√ 7 Contoh Iklan Makanan Sehat yang Menarik dan Tips Membuatnya

Author -  Lubis Muzaki

Saat ini iklan makanan di TV maupun platform lainnya dapat mempengaruhi pola konsumsi masyarakat. Oleh karenanya, untuk mengajak masyarakat agar lebih peduli pada gizi dapat dilakukan melalui pemberian tayangan iklan makanan sehat. 

Karena bagaimanapun iklan junk food saat ini semakin gencar tampil baik di layanan televisi maupun sosial media. Padahal sebaiknya masyarakat lebih banyak memilih makanan sehat daripada makan makanan junk food.


Pentingnya Keberadaan Iklan Makanan Sehat


Masyarakat, khususnya remaja, merupakan anggota masyarakat yang relatif rentan terhadap iklan terutama iklan fast food. Munculnya iklan-iklan produk fast food dapat meningkatkan pola konsumsi atau bahkan gaya hidup masyarakat pada umumnya. 

Padahal remaja saat inilah yang nantinya akan memimpin bangsa ini. Jadi, mempersiapkan generasi yang sehat dan bugar amatlah penting untuk keberlangsungan suatu negara. Nah, salah satunya dengan mengajak remaja lebih menyukai makan makan sehat daripada makan junk food.

Selain itu, kita sudah tidak asing lagi dengan ungkapan "you are what you eat". Secara tersirat, istilah tersebut memiliki arti "engkau adalah apa yang kau makan". Namun secara tersurat, maksud dari istilah tersebut adalah aspek kesehatan tubuh yang tergambar dari kebiasaan makan seseorang. Artinya, seseorang yang rajin mengkonsumsi makanan bergizi dan sehat secara berimbang, maka secara otomatis tubuhnya pasti sehat dan bugar.


7 Contoh Iklan Makanan Sehat

Iklan merupakan salah satu alat untuk mempromosikan sesuatu. Khusus untuk produk makanan, maka penting sekali untuk memahami dan mempelajari bagaimana memvisualisasikan iklan makanan agar menarik dan menggunggah ketika orang melihatnya.

Nah, sebelum mempelajari bagaimana membuat iklan makanan sehat yang menarik, mungkin contoh-contoh di bawah ini bisa membantu Anda ketika ingin mempromosikan produk makanan:


1. Iklan Makan Sayur dan Buah-Buahan


"Makan sayur dan buah-buahan tiap hari dapat membuat tubuhmu sehat dan bugar."

"Makan buah dan sayur mampu meningkatkan daya ingat. Zat antioksidan yang tinggi dapat melindungi sel-sel otak."

Iklan persuasif untuk mengajak makan buah dan sayur di atas mengingatkan audiens agar selalu memenuhi asupan gizi harian dengan menambahkan buah dan sayuran yang segar, agar badan tetap bugar. 

Contoh poster dari iklan makanan sehat ini adalah:




2. Iklan Produk Makanan Sehat Energen


Nggak cuma pas sarapan aja, Energen sereal juga bisa menjadi pilihan saat lapar sore dan malam hari.


Kandungannya yang lebih banyak susu, lebih banyak sereal dan lebih banyak vitamin, bakal bantu mengisi energi kamu supaya lebih semangat beraktivitas.


Kamu udah stok Energen sereal favorit kamu belom?


Produk yang terkenal dengan tageline-nya "Minum Makanan Bergizi" ini memang tidak hanya sekadar mengajak orang untuk hidup sehat, akan tetapi juga menawarkan suatu produk sereal yang kaya akan gizi dan nutrisi.




3. Diet and Healthy Catering


Mau turunin nilai kolesterol? Mau turunin berat badan? Atau Turunin kadar gula darah? Semua bisa di Yellow Fit Kitchen! Dengan garansi uang kembali 100% kalo berat badan nggak turun dan makanan nggak enak.


Jangan sampai ketinggalan dan pesan sekarang ya!


Kalimat di atas menargetkan kelompok yang sedang berdiet. Pastikan Anda menonjolkan khasiat dari salah satu bahan pangan yang digunakan dan korelasikan dengan pola diet ataupun pola hidup sehat lainnya.





4.  Iklan Snack Jajanan Sehat


“Sebelum memulai aktivitas yang super padat, persiapkan diri kalian dengan sarapan yang simple namun bergizi, yaitu Fitbar #EnaknyaMultigrain.”


