Kumpulan Contoh Ringkasan Eksekutif, Cara Membuat dan Perbedaannya dengan Policy Brief

Author -  Muzaki L

Apakah Anda sedang merencanakan untuk menjalin kerjasama bisnis dengan investor? Jika ya, maka sangat penting untuk memahami ringkasan eksekutif atau executive summary. Adapun salah satu tujuan dari ringkasan ini adalah untuk menarik investor sehingga berminat untuk bekerjasama.

Executive summary sendiri sangat diperlukan ketika Anda mengajukan sebuah proposal bisnis atau kerjasama kepada pihak lain. Ringkasan ini akan menjelaskan secara garis besar mengenai usaha yang dikembangkan sehingga lebih mudah dipahami meskipun hanya dalam waktu singkat.




Apa itu Ringkasan Eksekutif


Pada dasarnya executive summary merupakan salah satu komponen dalam perencanaan bisnis. Isinya berupa ringkasan atau gambaran singkat mengenai bisnis yang akan diinformasikan kepada pihak lain, seperti investor. Oleh karena itu ringkasan tersebut harus dibuat semenarik mungkin.

Executive summary ini juga sering disebut sebagai ringkasan bisnis. Meskipun merupakan sebuah ringkasan yang singkat, namun di dalamnya memuat informasi tentang rencana bisnis secara menyeluruh. Mulai dari jenis produk, anggaran, proses produksi, target pasar serta cara pemasaran.

Baca juga: Mengenal Metode BCP (Business Continuity Plan) Untuk Menjaga Kelangsungan Bisnis


Fungsi Ringkasan Eksekutif


Executive summary merupakan salah satu bagian penting dalam pengajuan proposal bisnis. Bahkan bisa dikatakan bahwa ringkasan tersebut menjadi pondasi awal bagi pelaku usaha untuk menjalankan bisnis. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa fungsi ringkasan bisnis yang perlu diketahui:


  1. Membantu pihak lain seperti investor memahami bisnis yang dikembangkan.
  2. Membantu investor yang memiliki kesibukan padat untuk membaca keseluruhan bisnis Anda dalam waktu singkat.
  3. Menarik minat investor sehingga tertarik untuk berinvestasi dalam bisnis yang diajukan.


Perbedaan Ringkasan Eksekutif dan Policy Brief


Berbeda dari executive summary yang memberikan gambaran singkat tentang bisnis yang dikembangkan, policy brief merupakan sebuah ringkasan analisa terhadap suatu kebijakan dengan tujuan mengidentifikasi isu tertentu dan membuat rekomendasi baru pada kebijakan yang dirancang.


Cara Membuat Ringkasan Eksekutif




Menyusun executive summary tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada beberapa komponen yang harus ada dalam ringkasan tersebut. Diantaranya adalah nama serta lokasi usaha, visi dan misi bisnis, deskripsi perusahaan, jenis produk yang ditawarkan, anggaran keuangan serta tujuan bisnis.


Selain memasukkan semua komponen yang telah disebutkan, Anda juga harus memperhatikan isi dari ringkasan. Secara garis besar, ringkasan bisnis memuat beberapa hal seperti berikut:

  1. Latar belakang permasalahan sehingga Anda memiliki ide untuk membangun bisnis tersebut.
  2. Solusi dari identifikasi permasalahan yang dijelaskan sebelumnya.
  3. Penjelasan mengenai kerjasama tim di dalam bisnis.
  4. Segmentasi pasar yang dituju untuk penjualan produk.
  5. Kompetitor beserta kekuatan dan kelemahannya.
  6. Ringkasan keuangan berupa rencana anggaran hingga target laba.
  7. Pencapaian dalam bisnis.


Dalam menyusun ringkasan bisnis, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal seperti penulisan yang singkat, padat dan jelas, penggunaan gaya bahasa yang kuat, diletakkan pada bagian akhir, menyesuaikan dengan pembaca, hingga memprioritaskan keunggulan dari bisnis yang dijalankan.


Contoh Ringkasan Eksekutif




Dalam menyusun ringkasan bisnis, maka Anda bisa berpedoman pada beberapa cara seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Adapun contoh dari ringkasan tersebut akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini.


