2022-11-04

17 Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pelajar yang Menguntungkan

Author -  Lubis Muzaki

Bisnis online memang tengah digandrungi oleh masyarakat. Banyak ibu rumah tangga (IRT) yang memanfaatkan internet untuk mendulang rezeki. Bahkan, selain ibu-ibu, para pelajar juga mencoba keberuntungan untuk mencoba bisnis yang satu ini. Alasannya karena  ada beberapa bisnis online tanpa modal yang cocok untuk pelajar.

Sebagai pelajar atau mahasiswa, mungkin kamu memang belum memiliki tanggung jawab untuk mencari nafkah. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba belajar berbisnis sedari remaja agar nantinya menjadi orang yang tahan banting dan tidak mudah menyerah untuk mencapai kesuksesan.



Bagaimana Memulai Bisnis Online Tanpa Modal?


Membuka bisnis memang identik dengan pertanyaan berapa modal yang dibutuhkan. Lalu, mungkin ada yang bertanya bisakah memulai bisnis tanpa modal? Jawabannya, tentu saja bisa. Salah satunya adalah dengan berbisnis online.

Bermodalkan jaringan internet dan juga perangkat laptop yang sudah umum digunakan oleh pelajar atau mahasiswa mengerjakan tugas sekolah/kuliah, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk bisnis online. 

Sebelum terjun, mungkin kamu perlu mempelajari secara mendalam peluang bisnis online tanpa modal untuk pelajar. Kamu bisa belajar melalui Youtube terkait bisnis tersebut. Atau dengan banyak membaca buku. 

Setelah mendapatkan referensi yang tepat, baru kamu bisa segera mengeksekusinya. Sambil eksekusi mungkin kamu juga bakalan membutuhkan referensi untuk belajar bisnis online yang kamu geluti. Jika menemukan kebuntuan, kamu bisa tanya ke ahlinya ataupun Googling.


17 Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pelajar


Banyak keuntungan yang bisa didapat oleh para pelaku bisnis online tanpa modal. Beberapa diantaranya seperti bisa dikerjakan dari mana saja, memungikinkan untuk mendapatkan penghasilan yang tidak terbatas, dan lain sebagainya.

Meskipun tanpa modal, bisnis online akan lebih 'gahar' jika disuntik dengan modal. Misalnya, modal tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan promosi atau iklan, atau untuk menggaji karyawan (jika usaha tersebut sudah semakin berkembang dan membutuhkan karyawan). 

Nah, jika kamu rutin mendapatkan uang saku, maka sisihkanlah untuk dijadikan modal dalam berbisnis online yang akan kamu geluti.

Berikut ini beberapa ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang bisa kamu coba:


1. YouTuber


Menjadi youtuber tidak harus selalu tampil di depan kamera. Buat kamu yang kurang percaya diri tampil di layar, bisa membuat video-video yang ber-niche tutorial ataupun story telling

Dengan modal kamera ponsel pun kamu akan tetap bisa membuat konten video yang berkualitas. Kuasai skill dalam mengedit video untuk menghasilkan video dengan kualitas tampilan yang bagus sehingga penonton betah berlama-lama menonton dan bahkan menonton konten video berikutnya.

Selain konten yang berkualitas, tampilan video yang menarik juga berpotensi untuk menambah subcriber pada kanal YouTube-mu.

Bisnis online tanpa modal ini bisa dijalankan oleh siapa saja baik pelajar maupun non-pelajar. Youtuber akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang tampil. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa menampilkan iklan, seperti jumlah subcriber harus sudah menyentuh 1.000 pelanggan dengan minimal 4.000 jam tayang.

2. Menjadi Affiliate Marketer


Seiring dengan dunia digital yang semakin berkembang, saat ini ada banyak program affiliate marketing yang bisa kamu coba. Misalkan, affiliate Shopee, Amazon, dan lain sebagainya.

Dengan menjadi affiliator, kamu memiliki tugas untuk mempromosikan produk merek tertentu. Sebelumnya kamu harus memiliki blog, Instagram, Youtube, atau sosial media lainnya. Semakin banyak follower yang kamu miliki, artinya semakin besar peluang kamu mendapat komisi dari penjualan yang berasal dari transaksi lewat link atau banner yang kamu pasang di Bio ataupun postingan kontenmu.

Besaran komisi yang didapat dari program affiliasi ini berbeda-beda, sesuai dengan yang telah disepakati dengan penjual. Biasanya berkisar 20% hingga 50%.

Untuk bisa bergabung menjadi affiliator, yang perlu kamu lakukan adalah mendaftar terlebih dahulu pada program affiliasi. Jika memenuni syarat yang telah ditentukan, kamu akan mendapatkan kode banner, kode kupon, atau link. 

Kamu bisa posting dan share banner, kode, atau link tersebut di sosial media, website, akun Youtube, dan platform media sosial lainnya.

Komisi yang kamu dapatkan berdasarkan berapa banyak jumlah pembelian produk yang dilakukan konsumen menggunakan link/banner atau kode kuponmu.


