2020-10-15

Jasa Pemasangan Membrane Bakar

Author -  Lubis Muzaki

Segala macam konstruksi bahan bangunan di sekitar kita tentu akan dipilih cara dan metode yang mudah dan cepat, tapi hasilnya pun bagus. Misalnya dalam hal waterproofing di dalam konstruksi bangunan tersebut, salah satunya adalah membrane bakar.

Ada banyak jenis waterproofing yang biasa digunakan. Dan jasa pemasangan membrane bakar ini sedang menjadi layanan yang banyak dicari.

Membrane bakar menjadi salah satu jenis waterproofing yang memiliki elastisitas yang baik dengan hasil yang merata, dan sangat pas apabila diterapkan pada beberapa bangunan seperti dinding penahan atau retaining wall, basement, balkon, dak beton, teras, dan sebagainya.

 

Spesialis Jasa Pemasangan Membrane Bakar

 
Seperti yang telah disebutkan tadi bahwa jasa pemasangan khusus pada membrane bakar ini juga menjadi jenis layanan jasa yang paling banyak dicari. Tak semua orang tahu bagaimana cara pemasangannya dengan benar, sehingga harus dilakukan oleh orang-orang yang sudah ahlinya.

Bahan membrane bakar ini memiliki serat yang kuat serta telah dilapisi dengan bahan bitumen yang merupakan bahan asphalt paling baik. Itulah sebabnya membrane bakar ini mampu mengatasi segala kebocoran yang terjadi pada gedung misalnya, water tank, bangunan rumah, basement, dan masih banyak lagi, oleh para tim ahli dalam jasa pemasangan yang sudah berpengalaman dan profesional.

Aplikasi pemasangan membrane bakar ini harus dimulai dengan persiapan terlebih dahulu. Pertama-tama persiapkan dahulu bidang yang akan dipilih untuk diaspal. Penyedia jasa akan membersihkan permukaan bidang dari segala jenis kotoran atau debu, paku atau kerikil.

Jika proses persiapan sudah dilakukan, maka lanjut ke tahap pelapisan primer pada coating. Ukuran pada coating primer serta volume membranenya tergantung dari ukuran volume pada bidang yang digunakan, yang nantinya akan dilapisi kembali dengan asphalt.

Penyedia jasa akan menentukan jumlah volume liter primer dengan roll ashpalt yang dibutuhkan untuk menutupi seluruh permukaan bidang yang akan dilapisi membrane bakar tersebut.


Jenis Membrane Bakar

Sebelum kamu memilih jasa penyedia pemasangan membran bakar, sebaiknya kamu ketahui dulu beberapa jenis membran bakar yang ada di pasaran, yaitu berikut ini:

  1. APP (Atactic Polypropylene) Waterproofing membran, yaitu plastic modified asphalt yang banyak digunakan sdi negara beriklim tropis dan lebih tahan terhadap cuaca panas dan hujan
  2. SBS (Styrene Butadiene Styrene) Waterproofing membran, yaitu rubber modified asphalt yang digunakan untuk cuaca ekstrim dingin hingga -20 Derajat Celcius

Ketebalan waterproofing membran bakar umumnya 3mm dan 4mm dengan jenis permukaan plain, sand, dan mineral gray atau green.

  1. Membran Plain, dengan pilihan ketebalan 3mm atau 4mm dan lapisan permukannya menggunakan polymer surfaced. Cocok dipasang pada atap, dak, talang, toilet, dan dinding basement.
  2. Membran Sand, dengan pilihan ketebalan 3mm atau 4mm dan lapisan permukannya menggunakan sand surfaced. Cocok dipasang pada atap, dak, dinding basement, dan toilet.
  3. Membran Mineral, dengan pilihan ketebalan 3mm atau 4mm dan lapisan permukannya menggunakan granule surfaced. Cocok untuk difungsikan pada atap, talang, dan dak.
  4. Membran Swimming Pool, dengan pilihan ketebalan 4 mm dan lapisan permukannya menggunakan sand atau polymer surfaced. Cocok untuk difungsikan pada kolam renang dan tangki air.

