Apa itu Teamwork? Bagaimana Mempersiapkan Teamwork yang Solid

Perusahaan ataupun organisasi dalam menyelesaikan pekerjaannya ataupun untuk mewujudkan tujuan yang diharapkan maka dibutuhkan teamwork atau kerja tim. Apalagi untuk pekerjaan dengan beban kerja yang berat, maka dibutuhkan kekompakan karyawan untuk dapat bekerja sama.

Bersama dengan rekan kerja yang ada, mereka yang tergabung dalam satu teamwork dapat saling membantu dan mendukung satu dengan yang lain demi tercapainya tujuan bersama.

Lalu, sebenarnya apa sih teamwork, manfaat bekerja secara teamwork dan bagaimana mempersiapkan teamwork yang baik dan solid? Berikut ulasannya.



 



Definisi Teamwork

Teamwork adalah kemampuan individu dalam melakukan kerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan kerja bersama di dalam tim yang saling percaya, bersinergi, dan mendukung serta bertanggungjawab terhadap tugas-tugas yang telah diberikan.

Unsur-unsur dalam Teamwork

Dalam bekerjasama secara tim terdapat beberapa unsur-unsur menciptakan kerja tim yang produktif, yaitu :



 


1. Tujuan

Tujuan dan arah yang ditentukan harus jelas dan berhubungan dengan organisasi atau perusahaan. Tujuan tersebut juga harus menjadi komitmen dari para anggotanya yang secara bersama-sama bekerja untuk mencapainya.

2. Kebersamaan

Kebersamaan yang terjalin baik di antara anggota tim akan menciptakan kinerja yang lebih efektif dan efisien. Sehingga pekerjaan lebih cepat selesai dengan hasil yang lebih detail.

3. Keterampilan dan kemampuan

Tiap anggota tim harus mempunyai keterampilan dan kemampuan yang harus diimplementasikan dalam pelaksanaan tugasnya. Sebelum membentu teamwork, pimpinan harus mengetahui keterampilan dan kemampuan yang dimiliki oleh pekerjanya sehingga pembentukan anggota timnya sesuai antara keterampilan yang dimiliki individu dengan pekerjaan yang ditugaskan.

4. Kepercayaan

Kepercayaan lahir dari sikap yang dimunculkan pekerja ketika berinteraksi dengan rekan kerja lainnya, misalnya pemimpin menaruh kepercayaan kepada bawahannya dan sebaliknya, serta menjalin hubungan saling percaya antara karyawan di sebuah perusahaan.

Kerja tim akan sukses apabila dilandasi dengan adanya kepercayaan satu dengan yang lainnya.
 

5. Tugas

Setiap anggota tim harus mengerti tugas yang harus dikerjakan dalam keikutsertaan untuk kesuksesan tim. Mereka harus memiliki komitmen untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Tiap individu menjalankan pekerjaannya secara efektif dan berguna untuk mencapai tujuan bersama. Jika dibutuhkan, melakukan pertemuan dengan para anggota. Setiap anggota harus mengetahui bagaimana membuat keputusan, mengatasi masalah, dan membagi serta menerima informasi sebagai sebuah tim.

6. Kekompakan

Kekompakan adalah bekerja sama secara teratur dan rapi, mempunyai komitmen yang tinggi satu dengan lainnya, bersatu padu dalam menghadapi suatu pekerjaan yang biasanya ditandai adanya saling ketergantungan.

7. Hubungan Interpersonal

Tiap anggota tim perlu menjalin hubungan yang baik antara satu dengan yang lain, menjalin komunikasi sehingga dapat mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi. Mereka harus saling mendukung dan membantu satu dengan lainnya. Mereka harus saling peduli dan menunjukkan perhatiannya, sehingga keahlian dan keterampilan dari tiap anggota semakin meningkat.

8. Penguatan dan pemberdayaan

Penguatan dan pemberdayaan tim yang efektif dibutuhkan untuk peningkatan teamwork. Untuk per individu, atasan harus memberikan apresiasi dimana hal ini sangat penting untuk pembentukan perilaku tim sehingga mereka dapat bekerja secara optimal.

9. Hubungan eksternal

Bekerja secata teamwork akan selalu terkait dengan hubungan eksternal atau lingkungan eksternalnnya. Untuk itu sangat diperlukan hubungan yang sehat dengan unit lain dalam organisasi itu sendiri.

Manfaat Kerja Secara Teamwork

Bukti menunjukkan bahwa tim biasanya bekerja lebih baik daripada bekerja secara individu ketika tugas-tugas yang dikerjakan sangat kompleks dan membutuhkan banyak keterampilan dan keahlian. Berikut ini adalah manfaat atau keunggulan dari bekerja secara teamwork:
  • Mempermudah dan mempercepat penyelesaian tugas-tugas.
  • Mewujudkan pelayanan yang baik dan layak.
  • Membangun budaya organisasi yang kuat.
  • Dalam sebuah teamwork, talenta dari berbagai individu dapat memberikan ide-ide cemerlang dan juga solusi inovatif.
  • Teamwork menjadi suatu daya dorong dan sekaliguas dukungan untuk tiap individunya agar memiliki energi positif dan sinergisitas.

Persiapan untuk membentuk Teamwork yang Solid

 

Untuk membentuk teamwork yang baik, setiap anggota tim atau kelompok harus memiliki komitmen yang sama. Selain itu, berikut ini adalah persiapan yang dibutuhkan agar teamwork yang dibangun nantinya solid:
 

  1. Tujuan dan arah yang jelas, yaitu tujuan dibentuknya teamwork yang kemudian agar pekerjaan yang akan dilaksanakan lebih terpusat dan dapat dievaluasi sehingga menghasilkan kerja tim yang bagus.
  2. Pimpinan yang baik, yaitu penentuan leader dari teamwork yang akan dibentuk. Pimpinan bertugas mengatur hubungan internal dan eksternal dari tim dan untuk mengarahkan tiap pekerjaan agar mencapai tujuan bersama.
  3. Tugas yang akan dikerjakan, yaitu job description apa saja yang harus dikerjakan oleh tiap-tiap anggota. Tugas dalam teamwork haruslah kompleks, penting, dan menantang yang memang diperuntukan untuk pekerjaan yang harus dikerjakan secara bersama-sama dan membutuhkan usaha yang cukup besar.
  4. Lingkungan organisasi yang mendukung, yaitu lingkungan organisasi harus kondusif sehingga membuat setiap anggota tim merasakan kenyamanan ketika melaksanakan pekerjaannya.

 

Itulah ulasan mengenai apa itu teamwork. Pentingnya teamwork mengharuskan setiap karyawan untuk mengimplementasikan keterampilan dan pengetahuan yang dimilikinya dalam kinerjanya sehari-hari. Idealnya para karyawan harus bisa bekerja sama di dalam tim agar mampu memberikan keunggulan dan meningkatkan kinerja perusahaan.

0 komentar

Post a Comment