2022-11-02

7 Alasan Mengapa Kita Harus Cinta Produk Indonesia

Author -  Lubis Muzaki

Ibarat bersedekah atau berbagi, kita dianjurkan berbagi kepada orang terdekat. Begitu juga dengan membeli suatu produk atau barang, sering kita dengar tagline 'Cintailah Produk-Produk Indonesia'. Masyarakat dihimbau untuk lebih memilih produk lokal dari pada produk asing. Memilih produk hasil karya anak bangsa sendiri.

Lalu, mengapa sih kita harus cinta produk Indonesia? Membeli produk dalam negeri berarti menjaga 'uang kita' tidak lari ke luar negeri. Uang masyarakat akan berputar ke sesamanya atau kepada masyarakat yang memang membutuhkan. Tentu hal ini akan tetap menjaga daya beli masyarakat.





Tantangan Kampanye Cinta Produk Indonesia


Di sela-sela kampanye mengapa kita harus cinta produk Indonesia, ada saja tantangan yang harus dihadapi oleh pemerintah. Salah satunya adalah semakin membanjirnya produk luar negeri yang masuk ke Indonesia. Apalagi produk-produk impor seperti pakaian dan teknologi tersebut memiliki harga yang bersaing. Tak ayal, sedikit banyak konsumen lebih memilih produk-produk tersebut.

Padahal saat masyarakat  bangga dan mencintai produk dalam negeri, akan banyak keuntungan yang dapat diperoleh baik bagi masyarakat mauapun negara. Bahkan, dengan mencintai produk dalam negeri, artinya telah mendukung produk-produk lokal untuk go international.


Mengapa Kita Harus Cinta Produk Indonesia?


Contoh Produk Fashion Dalam Negeri


Sebagai bukti mencintai produk lokal adalah dengan lebih memilih untuk membeli produk dalam dibandingkan barang-barang dari luar negeri. Terdapat beberapa alasan mengapa masyarakat Indonesia sebaiknya mencintai dan membeli produk dalam negeri, yaitu:


1. Sebagai Bentuk Bangga atas Produk Anak Bangsa

Alasan pertama mengapa kita harus cinta produk Indonesia adalah sebagai bentuk bangga atas produk anak bangsa. Jika tidak dimulai dari diri kita sendiri (masyarakat Indonesia) menghargai karya anak bangsa, lantas apakah orang luar? 


2. Meningkatkan Jumlah Lapangan Kerja

Alasan lain mengapa kita harus cinta produk Indonesia adalah karena dengan membeli produk lokal, maka semakin banyak pelaku usaha yang bisnisnya tetap bisa berlangsung (tidak kolaps) atau bahkan semakin berkembang. Dengan semakin berkembang bisnisnya, maka semakin banyak tenaga kerja yang dibutuhkan. 

Pembelian produk dalam negeri dapat meningkatkan keuntungan sektor usaha produk dalam negeri. Dari situlah kemudian semakin terbuka kesempatan bekerja bagi masyarakat para pencari kerja.


3. Semakin Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Berikutnya mengapa kita harus mencintai produk dalam negeri adalah dengan membeli produk kolak sama artinya membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal (Indonesia). Ibarat membantu, maka bantulah orang/saudara terdekat. Jika semua melakukan hal demikian, pasti seluruh masyarakat akan mencapai hidup yang lebih sejahtera.

Begitu juga dengan produk anak bangsa, kita perlu membelinya di toko-toko terdekat. Dengan begitu, kita turut serta mensejahterahkan kehidupan mereka. 

Apalagi saat ini produk-produk dalam negeri tidak kalah dengan hasil olahan dari luar negeri, maka tidak ada salahnya untuk selalu memilih produk lokal karena itulah kegiatan ini sangat ampuh untuk membuat masyarakat menjadi lebih sejahtera.


4. Membuat Produk Lokal Semakin Dikenal

Semakin banyaknya masyarakat yang cinta produk Indonesia membuat usaha yang dijalankan oleh pelaku bisnis semakin berkembang. Dengan begitu, semakin banyak orang mengenal produk tersebut yang pada akhirnya semakin banyak permintaan dari konsumen.

