2022-11-04

Teknik Cara Promosi Bengkel Las Yang 100% Ampuh Datangkan Pelanggan

Author -  Lubis Muzaki

Mengembangkan usaha untuk bisa lebih maju merupakan harapan dan juga sekaligus yang selalu diupayakan oleh para pebisnis. Tak terkecuali bagi mereka yang memiliki usaha bengkel las. Salah satu cara yang bisa ditempuh agar usaha bengkel las semakin dikenal adalah dengan lewat promosi.

Cara promosi bengkel las bisa dilakukan dengan beragam media. Pada postingan berikut akan kami jelaskan cara mempromosikan bisnis bengkel las agar usahanya semakin berkembang sehingga lebih dikenal khalayak ramai.

Dua Metode Promosi Bengkel Las




Saat ini tentu banyak cara promosi bengkel las yang bisa dilakukan. Ada yang berbayar dan ada pula yang gratis. 


1. Promosi Secara Online

Hadirnya teknologi memudahkan kehidupan kita. Termasuk ketika ingin melakukan promosi sebuah usaha yang dijalankan.

Kamu dapat memanfaatkan jejaring sosial media untuk memasarkan produk barang/jasa secara gratis. Begitu juga ketika kamu ingin mempromosikan sebuah bisnis bengkel las, maka agar lebih dikenal masyarakat, kamu bisa memanfaatkan sosial media sebagai media promosi.

Jika dirasa perlu, lakukan promosi melalui website yang dibuat secara khusus untuk mengenalkan produk layanan jasa yang akan ditawarkan kepada pelanggan.

Jangan lupa untuk membuat Google My Business. Dan cantumkan alamat website tersebut pada halaman Google Business. Dengan begitu, ketika pengunjung menemukan halaman tersebut, tentu ada potensi dari mereka untuk menjadi pelanggan.


Selain itu, cara promosi bengkel las melalui digital marketing adalah:

  • Membuat akun sosial media seperti TikTok, Instagram, dan lain sebagainya yang memberikan tips dan juga produk-produk dari bengkel las. Seperti, hasil pekerjaan desain kanopi, pagar, tangga, dan ide desain lainnya.
  • Rutin posting konten di sosial media dengan tema kekinian. Rajin-rajin memposting konten diyakini dapat meningkatkan engagement. Kembangkan ide dengan cara update terus berita-berita ataupun tips desain furniture ataupun konstruksi yang sedang viral dan juga kekinian.
  • Beberapa fitur sosial media menyediakan pinned post yang dibuat khusus untuk menginformasikan informasi penting seperti kategori katalog, testimoni pelanggan, ataupun informasi tekait promo yang diberikan. Dengan fitur ini, pengunjung akan lebih mudah mendapatkan informasi mengenai jasa layanan bengkel yang diberikan dan memungkinkan lebih banyak terjadi closing yang efektif menghasilkan transaksi.
  • Gunakan hashtag yang memang sesuai dengan bisnis bengkel las. Hindari spam hashtag, gunakanlah hashtag yang spesifik terkait dengan bisnis. Contohnya, pada bisnis bengkel las, kamu dapat menggunakan #pasangkanopi, #jasabengkellassurabaya, #jasapembuatpagarsurabaya, #railingtangga, dan lain sebagainya.


2. Promosi Secara Offline


Selain promosi online, kamu juga perlu melakukan promosi secara luring. Hal yang bisa dilakukan untuk promosi bengkel las secara offline, yaitu:

  • Memasang papan nama di depan bengkel seperti neon box ataupun media lainnya;
  • Mencetak brosur atau kartu nama; dan
  • Pasang iklan di koran.


Mengoptimalkan Penggunaan Google Business untuk Promosi Bengkel Las yang Lebih Sukses

Selain sosial media, kamu juga dapat mengoptimalkan penggunaan Google Business untuk pemasaran jasa layanan bengkel las online. Jika kamu  belum mendaftarkan bisnis bengkel las kamu di Google Business, maka dapat kunjungi situs Google My Business. Lakukan pendaftaran dengan mengisikan deskripsi bisnis, alamat, dan menambahkan produk barang/jasa secara lengkap dan akurat.

Setelah pendaftaran selesai, Google akan melakukan verifikasi terlebih dahulu. Google bakal mengirimkan kartu pos berisi kode verifikasi yang dapat digunakan untuk input ke dalam Google My Business nantinya. Jika sudah berhasil untuk verifikasinya, nanti kita bisa melakukan berbagai cara untuk mengoptimalkannya, seperti:

1. Tulis Deskripsi Selengkap Mungkin Dan Pilih Kategori yang Sesuai 

Di Google My Business, kamu akan memiliki opsi untuk menambahkan deskripsi sebanyak 750 karakter. Ini adalah kesempatan kalian untuk memberi tahu calon pelanggan tentang bisnis yang sedang kamu kembangkan. 

Deskripsi ini sangat penting ya, karena menjadi salah satu hal pertama yang akan dilihat calon pelanggan saat mereka mengunjungi Google My Business milikmu. 

Saat menulis deskripsi, pastikan untuk memasukkan informasi terkait apa saja produk/jasa yang ditawarkan; apa yang membedakan produk/jasa kalian dengan kompetitor; dan informasi penting lainnya. 

Selain deskripsi, pilihlah kategori bisnis yang sesuai agar hasil pencarian di Google nantinya bisa sesuai dengan kebutuhan pelanggan.


2. Tambahkan Video

Selain foto, kamu juga dapat menambahkan video. Dalam hal ini, Google memberikan rekomendasi video dengan durasi 30 detik atau lebih pendek, 100 MB atau lebih kecil, serta memiliki resolusi 720p atau biasanya disebut dengan resousi HD. 

Kamu dapat menambahkan video seperti proses pekerjaan saat pembuatan, dan lain sebagainya.


3. Optimasi Fitur Review atau Ulasan

Kumpulkan ulasan atau review pelanggan. Setelah kamu mendapatkan pelanggan, jangan lupa untuk meminta mereka mengulas bisnis bengkel las milikmu di halaman Google My Business. Ini penting sekali untuk  mendorong calon konsumen baru agar lebih percaya pada bisnis yang kamu jalani. Semakin banyak dan semakin bagus rating di Google Business, maka kredibilitas bisnis bengkel las yang kamu jalankan akan semakin meningkat di mata calon pelanggan.


Itulah ulasan cara promosi bengkel las agar sukses. Promosi ini perlu dilakukan perencanaan yang matang sehingga membutuhkan proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai layanan bengkel las dalam kaitannya dengan memenuhi kebutuhan pelanggan.

0 komentar

Post a Comment