2022-10-07

Jenis dan Jumlah Kursi Bus Pariwisata Seat 2-2: Ini Tips Memilih Bus yang Nyaman dan Aman!

Author -  Lubis Muzaki

Memilih bus pariwisata sebagai moda transportasi bisa dibilang gampang-gampang susah. Selain harus memperhatikan jenis busnya, calon pengguna juga harus memastikan kapasitas kursi bus pariwisata sesuai dengan yang diinginkan oleh rombongan. Salah satu kapasitas kursi bus pariwisata yang paling banyak diminati oleh pengguna adalah desain seat 2-2.

Jumlah kursi bus pariwisata seat 2-2 ini cukup ideal dibandingkan seat 2-3. Pengguna bus seat 2-2 ini akan merasa lebih nyaman karena tidak berdesak-desakan jika dibandingkan seat 2-3. Lalu, ada berapa jenis sih kapasitas bus pariwisata seat 2-2 yang tersedia di agen bus di Indonesia? Sebelum melangkah lebih jauh, berikut akan dijelaskan jenis-jenis bus pariwisata berdasarkan kapasitasnya.






Jenis dan Denah Bus Pariwisata Seat 2-2

 

Dengan mengetahui jenis dan denah bus pariwisata seat 2-2, maka Anda bisa mengatur tempat duduk tiap penumpang. Tiap penumpang akan diberi nomor sesuai dengan nomor kursi yang ada. Hal ini tentu berguna untuk meminimalisir kesemrawutan antar penumpang bus pariwisata karena saling berebut posisi kursi.

1. Mini Bus atau Mikro Bus

Jenis bus ii biasanya banyak digunakan oleh penyedia jasa travel antar kota. Namun, tak jarang bus ini juga biasa digunakan sebagai bus pariwisata. Mini bus biasanya  memiliki ukuran 5,5 x 1,7 x 2,6 meter, dimana formulasi kursinya terdiri dari dua di sebelah kanan dan dua di sebelah kiri.

Mini bus yang biasanya tersedia adalah:

  • Elf Long, yang memiliki 16-19 seats.
  • Elf Short, yang memiliki 13-15 seats.


2. Medium Bus

Medium bus dikenal juga dengan bus 3/4. Kapasitas seat yang disediakan umumnya mampu menampung penumpang sebanyak 26 sampai 35 orang. Formulasi dari konfigurasi kursi pada bus jenis ini adalah dua di sebelah kanan dan dua di sebelah kiri. 




3. Junior Bus

Junior bus memiliki kapasitas 39 kursi. Dengan kapasitasnya tersebut membuat jenis bus ini memiliki model yang sedikit lebih panjang daripada medium bus dan lebih kecil dari big bus. 

Adapun denah kursi junior bus yang tediri dari 2-2 seat seperti tampak pada gambar di bawah ini:




4. Big Bus 50-54 seats


Kapasitas bus ini tergolong yang paling besar yang mampu mengangkut 50 sampai 54 penumpang. Formulasi kursinya adalah dua kursi di sebelah kanan dan dua kursi di sebelah kiri. Namun, ada juga yang lebih besar dengan 59 seats yang memiliki konfigurasi dua di sebalah kanan dan tiga di sebelah kiri. Pengaturan kursi 2-3 pada big bus ini dikenal dengan bus kelas ekonomi.




Tips Memilih Bus Pariwisata Seat 2-2 yang Nyaman dan Aman





Setelah menetapkan untuk memilih jenis bus yang sesuai kebutuhan, langkah selanjutnya adalah memilih bus yang nyaman dan aman. Berikut ini adalah tips dan caranya:


1. Kondisi Bus Baru

Cara pertama agar memilih bus tidak failed adalah pilihlah bus yang masih dalam kondisi baru. Kondisi bus seperti ini masih memiliki performa yang bagus sehingga lebih aman.

2. Fasilitas

Fasilitas yang lengkap membuat perjalanan lebih nyaman. Fasilitas yang biasanya tersedia di dalam bus pariwisata yang berkualitas adalah TV dan LCD untuk hiburan, AC, wifi, toilet, dan perlengkapan keamanan dan kesehatan.

Bahkan, untuk jenis bus kelas eksekutif biasanya penumpang akan diberi fasilitas seperti bantal dan selimut.  


3. Pilih Penyedia Jasa Persewaan Bus Pariwisata Berpengalaman


Serahkan semua pada ahlinya. Mungkin kita tidak asing dengan istilah tersebut. Termasuk, dalam memilih penyedia jasa sewa bus pariwisata, Anda sebagai konsumen sebaiknya memilih penyedia yang berpengalaman dengan track record yang baik.

Jangan lupa untuk memperhatikan legalitas dari perusahaan, lisensi pengemudi, serta layanan konsumen yang ramah dan profesional. Dengan memilih penyedia yang berpangalaman, Anda akan mendapatkan pengalaman bepergian dan berwisata terbaik.

4. Hindari Sewa Bus Mendadak


Untuk booking sewa bus pariwisata sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari. Terlebih pada bulan-bulan tertentu seperti liburan sekolah yang memang banyak pihak membutuhkan bus pariwisata dalam berbagai macam kegiatan.


---


Demikianlah ulasan mengenai jumlah kursi bus pariwisata seat 2-2. Hal ini wajib Anda ketahui sebelum melakukan persewaan bus. Selain itu, pastikan jumlah peserta yang akan ikut. Dengan dua data tersebut, nantinya Anda bisa lebih mudah dalam memilih jenis dan kapasitas bus yang sesuai kebutuhan.

0 komentar

Post a Comment