Cara Membuat Mind Mapping Secara Manual dan Online

Otak merupakan organ tubuh manusia yang sangat ajaib. Otak mampu menyimpan berbagai informasi Untuk mempermudah terserapnya informasi ke dalam otak, kita dapat membuat mind mapping atau peta pikiran baik secara manual maupun online memakai aplikasi.

Lewat metode mind mapping yang dijabarkan dalam bentuk diagram akan membuat kita lebih mudah memahami suatu materi, membantu mengorganisasi materi, dan memberikan kita sebuah sudut pandang baru.

Lalu, apa itu mind mapping? Dan bagaimana cara membuat mind mapping? Berikut ini ulasan lengkapnya.




Sejarah dan Pengertian Mind Mapping


Pertama kali metode mind mapping dikenalkan dan dikembangkan oleh Tony Buzan.
 

Tony Buzan sendiri memaparkan beberapa pengertian dari Mind Map, yaitu:

  1. Mind Map adalah peta pikiran yang disusun secara terorganisir.
  2. Mind Map merupakan cara atau metode yang digunakan untuk menempatkan sejumlah informasi ke dalam otak dan mengambil informasi itu ketika dibutuhkan.
  3. Mind Map adalah cara mencatat yang kreatif, efektif, dan membantu untuk memetakan pikiran.
  4. Mind Map adalah hasil dari metode Mind Mapping yang berupa hasil citra visual yang berbentuk simbol, gambar, dan grafis lainnya, yang dapat digunakan sebagai pengganti catatan tertulis dan hasilnya lebih mudah untuk diingat.

Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa Mind Mapping adalah suatu cara untuk mengembangkan kegiatan berpikir yang dituangkan dalam bentuk diagram grafis sehingga dapat digunakan sebagai pengganti catatan tertulis untuk memudahkan kita dalam memahami dan mengingat  sebuah materi atau informasi.


Manfaat Mind Mapping


 

Mind mapping memberikan banyak manfaat. Berikut ini adalah diantaranya:

  • Memudahkan pembaca untuk melihat gambaran keseluruhan karena bentuknya yang menyenangkan untuk dipandang, dibaca, direnungkan dan diingat
  • Mengumpulkan sejumlah informasi dan data dijadikan dalam satu tempat.
  • Memetakan solusi atau pemecahan masalah.
  • Membantu dalam mengingat, membandingkan, dan membuat hubungan, serta mendapatkan ide baru. 
  • Memudahkan pengguna untuk lebih mudah berkonsentrasi dan memunculkan kreativitas.
  • Pengkajian ulang bisa dilakukan lebih cepat.

Kegunaan Mind Mapping untuk Dunia Pendidikan dan Bisnis


 

Mind Mapping tidak hanya dapat digunakan untuk kepentingan dunia pendidikan saja, akan tetapi Anda dapat juga menggunakannya untuk membuat perencanaan kerja atau untuk kepentingan bisnis.

Saat siswa bekerja berkelompok di dalam sebuah teamwork, peta pikiran (mind map) ini sangat berguna untuk kegiatan brainstorming. Mind mapping ini mempermudah siswa untuk menyusun fakta ataupun opini sedemikian rupa sehingga eksplorasi kemampuan otak mereka dilibatkan sejak awal.

Sementara itu secara umum mind mapping dapat digunakan pada saat:

  1. Anda ingin menemukan ide yang inovatif dan pemecahan suatu masalah dengan jalan keluar yang kreatif, 
  2. Anda ingin mengingat informasi secara efektif dan efisien, terlebih ketika dalam kondisi tertekan, ingin tetap fokus dan mengingat informasi itu dengan baik, 
  3. Anda ingin menetapkan sebuah tujuan, dan langkah-langkah yang akan diambil untuk mencapainya, 
  4. Anda sedang berpikir untuk mengubah karier atau memulai usaha baru, dan 
  5. Anda ingin mengadakan rapat atau pertemuan yang efisien dan lancar.



Langkah-langkah Membuat Mind Mapping Secara Manual dan Online

 


Sebelum Anda membuat sebuah mind map secara manual, maka diperlukan beberapa bahan, seperti kertas kosong tak bergaris, pena, dan pensil warna. Berikut ini adalah tujuh langkah untuk membuat Mind Map (peta pikiran):

1. Mulailah dengan memikirkan tema atau ide yang umum dan tulislah pada bagian tengah kertas. Hal ini untuk memberikan kebebasan kepada otak untuk mengembangkan sub tema dari konsep utama tersebut.

2. Tambahkan gambar atau foto untuk ide sentral.Sebuah gambar akan membantu otak dalam menggunakan imajinasi yang akan dituangkan dalam mind map. Selain itu, gambar tersebut membuat pembaca lebih tertarik, membuat otak tetap terfokus, dan membantu otak berkonsentrasi.

3. Gunakan warna yang menarik sehingga membentuk diagram warna-warni yang teratur dan mudah diingat. Warna yang bervariasi akan membuat mind map lebih hidup, dan menambah energi positif untuk pengembangan pemikiran yang kreatif dan menyenangkan.

4. Buatlah cabang-cabang utama yang dihubungkan ke gambar pusat dan hubungkan cabang-cabang tingkat dua dan tingkat tiga secara berturut-turut pada tingkat satu dan dua dan seterusnya.