 

Keunggulan Waterproofing Membran Bakar


Sebelum menggunakan jasa pemasangan untuk memasang membrane bakar, ada baiknya Anda memahami dahulu apa saja keunggulan dari membrane bakar ini:

1. Lebih Tahan pada Segala Cuaca

Kelebihan paling utama yang dimiliki oleh lapisan kedap air yang terdapat pada membrane bakar adalah tahan dengan segala kondisi cuaca. Cuaca ekstrim sekalipun bisa diatasi dengan baik, apabila Anda menggunakan membrane bakar. Tujuan digunakannya segala jenis waterproofing ini adalah untuk melindungi gedung dari curahan air hujan.

Namun, membrane bakar ini bukan hanya tahan pada cuaca dingin/hujan saja tapi juga tahan pada cuaca panas. Hal itulah yang menentukan tingkat awet itu sendiri. Waterproofing jenis membrane bakar biasanya diterapkan pada desain eksterior. Alasannya yaitu, karena bahannya dibuat dari bahan bitumen yang sifatnya lebih fleksibel.

Material bahan itu juga mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya dengan baik. Baik kondisi dengan suhu yang rendah maupun panas matahari yang terus menerus setiap harinya.

2. Tidak Akan Terpengaruh oleh Suhu Lembab

membrane bakar ini menjadi bahan pelapis beton supaya bisa menjadi kedap air. Setitik saja dari partikel air yang jatuh pun tak akan mampu menembus bahan pelapis membrane bakar tersebut.

Walaupun lingkungan yang ada di sekitar lapisan tersebut akan mengalami kelembaban yang berlebihan pun, tetap tak akan berpengaruh apa-apa.

Kelembaban ini terjadi karena adanya peredaran udara di setiap bagian sudut area yang tak merata. Bisa juga disebabkan oleh genangan air yang tak kunjung mengering. Namun, keberadaan pada lapisan membrane bakar yang tahan pada situasi tersebut, pada akhirnya beton pun menjadi terlindungi.

3. Sanggup Menahan Berbagai Gesekan, Tekanan serta Benturan Apapun

Lapisan pada membrane bakar ini berasal dari material aspal yang terdapat daya lentur di dalamnya. Itulah sebabnya sifat membrane bakar menjadi elastis, apalagi jika Anda menggunakan jasa pemasangan khusus membrane bakar yang tepat. Tentu hasilnya juga akan lebih optimal.

Adanya sifat elastis itu, membuat lapisan pada kedap air yang sudah ditambahkan di bagian permukaan beton di rumah Anda, maka bagian yang menggunakan membrane bakar akan lebih tahan dari segala macam gesekan, tekanan, ataupun benturan.
membrane bakar memang sengaja dibuat untuk menyelimuti bagian luar pada beton. Supaya bagian tersebut lebih tahan pada gesekan. Hal itu bisa terjadi akibat dari benda, alas kaki orang yang melewatinya atau yang kebetulan melintas di sana.

4. Cocok Diaplikasikan di Manapun

Pada dasarnya bahan waterproofing membrane bakar ini bisa juga diterapkan di sebuah ruangan, jadi tak hanya bagus diterapkan di luar ruangan. Diaplikasikan pada ruang tertutup/terbuka ini keunggulannya sama saja. Memiliki kemampuan kedap air atau memiliki daya tahan yang sangat baik.

Bahkan proses pemasangannya untuk ruangan yang tertutup juga sama dengan pemasangan pada ruang terbuka. Maka jika dilihat dari segi biaya pemasangan baik pada ruangan terbuka/tertutup akan sama saja. Harga mahal/murah akan bergantung pada seberapa luas bagian permukaan yang nantinya akan dilapisi dengan bahan membrane bakar tersebut.

5. Proses Pengaplikasiannya Cepat dan Mudah

Biasanya lembaran aspal atau bitumen yang nanti akan digunakan sebagai lapisan membrane bakar dijual dalam ukuran gulungan/rol. Proses pengerjaan atau pemasangan membrane bakar ini sangat mudah dan juga cepat. Itulah sebabnya Anda harus memilih jasa pemasangan membrane bakar yang memiliki tenaga ahli dan berpengalaman di bidangnya.

