2022-10-17

Mengenal Kabel Twisted Pair, Kategori, dan Cara Kerjanya

Author -  Lubis Muzaki

Kabel twisted pair merupakan salah satu jenis kabel yang digunakan untuk instalasi jaringan komputer. Kabel ini digunakan untuk menghubungkan perangkat keras jaringan komputer antara satu dengan lainnya.

Secara sederhana, kabel twisted pair adalah kabel pasangan yang saling berbelit satu dengan lainnya, sehingga kabel ini berpasangan antara satu kabel dengan satu kabel lainnya.





Apa itu Kabel Twisted Pair?


Kabel twisted pair adalah jenis kabel yang bentuk konduktornya digabungkan dengan tujuan untuk mengurangi atau meniadakan gangguan elektromagnetik dari luar. Gangguan-gangguan tersebut seperti radiasi elektromagnetik dari kabel pasangan berbelit tak terlindung (UTP cables) dan juga di antara pasangan kabel yang berdekatan.

Jenis media transmisi ini paling hemat dan mudah diaplikasikan. Kabel twisted pair terdiri atas dua kawat yang disusun dan disekat dalam suatu pola spiral beraturan. Dibungkus dalam sebuah pelindung yang keras, kabel ini dibundle menjadi satu dengan masing-masing kawat diberi warna yang berbeda satu dengan yang lain.


Kategori Kabel Twisted Pair Dan Cara Kerjanya


Kabel twisted pair ini diproduksi dengan beberapa kategori yang disesuaikan dengan karakteristik transmisinya. Dengan begitu, setiap kategori kabel twisted pair ini memiliki laju data yang berbeda untuk bermacam aplikasi komunikasi.


1. Kategori 1 Kabel Twisted Pair

Kategori kabel ini hanya digunakan untuk komunikasi suara, seperti untuk kabel telepon. Dulu banyak digunakan untuk POTS (Plain Old Telephone Service) dan ISDN (Integrated Services Digital Network).

2. Kategori 2 Kabel Twisted Pair

Kategori kabel ini dapat menghubungkan perangkat dengan karakteristik transmisinya sampai dengan 4 Mbps (LocalTalk).

3. Kategori 3 Kabel Twisted Pair

Digunakan untuk transmisi dengan laju data mulai dari 10 Mbps sampai 16 Mbps (Ethernet).

4. Kategori 4 Kabel Twisted Pair

Digunakan untuk menghubungkan perangkat dengan nilai maksimal laju transmisinya hingga 20 MHz (16 Mbps Token Ring).

5. Kategori 5 Kabel Twisted Pair

Digunakan untuk menghubungkan perangkat dengan kategori karakteristik transmisi laju datanya hingga 100 MHz (Fast Ethernet).

6. Kategori 5 Kabel Twisted Pair

Ketagori kabel ini merupakan perbaikan kualitas dari kategori kabel twsiterd pair 5 meskipun laju data tetap pada 100 Mbps.

7. Kategori 6 dan Kategori 7 Kabel Twisted Pair

Digunakan untuk menghubungkan perangkat dengan karakteristik transmisi laju datanya mulai dari 250 Mbps hingga 600 Mbps atau dengan kualitas yang baik dapat menyampaikan data dengan laju 1 Gbps (Gigabit Ethernet). ‘


Sedangkan menurut bentuk fisiknya, kabel twisted pair terdiri dari beberapa jenis berikut:


  1. Unshielded Twisted Pair (UTP)
  2. Screened Unshielded Twisted Pair (S/UTP) / Foiled Twisted Pair (FTP)
  3. Shielded Twisted Pair (STP)
  4. Screened Shielded Twisted Pair (S/STP)


Jenis Konektor Kabel Twisted Pair


Untuk mengubungkan kabel twisted pair ini pada perangkat komputer, maka dibutuhkan konektor seri Registered Jack (RJ). Masing-masing kategori kabel memiliki pasangan RJ yang berbeda-beda.

Sebagai ilustrasinya, untuk kabel twisted pair kategori 2 sampai 4 menggunakan RJ11 (4-pin), sedangkan untuk kategori 5 keatas menggunakan RJ45.



Susunan Warna Kabel Twisted Pair


Pada kabel twisted pair kategori 5 atau 6 yang terdiri atas 8 kawat tunggal memiliki susunan warna sebagai berikut: :


  1. White Orange
  2. Orange
  3. White Green
  4. Green
  5. White Blue
  6. Blue
  7. White Brown
  8. Brown

Cara Kerja Kabel Twisted Pair





Cara kerja kabel Twisted Pair adalah mentransmisikan arus atau sinyal listrik dari sumber energi listrik ke tujuan. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, kabel ini berdasarkan bentuk fisiknya memiliki jensi seperti berikut:




1. UTP (Unshielded Twisted Pair)

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah jenis kabel twisted pair yang memiliki empat pasang inti kabel yang saling berbelit. Masing-masing kabel yang dibundle tersebut memiliki kode warna berbeda dan saling berpasangan.

Kabel UTP ini tidak dilengkapi dengan pelindung dari interferensi elektromagnetik. Meskipun begitu, fungsi kabel UTP ini sudah sesuai dengan standar yang diminta oleh konsumen.


2. STP (Shielded Twisted Pair)

Kabel STP (Shielded Twisted Pair) adalah jenis kabel twisted pair yang memiliki pembungkus tembaga atau alumunium foil. Kemampuannya cukup baik untuk dapat mengurangi gangguan elektrik.

Itulah ulasan mengenai seluk beluk kabel twisted pair. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari jenis kabel ini untuk instalasi komputer.

0 komentar

Post a Comment