5. Buatlah garis hubung yang melengkung, bukan garis lurus. Karena garis lurus akan lebih cepat membosankan untuk dilihat. Cabang-cabang yang berbentuk melengkung seperti gambar di bawahg ini akan jauh lebih menarik bagi mata.


6. Gunakan satu kata kunci atau keyword untuk setiap garis. Karena dengan kata kunci tunggal memberi lebih banyak ide dan fleksibilitas untuk pemetaaan pikiran.

 

Saat ini sudah cukup banyak website yang menyediakan pembuatan mind mapp secara online. Jadi, Anda tinggal melakukan pendaftaran dan kemudian berkreasi dengan membaut mind mapp secara online. Berikut ini adalah web-web yang bisa digunakan untuk membuat mind map:

Mindmup
 
Mindmup merupakan aplikasi mind map online gratis. Mindmup memungkinkan Anda untuk memvisualisasikan konsep yang rumit menjadi mudah dipahami dan diingat, menghasilkan gagasan atau ide-ide baru berikutnya. Dengan Mindmup, Anda juga dapat membuat presentasi dan mendokumentasikan garis besar dengan peta pikiran. Anda bisa mengunduh mind map yang sudah kamu buat di Mindmup ke dalam format teks, PNG, JPEG, PDF, atau SVG.

 
Mindmeister
 
MindMeister merupakan aplkasi pembuat mind map yang bisa digunakan pada aplikasi desktop dan juga smartphone. MindMeister menawarkan akun gratis dengan pilihan template yang beragam.

Venngage
 
Vanngage ini memiliki beragam fitur. Dan salah satunya adalah fitur pembuat mind map. Venngage membantu Anda untuk membuat mind map imajinatif yang tiada duanya. Gunakan template mind map yang tersedia khusus untuk perencanaan strategis, SDM, brainstorming, dan banyak lagi.

Aplikasi ini mampu menjelaskan konsep yang sebenarnya cukup rumit menjadi mudah dipahami. Ketika Anda menggunakannya untuk bisnismu, dapat dipastikan para stakeholder baik internal ataupun eksternal akan menyukai pekerjaan Anda.

Creately
 
Creately merupakan aplikasi berbasis web yang dapat dimanfaatkan untuk membuat dan berbagi mind map dan flow chart. Aplikasi ini membantu Anda dan tim untuk membuat catatan, brainstorming ide dan rencana untuk menyelesaikan suatu tugas atau proyek secara efisien. 
 
Untuk menggunakan Creately, Anda cukup membuat akun gratis dan kamu bisa menikmati layanan membuat diagram privat, kolaborasi secara langsung, dan mengunggah gambar tanpa batas. Anda juga bisa mengunduh mind map yang telah Anda buat di Creately dalam format TXT, PDF, dan JPEG.
 
Canva
 
Canva merupakan aplikasi desain grafis berbasis web dan dekstop yang juga menyediakan fitur untuk pembuatan mind map. Canva dilengkapi dengan template dan toolset yang siap digunakan, Anda bisa membuat mind map sesuai dengan selera dan keinginanmu. 
 
Untuk akun gratis, Canva menyediakan ruang penyimpanan sebesar 1 GB dan Anda dapat mengakses 8000 template yang dapat Anda pilih untuk desain mind map. Selain itu, Anda dapat mengunggah gambar dan berkolaborasi dengan 10 orang temanmu.

 
Bubbl.us

Bubbl.us menyediakan aplikasi pembuat mind map lintas-platform dan multi-fungsional. Bubbl.us ini menawarkan interface yang mirip dengan Microsoft Office. Anda dapat membuat mind map tanpa harus melakukan registrasi sebelumnya. Anda bisa memasukkan topik, gambar atau clip art, menggambar garis hubungan, menambahkan catatan, dan lain sebagainya pada storyboard yang telah disediakan.


Secara umum langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam pembuatan mind map secara online adalah sebagai berikut:

  1. Pilih template mind map yang sudah tersedia.
  2. Klik fitur teks untuk memulai membuat tulisan dan sesuaikan dengan peta pikiran Anda.
  3. Sesuaikan detail seperti warna dan font.
  4. Pilihlah elemen-elemen grafik yang menakjubkan, seperti bingkai, bentuk, dan garis.
  5. Anda dapat menambahkan gambar sendiri pada mind map dengan cara mengunggahnya, sehingga tampilan mind mapping yang dibuat akan lebih menarik.
  6. Simpan dan bagikan.

Dengan pembuat mind map secara online dan gratis, Anda dapat dengan mudah membuat desain mind map. Kelebihan lainnya dengan menggunakan aplikasi mind map adalah dapat juga dikerjakan secara tim. 

Di dalamnya sudah banyak tersedia template profesional, sehingga Anda dapat dengan cepat mengedit dan menyesuaikannya. Anda dapat memilih template yang sesuai, edit teks, lalu mulai pemetaan hingga menemukan gagasan berikutnya.

Dengan memperhatikan cara-cara membuat Mind Mapping baik secara manual maupun online tersebut, Anda dapat melatih untuk mengembangkan otak secara maksimal. Dengan demikian, lebih memudahkan untuk berkonsentrasi karena setiap catatan yang dibuat dalam bentuk mind mapping bersifat unik, sederhana, dan mudah dipahami.

0 komentar

Post a Comment