Proses Pemasangan Membrane Bakar


Berikut ini adalah proses pemasangan waterproofing membran bakar yang bisa digunakan untuk pelapis anti bocor bangunan Anda dalam jangka panjang:


  1. Bersihkan permukaan struktur beton yang akan dilapisi dengan membran bakar dan pastikan tidak terdapat kotoran yang masih menempel pada beton.
  2. Lapisi permukaan beton menggunakan primer coating secara merata.
  3. Pasang roll membran bakar pada seluruh struktur permukaan beton. Bakar asphalt setiap 50 cm membran. Jika panjang satu roll-nya tidak mencukupi untuk space ruangan, maka setiap sambungan dari material membran diberikan overlap atau kelebihan sekitar 10 cm.
  4. Periksa atau ratakan kembali waterproofing membran yang sudah dipasang sebelumnya dengan menggunakan tangan.
  5. Kunci bagian pinggir membran dengan membakar asphalt
  6.  Jika terdapat sambungan antar membran, kunci dengan membakar asphalt pada tiap-tiap overlap atau kelebihannya.
Sebagai tambahan, untuk memastikan membran terpasang dengan benar maka lakukanlah hal-hal berikut ini:
  • Jika terdapat sparing pipa pada permukaan beton, maka harus dilakukan pengecoran dgn non shrink grout guna untuk memastikan pipa tersebut stabil dan tidak bergerak.
  • Lapisi sudut ruangan dengan menggunakan corner/champer/fillet/corner rounded supaya material membran tidak patah maupun tertekuk. Selain itu, corner yang terpasang pada sudut ruangan berguna juga untuk menghindari munculnya rongga udara pada sudut lantai ruangan tersebut. 
  • Lakukan pengetesan apakah terdapat kebocoran atau tidak dengan melakukan penggenangan air selama satu hari atau 1 x 24 jam. Jika ketinggian air tidak berkurang, dapat dipastikan tidak ada kebocoran.


Jika Anda cukup piawai dalam bidang konstruksi bangunan, Anda bisa memasang sendiri membran bakar di tempat yang sekiranya membutuhkan material tersebut. Namun, jika Anda merasa kemampuan Anda biasa-biasa saja, Anda tidak perlu khawatir. Karena, sekarang sudah tersedia tukang atau jasa yang menawarkan pemasangan membran bakar.


 

Harga Membrane Bakar Per Roll

Harga lapisan membran bakar ini cukup bervariasi, tergantung dari merek dan ketebalannya itu sendiri. Ini lho 10 daftar harga membran bakar yang banyak digunakan oleh jasa pemasangan membran bakar:

No

Merk/Ukuran Membran Bakar

Spesifikasi

Harga

1

Waterproofing Membran Bakar Wisproof Italy 3 mm

Tebal 3 mm, panjang 10 m per roll

Rp460.000

2

Waterproofing Membran Bakar Sandid (Pasir) 3 mm

Tebal 3 mm, panjang 10 m per roll

Rp515.000

3

Waterproofing Membran Bakar Casali Italy 3 mm

Tebal 3 mm, panjang 10 m per roll

Rp530.000

4

Membran Bakar Wisproof Italy 4 mm

Tebal 4 mm, panjang 10 m per roll

Rp535.000

5

Waterproofing Membran Bakar Tom Bostik 3 mm

Tebal 3 mm, panjang 10 m per roll

Rp575.000

6

Waterproofing Membran Bakar Proofex Torchseal 3P 3 mm

Tebal 3 mm, panjang 10 m per roll

Rp670.000

7

Membran Bakar Granule 3 mm

Tebal 3 mm, panjang 10 m per roll

Rp720.000

8

Membran Bakar BASF Masterpren 2003 3 mm

Tebal 3 mm, panjang 10 m per roll

Rp990.000

9

Sika Membran Bakar Bitumen T 130 SG

1 roll

Rp1.010.500

10

Waterproofing Membran Bakar Fosroc Provex Tourchseal 3 mm

Tebal 3 mm, panjang 10 m per roll

Rp1.507.500


Sebaiknya pastikan kembali bahwa jasa layanan pemasangan membran bakar yang nanti akan Anda pilih memang sudah berpengalaman, profesional, dan mampu memberi hasil yang baik. Ingat, Anda harus memilih jasa pemasangan membrane bakar terbaik, ya.

0 komentar

Post a Comment