. Sebagai contohnya, kamu memiliki bakat menyanyi yang bagus, maka salah satu motivasi menjadi pengurus organisasi Paduan Suara Mahasiswa (PSM), misalnya, adalah agar UKM PSM di kampusmu bisa meraih penghargaan nasional. bahkan internasional.


6. Belajar Hal Baru atau Keluar dari Zona Nyaman

Jika motivasi sebelumnya yang telah dijelaskan di atas tidak mendorong keinginan berorganisasi, maka motivasi menjadi pengurus organisasi yang satu ini mungkin bisa menjadi pilihan, yaitu belajar hal baru atau keluar dari zona nyaman.

Orang yang sudah berpengalaman dalam mengikuti organisasi tertentu, biasanya akan memiliki ketertarikan untuk bergabung dengan organisasi lain. Biasanya dengan alasan ingin belajar hal baru lahi. Tentu ini baik bagi dirinya dan juga organisasi yang akan ia tempati. Karena organisasi juga akan menerima ornag baru namun sudah memiliki pengalaman.

7. Meraih Tujuan Bersama

Motivasi menjadi pengurus organisasi berikutnya yang tak kalah penting adalah berlatih untuk meraih tujuan bersama. Perbedaan pendapat di antara pengurus tentu saja hal yang biasa. Dari sinilah seseorang akan belajar menghargai satu dengan lainnya.

Tentu saja hal demikian sangat bermanfaat  dalam dunia kerja yakni terbiasa untuk saling menghargai, bekerja keras, sehingga dapat meraih tujuan bersama.

0 komentar

Post a Comment