1. Makanan 

Salah satu contoh executive summary pada bisnis makanan adalah seperti berikut:

Risoles Mayo Lezat merupakan jenis makanan yang berisi sayuran dan daging dengan tambahan saus mayonaise. Bahan adonannya terdiri dari tepung terigu, mentega, kuning telur serta susu atau air. Sangat nikmat disantap bersama saus sambal ataupun cabai.

Usaha risoles mayo ini melibatkan berbagai pihak dengan visi dan misi yang sama. Pengembangan usaha risoles mempertimbangkan beberapa aspek seperti ketersediaan bahan baku yang mudah didapatkan, harga relatif murah dan banyak disukai oleh masyarakat.

Contoh lain ringkasan eksekutif usaha kuliner:  



Baca juga: Cara Mengurus PIRT dengan Mudah

2. Toko Kue


Berikut ini adalah salah satu contoh executive summary untuk bisnis toko kue:


Cake Liberty bertujuan memberikan kue dengan cita rasa lezat dan kekinian. Berada di pusat Kota Semarang, diharapkan bisa menjadi toko kue yang terbaik bagi pelanggan untuk memilih kue sesuai momen spesialnya, apakah pernikahan, ulang tahun atau hari spesial lainnya.

Kue ini menampilkan bentuk yang unik dengan cita rasa yang sangat lezat, sementara dari segi harga cukup terjangkau. Karena kami bukan sekedar mencari keuntungan tetapi juga berkomitmen menjaga kualitas kue agar tetap menjadi yang terbaik.


3. Pakaian

Berikut ini adalah salah satu contoh executive summary untuk bisnis plan pakaian:

Perusahaan yang telah kami dirikan ini bernama Lucky Distro yang bergerak dalam bidang produksi fashion. Perusahaan yang berdiri sejak tanggal 8 November 2015 ini telah menghasilkan berbagai item fashion dengan model dan konsep yang unik.

Perusahaan kami didirikan untuk memenuhi kebutuhan fashion masa kini dengan konsep yang selalu mengikuti perkembangan zaman. Saat ini kami berencana membuka outlet baru di beberapa kota demi memenuhi kebutuhan fashion yang semakin meningkat.

Baca juga: Usaha Thrift Store


4. Cafe

Berikut ini adalah salah satu contoh ringkasan eksekutif bisnis plan cafe yang perlu diketahui:

Cafe 88 merupakan bisnis kuliner yang bertujuan memberikan ruang nyaman bagi masyarakat yang ingin menikmati waktu luangnya dengan bersantai dan berkumpul bersama sahabat ataupun keluarga.

Cafe 88 sudah berdiri sejak tahun 2018 dan hingga saat ini masih tetap eksis dengan jumlah pelanggan yang semakin meningkat. Hal ini menjadi salah satu alasan bagi kami untuk membuka gerai baru di beberapa tempat.

Cafe kami menyediakan dua ruangan dengan konsep indoor dan outdoor dengan dekorasi yang unik bergaya klasik ala rumahan. Hal ini sesuai dengan visi kami yang ingin menjadi tempat singgah senyaman rumah sendiri.

Selain menjual kenyamanan, kami juga unggul dalam hal cita rasa. Racikan kopi tradisional dan modern kami sajikan dengan cara yang unik sehingga memberikan kesan tersendiri bagi pelanggan. 

Baca juga: Ide Desain Gambar Dinding Cafe

5. Startup

Berikut ini salah satu contoh executive summary untuk bisnis startup:

Menjawab tingginya kebutuhan masyarakat akan informasi tentang layanan travel dan pariwisata, kami menyediakan layanan tersebut secara lengkap. Melalui aplikasi yang kami sediakan, masyarakat bisa dengan mudah mengakses informasi yang dibutuhkan.

Dengan memanfaatkan teknologi online, kami menyediakan layanan yang lengkap dengan potensi pertumbuhan sangat pesat. Untuk mengembangkan produk dan layanan dengan fitur menarik, kami didukung oleh tim yang ahli di bidangnya.


Ringkasan eksekutif atau sering juga disebut sebagai ringkasan bisnis merupakan gambaran singkat dari bisnis yang dijalankan. Ringkasan tercantum dalam proposal bisnis sehingga memudahkan investor mempelajari kerjasama bisnis yang diajukan. Itulah mengapa ringkasan harus padat dan jelas.

0 komentar

Post a Comment