2022-10-31

22 Contoh Waralaba Luar Negeri yang Eksis di Indonesia

Author -  Lubis Muzaki

Perdagangan internasional berkembang begitu pesat seperti tanpaa ada sekat. Bermacam bentuk usaha perdagangan bermunculan. Salah satunya adalah waralaba asing atau luar negeri.

Menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan waralaba luar negeri yang cukup tinggi, membuat sebagian orang kaya di Indonesia pastinya ingin membuka franchise dari salah satu waraba luar negeri tersebut. Nah, jika Anda ingin melihat daftar contoh waralaba luar negeri yang bisa didirikan di Indonesia, silahkan baca terus sampai selesai ya.




22 Contoh Waralaba Luar Negeri


Mendirikan suatu waralaba asing di Indonesia bukanlah perkara mudah. Ada beberapa syarat khusus yakni terdaftarnya unsur kekayaan intelektual untuk menyediakan kepastian hukum terkait perlindungan kekayaan intelektual produk waralaba asing khususnya pada bidang merek. 

Nah, berikut ini adalah merek-merek waralaba asinng yang sudah mendapatkan Kekayaan Intelektual dari Kementerian Hukum dan HAM.


Untuk Anda yang penasaran apa saja  contoh waralaba luar negeri yang bisa mendatangkan keuntungan bagi franchisee (pihak pembeli waralaba), berikut ini beberapa daftarnya.


1. Pizza Hut

Pizza Hut merupakan perusahaan franhise restoran pizza terbesar di dunia. Outletnya banyak ditemukan di kota-kota besar. Lebih dari 11.000 outlet restoran pizza yang dilengkapi dengan outlet pengiriman di lebih dari 90 negara di seluruh dunia.


2. Domino’s

Contoh waralaba luar negeri berikutnya selain Pizza Hut adalah Domino’s. Waralaba makanan cepat saji ini berasal dari Amerika Bedanya antara Pizza Hut dan Domino's adalah pada menu yang disediakan. Pilihan menu Domino's lebih beragam dengan lebih banyak jenis isiannya.

Domino's ini sudah ada sejak tahun 1963, sedangkan untuk konsep franchise-nya mulai dikembangkan pada tahun 1967. Outlet Domino’s sudah mencapai belasan ribu dan sampai saat ini terus bertambah.

3. McDonald’s


Contoh waralaba asing yang terkenal berikutnya adalah franchise siap saji McDonald’s. Hampir di tiap kota besar di Indonesia punya outlet McD. Terkadang tidak hanya cukup satu. Franchise dari luar negeri ini sudah ada sejak tahun 1955 dan cabangnya terus bertambah di seluruh dunia. 

McDonald’s sendiri memiliki kantor pusat di Amerika Serikat. Konsep waralaba yang dimiliki McD yaitu mulai dari konsep tradisional, lokasi satelit, lokasi Small Town Oil (STO) dan Small Town Retail (STR) dan BFL konsep waralaba.


4. KFC


KFC merupakan contoh waralaba luar negeri yang menyediakan menu ayam goreng tepung atau fried chicken sebagai menu andalannya. Untuk membuka franchise ini harus didirikan pada lahan seluas 1.500 m2 – 2000 m2 dengan lebar muka minimal 30 m.

Sedangkan ukuran minimal bangunannya untuk makan di tempat, dapur, dan lain sebagainya adalah total 300 m2 lantai dasar. Lebar muka bangunan KFC  minimal 15 m, ditambah areal parkir yang cukup.


5. Baskin Robbins

Merupkan perusahaan waralaba es krim yang berasal dari Amerika. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1945 dan banyak ditemukan di pusat perbelanjaan di kota-kota besar. Untuk kantor pusat dari Baskin Robbins berada di Canton, Massachusetts dan telah memiliki banyak sekali cabang bahkan hingga Indonesia.

6. Carrefour

Carrefour merupakan jaringan supermarket asal Prancis. Cabangnya tersebar di Indonesia. Bahkan, di setiap daerah hampir punya Carrefour.

Produk-produk yang ditawarkan di Carrefour ini tergolong sebagai produk dengan high quality value. Banyak para pengusaha yang merekomendasikan Carrefour sebagai waralaba pilihan karena memiliki keahlian dalam bidang distribusi makanan dan produk ritel.


6. Ace Hardware

Merupakan franchise perusahaan yang menjual barang ritel berupa perangkat keras berkualitas. Ace Hardware sudah ada sejak tahun 1924 dan mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1995.

