Cara Menjadi Agen Cat dan Rincian Modal Untuk Buka Usaha Toko Cat

Author -  Muzaki L

Membuka usaha dari berbagai macam sektor memang terkadang dibutuhkan bagi seorang yang bermental pebisnis. Salah satunya dengan menjadi agen cat. Jangan ragu untuk membuka bisnis usaha agen toko cat karena barang ini banyak dibutuhkan orang. Untuk memulai usaha ini dibutuhkan pengetahuan berapa kira-kira modal usaha toko cat ini. 

Selain rincian modal, pebisnis toko cat juga memerlukan kerja keras dan disiplin dalam melakukan pekerjaan sehingga usaha bisa berkembang seiring berjalannya waktu. Ada beberapa hal yang menjadi masukan untuk para pengusaha baru khususnya bidang cat seperti dalam artikel ini. 




Cara Menjadi Agen Cat dari Berbagai Merk


Cat adalah bahan yang digunakan oleh sebagian orang untuk membuat penampilan seperti rumah, barang-barang, dan lainnya semakin bagus. 

Ada berbagai macam merk cat yang bisa digunakan untuk mempercantik sebuah hunian. Nah sebagai pemula yang ingin membuka toko cat maka perlu menyaipakan beberapa hal berikut:


  • Mengenal jenis dan merk dari cat yang ingin dijual. 
  • Menyiapkan rincian modal usaha toko cat yang tepat dan mumpuni sehingga bisa membeli barang dagang awal. 
  • Fokus terhadap layanan kepada konsumen dan harus banyak belajar mengenai pelayanan yang baik kepada pelanggan. 
  • Menanamkan sikap jujur pada apapun dan tidak mematok harga terlalu tinggi. 
  • Survei harga cat yang dijual di pasaran dan memberikan harga yang bersaing. 
  • Jangan memberikan pelayanan hutang pada 1 bulan pertama. 
  • Lakukan pembukuan yang tepat untuk barang dagang masuk dan keluar. 
  • Buatlah laporan setiap akhir minggu dan akhir bulan sehingga sistem keuangan lebih tertata. 


Dalam pembuatan usaha toko cat ada baiknya untuk menata sedemikian rupa di awal. Mengenai budgeting modal, pelayanan, sampai dengan pelaporan dan arus kas sehingga lebih tertata lagi. 


Analisis Modal Usaha Toko Cat


Penting halnya melakukan analisis rincian modal usaha toko cat karena dibutuhkan untuk di tahap awal dan menentukan harga jual cat di kemudian hari. Jika modal disesuaikan dengan tepat maka bisa berguna untuk menata keuangan kedepannya. 

Jika masih bingung berapa modal yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha cat maka bisa melihat pada beberapa poin di bawah ini:

  • Sewa ruko Rp. 10.000.000,- sampai dengan Rp. 15.000.000,- per tahun. 
  • Membeli barang dagang (produk cat berbagai macam merk) Rp. 50.000.000,-.
  • 3 buah lemari etalase digunakan untuk meletakkan contoh produk Rp. 3.500.000,-. 
  • Membuat banner tulisan 3 buah Rp. 500.000,-. 
  • Membeli buku nota dan catatan Rp. 100.000,-. 
  • Membeli persiapan plastik Rp. 200.000,-. 
  • Biaya tidak terduga Rp. 1.000.000,-.


Dalam analisa rincian modal usaha toko cat ini harus dibuat dengan detail sehingga bisa digunakan sebagai acuan yang jelas. Dengan begitu, pebisnis tidak akan mengeluarkan uang di atas budget yang ditentukan. 

Jika melihat dari rincian di atas sebenarnya untuk bisnis ini memiliki modal yang bisa dibilang cukup besar. Cobalah untuk menjalankan sebuah usaha yang lebih terarah dengan strategi jitu.