Dalam iklan snack sehat tersebut tidak hanya mengajak orang untuk konsumsi cemilan sehat. Akan tetapi, juga memberikan info mengenai bagaimana solusi untuk mengawali hari dengan aktivitas yang padat, jika Anda tidak sempat untuk sarapan. Kandungan dari snack tersebut dinilai mampu memenuhi kebutuhan nutrisi di pagi hari.



Baca juga: Jajanan Indomaret yang Enak dan Sehat


5. Iklan Mie Sehat "Lemonilo"


Mie tjap Lemonilo jang alami!


Njonja-njonja, riangkanlah semoea familie dan teman-teman dengan Mie jang alami

  • Diboeat dengan saripati sajoeran
  • Dipanggang boekan digoreng
  • Tanpa pengawet





Iklan makanan sehat di atas ditampilkan dengan gaya desain tempo dulu dengan tulisan ejaan zaman dulu. Iklan ini mampu menarik atensi masyarakat karena tampilannya yang kuno, namun bisa disampaikan dengan cara yang unik dan relate di kehidupan masyarakat untuk hidup lebih sehat.

6. Iklan Makanan Sehat Gizi Seimbang 


Penuhi gizi seimbang dengan mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan kalsium.  

Mulai sekarang, penuhi gizi harian dengan cara berpedoman 'Isi Piringku', dengan maka diisi dengan 1/3 lauk pauk, 2/3 makanan pokok, 1/3 buah-buahan, dan 2/3 sayuran.



Contoh iklan makanan sehat di atas menggunakan strategi penyampaian konten informasional. Di dalam konten tersebut dijelaskan mengenai edukasi betapa pentingnya menyeimbangi gizi yang terdapat dalam makanan, dan apa manfaatnya. 


7. Iklan Ajakan Kebiasaan Konsumsi Ikan


Ikan bukan saja asupan baik untuk kecerdasan saat mpasi, bahkan sudah berpengaruh pada perkembangan otak saat masih dalam janin loh Mom!

Jadi, ketika hamil jangan lupa untuk mengonsumsi ikan. Begitu juga ketika anak sudah diperbolehkan makan makanan MPASI, jangan lupa memberikan asupan ikan di dalamnya. Pilihlah ikan yang segar dan berkualitas.




Contoh iklan makanan sehat di atas merupakan iklan layanan masyarakat yang dikeluarkan oleh institusi pemerintah. Tujuannya adalah agar masyarakat rajin mengonsumsi ikan yang kaya kandungan manfaat untuk kecerdasan otak.


Tips Membuat Iklan Makanan Sehat


Sebelum mengiklankan produk makanan sehat yang Anda miliki, hal utama yang wajib Anda perhatikan adalah kualitas dari produk. Karena menjual makanan sehat akan sedikit lebih tricky disebabkan Anda harus memastikan produk yang Anda jual memang sehat, berkualitas, dan bergizi tinggi. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda implementasikan ketika akan membuat iklan makanan sehat setelah memastikan produk tersebut sudah benar-benar baik untuk kesehatan:


  1. Kenali target market dan audiens. Dengan mengenali target pasar, maka Anda dengan mudah dapat memilih bahasa dan desain seperti apa yang tepat untuk menjangkau calon pelanggan Anda.
  2. Bisa mengawali kalimat iklan dengan sebuah pertanyaan untuk membangkitkan interaksi. Pertanyaan ini dapat ditujukan untuk menjawab permasalahan yang dialami oleh target audiens.
  3. Janganlupa cantumkan informasi seputar nilai gizi, karena setiap konsumen berhak untuk mendapatkannya. Gunakanlah padanan kata yang mudah dipahami agar konsumen dapat mengolah informasi dan memahaminya secara mudah.
  4. Menggunakan teknik marketing USP atau Unique Selling Point agar produk lebih mudah dikenal. Anda dapat menggunakan beberapa pilihan seperti produk yang selalu diolah secara fresh, ataupun kesigapan untuk memenuhi kebutuhan/keinginan konsumen.
  5. Tampilkan iklan makanan sehat tersebut dengan gambar yang menarik, karena apalah artinya jika konten sudah bagus, namun visualnya kurang menarik.


Dari beberapa contoh iklan makanan sehat di atas dan tips membuatnya, jangan lupa untuk memasukkan kata “Sehat atau Healthy Food” atau “Bergizi atau Bernutrisi”, "Siap Memenuhi Kebutuhan Gizimu", atau tagline sejenisnya ya!

0 komentar

Post a Comment