Sebagai pusat perbelanjaan perlengkapan teknik dan industri, contoh waralaba luar negeri yang masuk di Indonesia ini semakin berkembang pesat. Dari toko pertamanya di Supermal Karawaci, Tangerang, hingga kini mereka sudah memiliki kurang lebih 100 toko tersebar di kota-kota besar di Indonesia.


7. InterContinental Hotels

InterContinental Hotels berdiri di beberapa kota di Indonesia seperti Bali, Bandung, Surabaya, dan Jakarta. Tidak seperti jenis-jenis waralaba sebelumnya yang sebagian besar di industri Food and Beverage (FnB), Intercontinental menawarkan layanan perhotelan. Hotel ini menyediakan layanan untuk masyarakat kelas atas.

Berdiri sejak tahun 1946, InterContinental Hotel memiliki kantor pusat di Atlanta, Georgia tetapi berasal dari Inggris.


8. Kumon

Kumon merupakan waralaba asing yang fokus pada dunia pendidikan. Didirikan pada tahun 1958, Kumon lagsung meluncurkan konsep franchise pada tahun itu juga. Waralaba yang berasal dari Jepang ini menyedikan les khusus matematika dengan menggunakan metode Kumon.


9. A&W Restaurant

Contoh waralaba luar negeri berikutnya adalah A&W yang merupakan franchise makanan siap saji. A&W ini menyediakan A&W Root Beer, ayam goreng,  hot dog, burger, nugget, dan menu makanan lain.

Berdiri pada tahun 1919, A&W baru meluncurkan program franchise-nya di tahun 1925. Kantor pusat restoran A&W ini berlokasi di Lexington Kentucky dan telah memiliki lebih dari 1000 outlet.


10. Circle K

Circle K merupakan contoh franchise asing yang bergerak di bidang ritel. Berbentuk minimarket, waralaba ini bisa kita temukan di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung. Biasanya minimarket ini berada di bandara, stasiun, dan fasilitas publik lain.

Berdiri pada tahun 1951, kini waralaba asing ini sudah memiliki lebih dari 8.000 unit. Kantor pusat Circle K berlokasi di Tempe, Arizona.

11. Papa John’s

Berdiri [ada tahun 1984, waralaba asal luar negeri ini telah memiliki lebih 5.000 restauran. Kantor pusat Papa John's terletak di Louisville, Kentucky.

Papa John’s merupakan franchise yang menyediakan makanan dengan menu utama pizza dengan layanan pengiriman dan juga makan di tempat.


Selain kesebelas waralaba di atas, contoh-contoh waralaba luar negeri lainnya adalah:


  • SFBI Asia Pasific (Singapura), yang bergerak di bidang restauran dengan nama merek dagang Pepper Lunch.
  • Europecar International (Perancis), yang merupakan waralaba penyewaan alat transportasi dengan nama merek dagang Europcar.
  • Shichida Educational Institute Inc (Jepang), yang merupakan waralaba di bidang jasa pendidikan dengan nama merek dagang Shichida.
  • General Nutrition Internasional, Inc (Florida, AS), yang merupakan waralaba luar negeri yang bergerak di bidang produk kesehatan dengan nama merek dagang GNC.
  • Ne Look Retailers Ltd (United Kingdom), yang merupakan contoh waralaba asing yang bergerak di bidang ritel produk busana dan aksesoris dengan merek dagang New Look.
  • The Body Shop International Plc (Inggris), yang merupakan franchise produk kosmetik dan perawatan tubuh dengan merek dagang The Body Shop.
  • Marché Restaurtants (Swiss), yaitu franchise restauran dengan nama merek dagang yang sama.
  • Karen Millen Fashions Limited (United Kingdom), yaitu franchise yang bergerak di bidang ritel produk busana dan aksesoris dengan merek dagang Karen Millen.
  • Lawson, yang merupakan franchise toko kelontong berasal dari Jepang.
  • Roto Rooter Corporation, merupakan contoh waralaba luar negeri yang bergerak di bidang jasa perawatan saluran air (plumbing).
  • Wendy's International, merupakan franchise restauran degan nama merek Wendy's.
  • Dan lain sebagainya.


Waralaba-waralaba asing di atas sudah mendirikan outlet, toko, dan gerai yang tersebar luas di seluruh daerah di Indonesia.

0 komentar

Post a Comment