2022-10-23

7 Contoh Poster Hemat Energi yang Memikat Bagi Pembacanya

Author -  Lubis Muzaki

Keberadaan energi sangatlah penting karena dibutuhkan oleh manusia untuk menunjang aktivitasnya. Sayangnya stok energi di dunia jumlahnya semakin sedikit, sehingga dibutuhkan penekanan pemakaian secara bijak. Untuk mendukung penghematan energi tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menyebarkan contoh-contoh poster hemat energi kepada khalayak.

Poster hemat energi saat ini banyak digunakan untuk mempromosikan cara pemakaian energi secara bijak. Di dalam contoh poster hemat energi tersebut dapat memberikan himbauan atau tips cara menghemat energi baik energi listrik maupun energi air.


Tips Cara Menghemat Energi


Berikut ini adalah cara menghemat energi yang bisa dilakukan oleh masyarakat, tanpa terkecuali:

  1. Menurunkan daya terpasang sehingga beban peralatan lebih minimum namun efesiensi kerjanya tetap maksimal.
  2. Mengurangi waktu pemakaiannya.
  3. Memanfaatkan selubung bangunan untuk mengurangi panas didalam ruangan, dengan cara memanfaatkan jendela dan pintu.



7 Contoh Poster Hemat Energi


Poster hemat energi merupakan salah satu media yang efektif untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang pentingnya hemat energi. Poster yang menarik haruslah memiliki perpaduan warna, tulisan, dan desain yang bagus. Dengan desain yang bagus tersebut, pesan hemat energi yang ada di dalam poster menjadi lebih mudah diterima oleh khalayak umum.

Jika Anda berencana untuk membuat poster hemat energi, maka sebaiknya bacalah saksama contoh-contoh gambar poster hemat energi yang menarik berikut ini:


1. Contoh Poster Hemat Energi Sebagai Wujud Cinta Lingkungan




Tampak seperti pada gambar post di atas, Anda tentu saja dapat dengan mudah membuat poster hemat energi sejenis. 

Pada gambar poster hemat energi tersebut terdapat tulisan huruf kapital "CINTAI LINGKUNGAN DENGAN MENGHEMAT ENERGI"/

Selain ditulis dengan huruf kapital, tulisan tersebut juga diberi warna kuning dan putih untuk dapat segera menarik perhatian orang yang melihatnya. Kombinasi dua warna ini semakin indah ketika background yang dipakai berwarna hitam.

Tak hanya itu saja. Di dalam poster tersebut juga terdapat gambar colokan listrik yang terpasang dengan bagian bawah pada gambar berupa tanah gersang. Ilustrasi dari gambar tersebut ingin menyampaikan bahwa dengan menghemat energi artinya kita menyelamatkan lingkungan/bumi.
 

2. Contoh Gambar Poster Hemat Energi Dengan Aksi Kecil



Dalam contoh gambar poster hemat energi listrik berikutnya dapat Anda lihat ilustrasi berupa gambar bumi yang dililit oleh kabel listrik. Selain itu, nampak juga lampu atau bohlam dan juga saklar yang disertai dengan icon gambar tangan.

Pada gambar saklar dan jari tangan yang siap menekan tombol 'off' tersebut mengisyaratkan masyarakat bisa ikut menyelamatkan bumi dengan aksi kecil berupa mematikan lampu jika tidak digunakan.


3. Contoh Poster Cara Menghitung Biayaa Listrik



Pada contoh poster hemat energi listrik berikutnya adalah rumus cara menghitung biaya listrik. Meskipun tampak ribet cara hitungnya, tapi dalam poster tersebut disampaikan dengan contoh yang mudah dipahami. 

Harapannya dari contoh poster tersebut, masyarakat dapat mengetahui cara hitung biaya listrik sehingga mereka lebih peduli untuk menghemat penggunaannya.


4. Contoh Poster Tips Hemat Energi Listrik


Selanjutnya adalah contoh poster hemat energi yang berisi cara menghemat listrik.

Gambar utama pada poster ini adalah poin-poin yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk menghemat energi listrik. Selain itu, terdapat sebuah bohlam yang diletakkan di bagian bawah untuk menambah keindahan desain poster.


5. Contoh Poster Hemat Energi dan Anjuran Mematikan Lampu





Contoh gambar poster berikutnya adalah berisi anjuran berupa kalimat aktif yang mirip kalimat perintah. Anda dapat langsung menuliskan “matikan lampu ketika tidak dalam penggunaan” ataupun kata-kata sejenisnya yang orang terima dapat lebih jelas.


6. Hemat Energi Listrik Untuk Masa Depan




Untuk membuat poster seperti ini, Anda hanya perlu mencari ilustrasi tv atau barang elektronik lainnya yang sedang dalam kondisi mati atau akan dimatikan (masih menyala). Lalu, tambahkan kata-kata ‘Uangnya mungkin ga seberapa, tapi hemat listrrik berguna buat masa depan anak cucu kita’.

Pilih warna-warna seperti di atas yang tidak menyilaukan mata ketika orang sedang membaca pesannya.


7. Contoh Poster Hemat Energi Air



Terakhir Anda dapat membuat contoh poster sederhana dengan berisi ajakan untuk menghemat penggunaan air. Di dalam poster tersebut diberikan tulisan "Save Water Save Nature" yang berarti menghemat air sama dengan melindungi alam.


Dalam gambar poster tersebut terdapat bumi nan hijau dan biru yang ditambah gambar kran air.

Itulah ulasan mengenai contoh-contoh poster hemat energi yang menarik. Cukup mudah untuk membuatnya, yaitu dengan menentukan tema atau tujuan poster kemudian menuliskan pesan pada software desain grafis. Anda dapat menggunakan Canva, Adobe Photoshop, ataupun Corel Draw.

Apabila Ingin mengajak orang di lingkungan sekitar untuk lebih menyayangi bumi, bagikan poster tersebut ke sosial media yang Anda miliki

0 komentar

Post a Comment