2022-10-30

3 Contoh Surat Penawaran Harga Produk Barang/Jasa

Author -  Lubis Muzaki

Dalam memperkenalkan produk kepada pelanggan banyak cara yang bisa dilakukan. Selain iklan atau promosi, sebuah perusahaan juga dapat menawarkan produk atau jasanya melalui surat penawaran harga (SPH). SPH ini tidak hanya ditemukan dalam dunia tender pengadaan barang/jasa pemerintah, namun juga kerap digunakan oleh instasi lain dalam jual beli produk barang/jasa. 

Jika Anda berencana membuat dokumen resmi yang satu ini, maka Anda tidak salah tempat. Berikut akan dijelaskan contoh-contoh surat penawaran harga dan cara membuatnya.





Apa itu Surat Penawaran Harga (SPH)?


Surat Penawaran Harga adalah surat resmi yang disampaikan oleh produsen atau distributor atau penyedia jasa yang menjual sebuah produk atau jasa tertentu kepada pihak lain, dengan mencantumkan harga.

Sebagai sebuah penawaran, SPH ini tidak mengikat secara hukum sehingga tidak akan ada konsekuensi hukum pada pihak-pihak yang terlibat, kecuali jika Surat Penawaran Harga ini nantinya masuk ke dalam bagian kontrak resmi. 

Biasanya contoh surat penawaran harga ini dibuat dan dikirim setelah ada pelanggan yang ingin membeli produk barang/jasanya. Tujuan permintaan surat penawaran harga ini adalah untuk memastikan apakah produk barang/jasa yang ditawarkan sesuai dengan anggaran yang tersedia ataukah tidak.


Bagian-Bagian Surat Penawaran Harga


Karena surat ini tergolong ke dalam dokumen resmi, maka harus dibuat tampak profesional. Baik itu secara offline maupun online (lewat email) surat penawaran harga tidak boleh dibuat secara asal-asalan. Hal ini karena dapat menyebabkan citra buruk terhadap perusahaan yang membuat SPH. 

Lantas, apa saja yang harus ada dalam contoh surat penawaran harga? Dalam membuat SPH setidak-tidaknya harus memuat keterangan berikut–yang akan dijabarkan lebih jauh dalam format contoh surat penawaran harga di bawah:



1. Jenis dan detail spesifikasi produk barang/jasa yang ditawarkan

Sebagaimana syarat syah jual beli, maka produknya harus tersedia. Begitu juga ketika dalam membuat surat penawaran harga, informasi mengenai produk yang ditawarkan wajib tersedia secara detail agar pelanggan tidak merasa beli produk dalam karung. 


2. Harga produk barang/jasa

Selain jenis produk dan detail spesifikasi produk, Anda juga wajib menyertakan harga produk yang ditawarkan kepada pelanggan. Pelanggan sebagai penerima SPH pastinya akan memperhatikan elemen yang satu ini.

Harga menjadi bahan pertimbangan bagi calon pelanggan. Mereka pasti akan mencari harga yang paling murah namun memberikan kualitas produk yang sesuai dengan yang diinginkan.

3. Metode pembayaran

Dalam contoh surat penawaran harga juga harus disampaikan terkait dengan metode pembayaran yang akan digunakan. 

Metode pembayaran ini meliputi pembayaran sistem cash atau kredit, uang muka yang harus dibayarkan, dan lain sebagainya. Nah, tentukan metode pembayaran apa saja yang kira-kira menarik bagi calon pelanggan.

4. Sampaikan company profile yang lengkap dengan portofolio


Ketika menawarkan produk barang/jasa kepada calon pelanggan, Anda harus menjelaskan bahwa perusahaan Anda merupakan perusahaan terpercaya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menyertakan company profile yang dilengkapi dengan portofolio pekerjaan yang telah dikerjakan.


Contoh Surat Penawaran Harga


Untuk membuat surat ini, Anda bisa melihat contoh surat penawaran harga baik itu produk barang/jasa berikut ini.

2. Contoh Surat Penawaran Harga Produk Barang

[Tempat, tanggal]


Nomor     : [...]

Lampiran : Satu berkas

Perihal     : Penawaran harga



Yth.

Ketua Pokja Bawaslu Kab. Bogor
Di ……….



Menanggapi surat saudara tanggal… nomor… perihal permintaan penawaran pengadaan Alat Tulis Kantor (ATK), maka bersama ini kami mengajukan penawaran harga untuk melaksanakan pekerjaan tersebut.

Harga yang kami ajukan adalah Rp45.500.000 (terbilang: empat puluh lima juta lima ratus ribu rupiah) dengan rincian sebagaimana terlampir

Sesuai dengan persyaratan, kami juga melampirkan:

  1. Nomor Induk Berusaha (NIB);
  2. Fotokopi surat izin usaha perdagangan (SIUP) CV. Kreatindo Paper Indonesia; dan
  3. Fotokopi nomor pokok wajib pajak (NPWP)


Demikian surat penawaran ini kami sampaikan. Atas kerja samanya kami ucapkan terima kasih


Pimpinan




2. Contoh Surat Penawaran Harga Produk Jasa


No : 83/SPH-UK/PTMC/V/2022

Hal : SURAT PENAWARAN HARGA UJI KESESUAIAN

Lamp : 1 (satu)

Kepada Yth,

RS Hermina Depok

Jl. Siliwangi No. 50, Jawa Barat

Dengan hormat,

Sesuai dengan Perihal tersebut diatas, dengan ini kami berikan penawaran harga Uji Kesesuaian dengan rincian sebagai berikut:

NO

KETERANGAN UJI KESESUAIAN

JUMLAH

HARGA PAKET

1

X-Ray Konvensional

1 Alat

Rp 4.000.000,-

2

X-Ray Mobile

1 Alat

Rp 4.500.000,-

3

X-Ray Dental

1 Alat

Rp 4.500.000,-

4

X-Ray Panoramic

1 Alat

Rp 4.500.000,-

5

X-Ray Chepalometric

1 Alat

Rp 4.500.000,-

6

X-Ray Mammografi

1 Alat

Rp 4.500.000,-

7

X-Raya Fluoroscopi

1 Alat

Rp 5.000.000,-

8

CT – Scan

1 Alat

Rp 5.000.000,-

Syarat Penawaran:

  • Tidak termasuk PPn 10%.
  • Tidak termasuk biaya Setting Alat (Jika hasil uji diluar parameter).
  • Sudah termasuk biaya Transportasi, Akomodasi dan Operasional.
  • Apabila saudara berkenan dengan tarif tersebut di atas, mohon hubungi kami untuk mendapatkan prioritas jadwal Uji Kesesuaian pada bulan Juli 2023.


Demikian surat penawaran ini kami ajukan. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.


Jakarta, 25 November 2022
PT. Kreasi Medical Center


Direktur


3. Contoh Surat Penawaran Harga Jasa Rental dan Travel Pariwisata







Secara umum, format surat penawaran harga baik itu produk barang ataupun jasa tidak jauh berbeda dengan dokumen surat menyurat lainnya. Mirip dengan invoice, namun juga dilampirkan beberapa syarat dan detail harga yang ditawarkan. Dalam surat penawaran ini harus disertai dengan bagian pendahuluan, isi, dan penutup agar jelas maksud dan tujuan yang ingin disampaikan.

0 komentar

Post a Comment