Strategi Toko Cat Agar Laris dan Sukses




Keberhasilan toko akan tergantung pada seberapa besar niat dan minat dari sebuah pemiliknya. Namun, kunci dari semuanya adalah konsistensi karena tidak ada hasil yang instan. Pada saat membuka toko cat maka ada baiknya untuk menggunakan strategi di bawah ini:


1. Mengenal Jenis dan Merk Cat


Pertama, yang bisa dilakukan adalah mengenali jenis dan merk cat itu sendiri. Penjual harus mengetahui dengan baik product knowledge cat. Pasalnya, di pasaran terdapat banyak cat seperti cat tembok, cat kayu, cat besi, dan masih banyak lagi. Saat sudah memahaminya maka disini bisa menentukan sebuah konsep bisnis yang baik. 

Bukan hanya jenis saja, untuk merknya juga beragam sehingga harus diketahui terlebih dahulu merk apa yang sekiranya banyak diminati oleh pembeli. Lakukan sebuah survey atau analisa kecil sehingga dapat mengetahui merk yang banyak dijual di pasaran. 


2. Memberikan Pilihan Banyak Merk


Memang untuk melakukan sebuah penentuan merk apa yang akan dijual adalah dengan melakukan survey. Akan tetapi, ada baiknya juga menyediakan berbagai macam merk sehingga pembeli tidak terbatas pada merk itu saja. 

Saat ini, banyak merk cat dengan keunggulan masing-masing sehingga bisa menjadi sebuah keunggulan toko saat memiliki berbagai macam jenis cat di satu toko ini. 


3. Tambahkan Pilihan Warna yang Menarik

Cat adalah sesuatu yang akan membuat barang tersebut menarik sehingga Anda bisa menambahkan berbagai macam pilihan warna. Saat ini, warna-warna terang, gelap, maupun monochrome juga banyak disukai oleh masyarakat. 


Dalam hal ini, jangan lupa untuk memberikan katalog yang baik dan bisa menunjang pilihan customer dengan mudah. 


4. Memiliki Partner atau Rekanan

Sebuah usaha memang tidak terlepas dari kebergantungan dengan rekanan atau partner bisnis. Contohnya saja untuk kerjasama toko cat ini harus memiliki sebuah rekanan seperti pabrik atau supplier besar yang menjadi tempat untuk membeli perlengkapan cat. 

Jika membeli cat di pasaran dan dijual kembali maka akan kurang tepat karena harganya sudah di mark up untuk diambil keuntungan oleh pihak penjual. Berbeda jika membeli cat di rekanan yang akan mendapatkan harga pabrik dan bisa dimark up sendiri untuk harganya. 

Pasalnya, dengan begini maka bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Harganya pasti jauh lebih murah untuk pabrik karena material cat langsung dijual ke tangan pertama dari pabrik cat. 


5. Carilah Tempat Toko Strategis

Jika produk dari berbagai macam merk dan warna sudah tersedia maka selanjutnya harus memberikan tempat toko yang strategis. Pasalnya, tempat ini menentukan prestasi dari toko apakah mudah dijangkau dengan pembeli atau tidak. 

Biasanya untuk tempat yang strategis ini terletak pada area pusat kota maupun di kawasan yang ramai penduduk. Bahkan untuk lokasi yang dipilih juga bisa seperti kawasan pengembangan properti. 

Dalam tempat yang strategis ini maka pembeli akan dengan mudah mengakses lokasinya. Selain itu, untuk di depan toko bisa diberikan sebuah banner yang bertuliskan beberapa merk cat yang dijual.  

Pembeli akan dengan mudah mengenali toko cat disertai dengan merk apa saja yang dijual. Jika semakin banyak merk yang dijual akan menjangkau lebih banyak pembeli dan berbagai macam kalangan.

Dengan mengetahui rincian modal usaha toko cat yang besar memang harus diimbangi dengan strategi yang baik sehingga dalam berbisnis memiliki sebuah acuan yang jelas. Jangan sampai membuat bisnis yang tidak tertata sehingga akan menimbulkan sebuah kerugian sendiri. 

0 komentar

Post a Comment