Ketahui Jenis Produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG) dan Tantangannya

Author -  Nidaur Rahmah

Pertumbuhan konsumsi yang tinggi di masyarakat membuat pertumbuhan industri juga harus mengalami peningkatan. Salah satu industri yang sangat cepat perkembangannya di Indonesia adalah industri di sektor Fast Moving Customer Goods (FMCG).

Fast Moving Consumer Goods (FMCG) merupakan produk-produk ritel yang dibutuhkan oleh semua masyarakat. Produk atau barang-barang FMCG ini dibutuhkan oleh pengguna akhir (end users) untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Dewasa ini industri yang bergerak di sektor FMCG telah tumbuh pesat di setiap negara karena baik perusahaan bertaraf nasional maupun multinasional telah berebut pasarnya.


Apa itu Fast Moving Consumer Goods (FMCG)?


 

Fast moving consumer goods (FMCG) atau juga dikenal dengan nama Consumer Packaged Good (CPG) adalah produk-produk kemasan yang diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari.

FMCG dapat diartikan sebagai produk atau barang-barang yang membutuhkan biaya produksi yang relatif cukup rendah, akan tetapi memiliki perputaran omset yang relatif cepat. Produk FMCG memiliki sifat yang mudah cepat rusak, sehingga konsumen harus memperhatikan betul-betul masa simpannya.

Biasanya konsumen membeli produk berkategorikan FMCG tersebut sekurangnya sekali dalam sebulan. Beberapa perusahaan besar dunia yang menguasai sektor industri FMCG antara lain seperti Unilever, Procter & Gamble (P&G), dan Nestle.


Kategori dan Jenis-Jenis Produk FMCG



Di Indonesia, setidaknya terdapat tiga kategori produk utama FMCG, yaitu:

  1. Home Care, yaitu barang-barang atau produk untuk kebutuhan rumah tangga. Produk ini bisa meliputi perlengkapan, detergent, alat kebersihan, dan lain sebagainya.
  2. Personal Care, yaitu barang-barang atau produk untuk keperluan pribadi. Produk ini bisa meliputi kosmetik, pakaian, dan lain sebagainya;
  3. Foods and Beverages, yaitu produk bahan makanan dan minuman yang bisa langsung dikonsumsi maupun harus dilakukan pengolahan terlebih dahulu untuk bisa dikonsumsi. Kategori produk ini meliputi beras, minyak, gula, garam, kopi, teh, susu, telur, bumbu instan, mie instan, dan lain sebagainya;



Karakteristik Produk FMCG



Produk-produk FMCG memiliki karakteristik tersendiri yang dapat ditinjau dari perspektif konsumen maupun perspektif pemasar :

Karakteristik FMCG jika tinjau dari perspektif konsumen adalah sebagai berikut:

  1. Jenis produk FMCG ini sangat sering dibeli oleh konsumen;
  2. Konsumen tidak memerlukan upaya untuk memilih item;
  3. Umur simpan produk FMCG pendek; dan
  4. Konsumsi produk FMCG cepat.

Karakteristik FMCG jika ditinjau dari perspektif pemasar adalah sebagai berikut:
  1. Volume penjualan tinggi; dan
  2. Perputaran persediaan cukup tinggi


Tantangan Perusahaan yang Bergerak di Bidang Industri FMCG

Salah satu tantangan industri yang bergerak di sektor Fast moving consumer goods (FMCG) adalah  persaingan yang semakin ketat.

Tantangan bisnis FMCG yang lainnya adalah berasal dari produk yang rata-rata memiliki keuntungan yang kecil jika dijual secara eceran, serta usia atau masa simpan produk yang pendek. 

Oleh karenanya untuk menyiasati itu perusahaan FMCG harus bisa menjual produknya sebanyak mungkin dengan biaya distribusi serendah mungkin.

Tidak heran bila perusahaan yang bergerak di sektor produk FMCG ini sangat membutuhkan tenaga pemasaran seperti sales executive. Sales executive harus cerdas, tahu bagaimana cara menggaet banyak pelanggan. 

Industri FMCG juga membutuhkan tenaga kerja dengan jumlah yang banyak karena industri ini termasuk ke dalam industri padat karya.

Produsen produk FMCG juga perlu melakukan inovasi terhadap produk yang dihasilkannya. Tak cukup itu saja, perusahaan harus memiliki strategi promosi dan harga yang kompetitif.

Agar biaya produksi bisa ditekan, produsen harus mampu mengantisipasi kenaikan harga untuk bahan baku industrinya.

Selain itu perusahaan FMCG juga harus memperhatikan dampak-dampak lingkungan yang mungkin timbul karena sebagian besar produk FMCG berupa kemasan. Perusahaan harus memikirkan dan mencari solusinya.


Demkianlah penjelasan mengenai apa itu FMCG, jenis-jenisnya, dan tantangan yang dihadapi oleh industri yang bergerak di sektor FMCG. Masyarakat umumnya tidak berpikir lama dalam menentukan pilihan pembelian produk atau barang-barang FMCG ini. Oleh karenanya, produsen produk-produk FMCG harus memberikan sentuhan inovasi yang memberikan nilai pembeda, ataupun tambahan nilai (value added) pada produknya.

0 komentar

Post a Comment