Monday, 17 September 2018

Dokumen-dokumen Persiapan Swakelola


Swakelola adalah pekerjaan yang dilaksanakan sendiri, baik oleh Instansi Penanggung Jawab Anggaran, Instansi Lain Pelaksana Swakelola maupun Kelompok Masyarakat. Sebagai konsekwensi administrasi dari memilik melaksanakan swakelola, maka pembuatan dokumen-dokumen terkait swakelola adalah keharusan agar proses Pengadaan Barang/Jasa memenuhi prinsip akuntabel.

Sayangnya, ketentuan-ketentuan tentang Pelaksanaan Swakelola belum dilengkapi dengan contoh-contoh dokumen yang harus dibuat, sehingga Pelaksana Swakelola sering mengalami kesulitan dan akhirnya tidak membuat atau membuat namun tidak memenuhi substansi yang seharusnya ada.

Berikut ini kami berikan rancangan dari format dokumen persiapan swakeola dari Bapak Samsul Ramli yang dapat digunakan dalam seluruh rangkaian pelaksanaan Swakelola. Dokumen tersebut terdiri dari MoU, Surat Perjanjian Swakelola, Surat Penugasan/Pembentukan Tim Swakelola, KAK, Gambar Rencana dan Spesifikasi Teknis Pekerjaan, Jadual Pelaksanaan Pekerjaan, RAB, dan sebagainya. Sebagai sebuah contoh, dokumen yang sudah dibuat perlu dilengkapi dan disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Contoh Format Dokumen Persiapan Swakelola (Klik)


No comments:

Post a Comment