3. Bisnis Dropship

Rekomendasi bisnis online tanpa modal untuk pelajar selanjutnya adalah dropshipping. Bisnis dengan sistem dropshipping ini dijalankan menggunakan marketplace atau e-commerce. Dengan menggunakan sistem ini, kamu tidak perlu memiliki stok barang persediaan untuk bisa berjualan.

Lalu, kok bisa? Karena sistem dropship ini adalah jenis usaha tanpa modal di mana kamu dapat menjual barang atas namamu atau toko online kamu, namun produk tersebut dikirimkan oleh pihak lain.

Kamu bisa memilih produk yang ingin kamu jual dari berbagi supplier yang menawarkan jasa dropship, lalu mencantumkannya di toko online kamu. Supplier pun akan mengirimkan produk yang diminta langsung ke alamat pembeli.

Lalu keuntungan yang didapat dari mana? Kamu akan mendapatkan laba dari selisih harga jual yang kamu tetapkan sendiri dikurangi dengan harga aslinya dari supplier.

Sistem dropship cukup mudah, kamu hanya perlu bermodalkan smartphone dan jaringan internet ditambah skill promosi. Cukup pasarkan produk yang ingin dijual di sosial media dan e-commerce, jika ada yang tertarik maka pelanggan akan membeli atau menghubungi kamu.

Bukan hanya itu, dengan menjalankan bisnis sistem dropship Anda tidak perlu memikirkan persediaan sendiri, karena urusan stok dan lain sebagainya telah dipegang oleh pemasok.

4.  Content Writer

Jika kamu memiliki skill dan hobi menulis, maka tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis online dengan menjadi content writer. Beberapa pelaku bisnis membutuhkan jasa penulis content marketing untuk mempromosikan usaha mereka.

Tak perlu bingung untuk mendapatkan konsumen, kamu bisa menggunakan platform freelancer seperti Sribulancer dan Projects.co.id. Dengan mendaftarkan diri atau membuat akun di platform ini, kamu bisa menemukan beberapa lowongan bisnis online tanpa modal yang siap untuk kamu kerjakan.

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan membangun blog atau website yang menampilkan portofolio atau skill yang kamu miliki. Jangan lupa untuk menyiapkan halaman kontak khusus sehingga memudahkan klien untuk menghubungimu.

Tak hanya itu, kamu pun bisa menulis di kolom Mojok.co, Kumparan, Republika.co.id, dan lain sebagainya. Mereka akan membayarmu jika tulisanmu menarik dan layak tayang pada websitenya.

5. Admin Sosial Media

Ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar berikutnya adalah dengan menjadi admin sosial media. Modal yang perlu kamu siapkan untuk jenis pekerjaan ini adalah ide kreatif. Seorang admin sosial media bertugas membuat ide sekreatif mungkin sehingga dapat meningkatkan engagement.

Kamu bisa menggunakan smartphone pribadi atau bahkan yang disediakan oleh perusahaan. Lowongan pekerjaan sebagai admin sosial media ini cukup banyak, terlebih lagi saat ini banyak akun-akun bisnis yang pastinya membutuhkan tenaga kerja untuk mengelola akun sosial media milik mereka.

Hal yang perlu kamu persiapkan jika ingin menjadi sosial media adalah belajar bagaimana caranya membuat konten yang menarik. Selain itu, kamu perlu melakukan riset di akun-akun serupa tentang strategi meningkatkan engagement seperti jumlah followers dan like.


6. Jasa Penerjemah


Jika sedang mencari ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar, membuka layanan jasa terjemah menjadi salah satu pilihan yang cukup menjanjikan. Jika kamu mahasiswa jurusan bahasa tertentu, kamu bisa menawarkan diri kepada klien untuk menjadi penerjemah.

Kamu bisa mempromosikan jasa layanan terjemah tersebut melalui sosial media atau  website profile yang kamu miliki. Selain itu, biasanya lowongan ini tersedia di berbagai situs freelance seperti Upwork. Jangan lupa berikan contoh hasil terjemahanmu untuk meyakinkan klien.

Untuk meyakinkan klien, kamu bisa mencantumkan pada profile terkait dengan tes yang pernah kamu ikuti beserta dengan skornya. Jika kamu sudah memiliki pengalaman tes bahasa, sebaiknya dicantumkan juga dalam bio/profilmu. Sebagai contohnya, TOEFL dan IELTS untuk bahasa Inggris, TOAFL untuk bahasa Arab, atau TOPIK untuk bahasa Korea, dan lain sebagainya.


7. Jasa Transkripsi

Meskipun jasa ini tergolong asing di telingamu, namun pekerjaan ini masih saja dibutuhkan oleh beberapa perusahaan. Khususnya, perusahaan media. Tugas dari pekerja ini adalah membuat transkrip dari rekaman wawancara atau hasil diskusi dan rapat penting.

Kamu bisa menawarkan jasa ini secara online di berbagai situs freelance.


8. Podcaster


Sama halnya dengan membuat kanal YouTube, menjadi podcaster bisa kamu jadikan salah satu ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar/mahasiswa. Syarat dari pekerjaan ini adalah kemampuan berbicara yang handal dan bisa menjadi host diskusi. 