Dengan meningkatnya permintaan produk, para pengusaha dalam negeri bisa menjadi lebih produktif untuk menghasilkan produk yang dapat mengharumkan nama Indonesia. Bahkan mereka akan semakin pantas untuk bersaing di pasar global.


5. Dapat Meningkatkan GDP, Devisa, ataupun Pendapatan Negara

Dengan meningkatkan omset penjualan para pelaku usaha dalam negeri, maka pajak yang harus dibayarkan juga semakin tinggi. Ini akan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di mana perusahaan/industri tersebut berdiri. 

Semakin tinggi pendapatan perusahaan/industri tersebut amakan secara otomatis menambah pendapatan dan devisa negara. 

Devisa bisa dijadikan sebagai tolok ukur stabilitas ekonomi suatu negara. Semakin tinggi cadangan devisa suatu negara semakin tinggi pula stabilitas ekonomi dalam negara tersebut. Hal inilah yang membuat devisa sangat penting dalam negara.

Sebaliknya, jika masyarakat Indonesia gemar membeli produk dari luar negeri maka uang tersebut juga akan 'lari' ke luar. Berbeda ketika kita membeli produk lokal, maka sudah pasti uang tersebut tetap berada pada siklus ekonomi yang hanya melingkupi negara tersebut saja.

Pendapatan negara yang semakin meningkat sudah barang tentu sangat bermanfaat, di mana untuk kemudian uang tersebut akan dijadikan sebagai kas negara dalam bentuk APBN/APBD untuk membangun infrastruktur dan mensejahterakan rakyat. Inilah yang merupakan alasan mengapa kita harus cinta produk Indonesia.


6. Meningkatkan Jumlah Investasi yang Masuk di Indonesia


Minat masyarakat untuk membeli produk lokal akan berdampak pada semakin dikenal produk tersebut di luaran sana. Keadaan ini tentu saja akan membuat investor semakin semangat untuk menanamkan modalnya pada pelaku usaha dalam negeri. 

Ada banyak sekali manfaat jika investor berdatangan untuk menanamkan modalnya pada industri dalam negeri, yaitu dapat menambah modal, memperluas sumber dana, meningkatkan revenue, dan masih banyak lainnya. 

Para investor yang menanamkan modalnya pada pelaku usaha tersebut juga dapat  meningkatkan pendapatan per kapita. Meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat secara otomatis memajukan perekonomian Indonesia. Hal ini tentu saja menjadi pertimbangan mengapa kita sebaiknya membeli produk lokal.

7. Mampu Meminimalisir dan Mengurangi Angka Kemiskinan dan Kriminalitas

Kegiatan bisnis perdagangan menjadi sumber mata pencaharian utama bagi kebanyakan orang. Jika masyarakat lebih memilih untuk membeli produk impor, tentu saja akan sangat merugikan bagi para pedagang yang menjual produk lokal. Keadaan ini jika terus menerus terjadi dan semakin banyak masyarakat yang memilih produk impor tentu akan membuat para pedagang lokal mengalami kerugian dan bahkan bisa mengalami kemiskinan.

Akibat dari semakin banyaknya jumlah masyarakat miskin, maka semakin tinggi tingkat kriminalitas di suatu daerah. Oleh karenanya, kegiatan membeli produk yang dibuat oleh anak bangsa Indonesia ini harus kita lakukan dan kampanyekan. 

Berikut 7 alasan mengapa kita harus cinta produk Indonesia. Saat ini ternyata masih banyak masyarakat Indonesia yang justru lebih memilih untuk membeli produk yang berasal dari luar negeri. Tidak sedikit para pejabat mempertontonkan pakaian atau aksesoris yang digunakan adalah produk impor. Hal ini tentu saja bertolak belakang dengan kampanye Cintailah Produk-Produk Indonesia. 

Mari kita kritik para pejabat yang masih mencintai produk impor dan kita kampenyakan mengapa begitu penting untuk lebih memilih produk lokal daripada produk luar.

0 komentar

Post a Comment