2022-11-22

Studi Kasus Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Mantili

Author -  Lubis Muzaki

Setiap produk dan merk genteng memiliki ukuran yang berbeda. Tentu, hal ini membuat konsumen harus berhati-hati dalam menghitung kebutuhan genteng. Sebagi contohnya, konsumen harus tahu cara menghitung kebutuhan genteng mantili, genteng kodok, dan jenis lainnya.

Merk genteng mantili dengan merk lainnya memiliki ukuran yang berbeda sehingga jumlah pcs-nya dalam satu meter persegi juga berlainan. Ada cara mudah dalam menghitung kebutuhan genteng untuk atap rumah. Simak penjelasannya sampai selesai di bawah ini, ya.


Berapa Pcs Genteng yang Dibutuhkan untuk 1 Meter Perseginya? Ini Studi Kasusnya


Untuk menciptakan luas permukaan penutup atap per meter perseginya dengan genteng mantili, maka dibutuhkan 24 buah genteng mantili. Sedangkan untuk jenis genteng lainnya adalah sebagai berikut:

  • Genteng kodok = 23 pcs/m2; dan
  • Genteng garuda = 18 pcs/m2.

Dengan mengetahui kebutuhan genteng per meter perseginya di atas, maka dapat diketahui berapa jumlah genteng yang dibutuhkan sebagai penutup atap, yaitu:

1. Berdasarkan Luas Atap


Sebagai ilustrasinya, Pak Aflah memiliki rumah dengan luas ukuran atapnya 4 m x 10 m = 40 m2. Dengan dua sisi atap, maka luas atap rumah Pak Aflah adalah 80 m2. 

Jika Pak Aflah menggunakan jenis genteng mantili untuk 1 meter perseginya berisi 24 buah sehingga jumlah genteng yang dibutuhkan adalah 80 m2 x 24 = 1.920 buah. Bulatkan untuk mengantisipasi jika terjadi kebocoran, misalnya dengan pembelian 1.920 buah.



2) Berdasarkan Luas Pondasi


Sebagai ilustrasinya, Pak Jaya sedang membangun rumah dengan luas pondasi adalah 7mx11m. Tambahkan 1 m untuk panjang dan lebarnya sehingga luasnya adalah 8 x 12 = 96 m2. 

Nah, berdasarkan luasan tersebut maka dapat ditemukan jumlah genteng mantili yang dibutuhkan Pak Jaya, yaitu 96 m2 x 24 buah = 2.304 buah. Jangan lupa ditambah lagi dengan luas terasnya. Misalnya, teras berukuran 4m x 3 m= 12 m2. Jadi, kebutuhan genteng untuk terasnya adalah 12 x 24 = 288 buah sehingga minimal total genteng yang dibutuhkan Pak Jaya adalah 2.304 buah + 288 buah = 2.592 buah. Tambahkan saat melakukan pemesanan untuk mengantisipasi adanya kerusakan saat proses pemasangan.


Dari studi kasus di tas, apakah kamu sudah tahu bagaimana cara menghitung genteng mantili yang dibutuhkan? Pastinya sudah ya, karena sangat mudah sekali karena dengan mengetahui kebutuhan per meter perseginya, maka bisa dihitung berapa kebutuhan gentengnya.

0 komentar

Post a Comment