Kamu bisa memulainya dengan berbagi podcast di Spotify atau platform lain. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari aktivitas ini adalah dengan melakukan promosi affilate marketing, promosi produk, hingga membuat konten eksklusif yang bekerja sama dengan brand-brand tertentu.


9. Penjual Kerajinan Tangan Secara Online


Produk-produk kerajinan tangan atau handmade yang dihasilkan pabrik ataupun dindustri rumahan banyak digemari oleh mastyarakat. khususnya turis asing. 

Produk-produk bisa kamu jual secara online. Dengan begitu, target marketnya tidak hanya masyarakat lokal, namun juga internasional. 

10. SEO Specialits

Syarat unttuk menjadi SEO Specialist adalah kamu memiliki kemahiran dalam menggunakan platform seperti Google Analytics. 

Dengan skill yang kamu miliki, kamu bisa menawarkan konsultasi kepada bisnis pelanggan dalam hal membantu meningkatkan situs web mereka pada SERP Google.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan materi ajar mengenai cara riset keyword yang benar untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung.


11. Membuka Kursus Online


Jika kamu sebelumnya menjadi tutor les private, maka kamu pun juga bisa membuka kursus les private secara online. Kamu yang berstatus mahasiswa bisa menjadi tutor pada platform pendidikan seperti RuangGuru..

Selain itu, kamu juga bisa membangun website kursus online. Di dalam situs tersebut, kamu bisa menyediakan berbagai macam materi ajar yang hanya bisa diakses dengan sistem berbayar.


12. Paid Survey

Banyak lembaga survey yang menawarkan secara online kepada responden untuk bersedia mengisi angket yang diminta. Imbalan yang akan didapat oleh responden biasanya berupa barang maupun uang jika beruntung.

Nah, bagi pelajar/mahasiswa yang menginginkan uang tambahan, tapi tidak mau mengeluarkan modal, menjadi bagian dari responden pada program paid survey atau survei berbayar ini pastinya akan sangat menyenangkan.

Cukup luangkan waktu selama 10-30 menit untuk mengisi angket survey yang dikirimkan, kamu bisa mendapatkan penghasilan. Sebuah peluang bisnis online tanpa modal yang cocok untuk para pelajar.


13. Full Time Investor

Jika kamu memiliki uang saku yang sisa, maka bisa dialihkan untuk modal investasi. Saat ini beragam perusahaan sekuritas menawarkan modal yang tidak besar untuk bisa memulai investasi. Kamu bisa memulai investasi dengan cukup Rp100 ribu saja.


14. Menjadi Seorang Blogger


Bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang bisa kamu jajal adalah dengan menjadi blogger. Tugas blogger adalah membuat tulisan atau konten yang menarim untuk disajikan pada halaman blog yang dimiliki.

Semakin banyaknya visitor yang berkunjung maka semakin besar pula penghasilan yang akan didapat.  Penghasilan ini bisa bersumber dari iklan, content placement, sponsorship ataupun dari program Google Adsense.


15. Membuka Jasa Titip (JasTip)

Kamu pasti pernah mendengar istilah Jastip, kan? Saat ini kamu juga bisa menyediakan layanan ini kepada teman-teman kamu.

Jastip adalah salah satu terobosan baru dalam dunia bisnis online dimana kamu menawarkan sistem ‘titip belanja’. Kamu bisa mematok komisi mulai dari 5-10% per item barang.


16.  Influencer Di Sosial Media


Menjadi influencer bisa jadi profesi idaman anak zaman sekarang. Tugas dari influencer adalah  mempengaruhi pengguna sosial media lainnya melalui postingan yang diunggah. 

Pertama yang harus kamu lakukan jika ingin menjadi influencer adalah dengan mulai mengembangkan sosial media yang dimiliki. Misalnya dengan memposting hal-hal menarik dan bermanfaat sehingga banyak yang tertarik untuk mem-follow sosial media kamu. Karena salah satu syarat seorang bisa disebut influencer adalah memiliki jumlah followers yang banyak.

Penghasilan yang didapatkan dapat berupa endorsement produk. Semakin banyak followers dan engagament sosial mediamu maka semakin mahal tarif endors yang bisa kamu pasang.  Bisnis online tanpa modal yang cocok untuk pelajar ini sangat menjanjikan, bukan?


17. Web Developer


Bagi kamu yang menyukai dunia programming, maka bisnis ini cocok untukmu. Untuk menjadi web developer saat ini sebetulnya tidak harus mengerti coding karena sudah banyak CMS yang memudahkan. 

Bisnis ini tanpa harus mengeluarkan modal. Kamu bisa memulainya dengan membangun website yang menginformasikan tentang layanan yang kamu tawarkan. 

Bangunlah branding yang kuat dengan menyampaikan skill/keahlian yang kamu punya. 

Setelah mendapatkan ide bisnis online tanpa dibutuhkan modal tersebut dan terbukti memberikan penghasilan di atas, kamu berencana akan menjalankan yang mana? Semua binis online tanpa modal untuk pelajar di atas bisa kamu mulai dari sekarang. Tidak perlu menunggu lulus SMA ataupun sarjana untuk memulai bisnis!

0 komentar

Post a Comment