Apa itu Perusahaan Sekuritas? Berikut Daftar Sekuritas Terbaik

Author -  Nidaur Rahmah

Perusahaan sekuritas adalah salah satu badan usaha yang penting yang bertugas untuk memfasilitasi mekanisme kegiatan jual beli saham di pasar modal.

Bagi investor pemula atau yang akan mencoba terjun dalam dunia investasi, informasi dasar mengenai istilah sekuritas ini sangat penting untuk dipahami agar nantinya bisa memilih perusahaan sekuritas terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

Silahkan temukan jawabannya pada artikel di bawah ini terkait apa itu perusahaan sekuritas, layanan yang diberikan, perusahaan sekuritas terbaik, dan tips memilih sekuritas sebagai tempat untuk menanamkan danamu.

Apa Pengertian dari Perusahaan Sekuritas?


Sekuritas adalah bukti kepemilikan saham di sebuah perusahaan publik. Dan istilah ini di Indonesia sering digunakan untuk merujuk pada perusahaan sekuritas itu sendiri. 

Sementara itu definisi perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang menjalankan kegiatan usaha yang mewakili posisi kepemilikan saham dalam perusahaan publik dan telah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Perusahaan sekuritas tersebut bertindak sebagai Perantara Pedagang Efek, Penjamin Emisi Efek, atau lainnya sesuai ketentuan Pengawas Pasar Modal

Agar mudah dipahami bagi investor pemula, berikut ini kami berikan gambarannya:

Kamu sebagi seorang investor tidak bisa membeli saham secara langsung dari sebuah perusahaan publik yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Oleh karena itu, perusahaan sekuritas yang bertugas menjembatani atau menjadi perantara bagi para investor dan perusahaan atau emiten yang ingin melakukan perdagangan saham.

Perusahaan sekuritas yang beroperasi di Indonesia sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu perusahaan sekuritas lokal dan perusahaan sekuritas asing.

Sementara itu, di pasar modal sendiri banyak para pelaku yang mengikuti pergerakan perusahaan sekuritas asing. Hal ini dikarenakan, transaksi yang dilakukan pada perusahaan sekuritas asing yang beroperasi di Indonesia biasanya cukup besar dan berpotensi menggerakkan harga saham tertentu.

Riset-riset yang dilakukan perusahaan sekuritas asing juga terbilang cukup mendalam sehingga para investor bisa memanfaatkannya sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan transaksi jual-beli.

Sayangnya, biaya atau fee jual beli di perusahaan sekuritas asing lebih tinggi, yaitu berkisar 0,35% untuk transaksi jual dan  0,25% untuk transaksi beli. Sedangkan, biaya atau fee untuk tiap transaksi jual beli saham di perusahaan sekuritas lokal lebih murah, yaitu berkisar antara 0,15%-0,25% saja. 

Nah, pilihannya ada di tangan kamu, mau memilih perusahaan sekuritas terbaik yang mana, asing ataukah lokal? Kalau bisa, pilihlah perusahaan sekuritas lokal yang mempunyai riset pasar yang bagus.

Layanan Kegiatan Usaha Perusahaan Sekuritas




Dari laman resmi OJK menyebutkan bahwa umumnya ada dua layanan kegiatan usaha yang dilakukan oleh perusahaan sekuritas. Namun, perusahaan sekuritas tersebut tidak menutup kemungkinan melaksanakan layana lain yang masih sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh pihak OJK.

Adapun dua layanan kegiatan usaha dari perusahaan sekuritas adalah:

1. Perantara perdagangan efek (broker-dealer)

Sebagai perantara perdagangan efek (broker-dealer), layanan kegiatan usaha yang dijalankan oleh perusahaan sekuritas adalah:

  • Menjalankan layanan jual beli efek (surat berharga) untuk kepentingan perusahaan sendiri atau pihak lain.
  • Menjalankan layanan jual beli saham dan obligasi yang dapat dilakukan melalui bursa efek atau di luar bursa (transaksi over the counter).


2. Penjamin emisi efek (underwriter)

Layanan yang dijalankan perusahaan sekuritas lainnya adalah sebagai penjamin emisi efek (underwriter). Artinya, perusahaan sekuritas memiliki tugas untuk membantu calon emiten (perusahaan terbuka) dalam melaksanakan Penawaran Umum Perdana (initial public offering/IPO) di pasar modal perdana, dengan atau tanpa kewajiban untuk membeli sisa efek (surat berharga) yang tidak laku terjual.

Perbedaan Perusahaan Sekuritas dan Perbankan Investasi


Mungkin banyak yang bertanya, apakah perusahaan sekuritas itu sama halnya dengan lembaga perbankan investasi? Jawabannya adalah tidak, namun keduanya memiliki hubungan yang saling berkaitan.

Perusahaan sekuritas bertugas dan bertanggung jawab sebagai perantara investor dalam proses perdagangan di pasar modal. Sedangkan tugas perbankan investasi adalah bertanggung jawab untuk membantu perusahaan sekuritas atau pemerintah/lembaga dengan cara menerbitkan surat berharga atau efek di pasar modal.

Perusahaan Sekuritas Terbaik di Indonesia





Memilih perusahaan sekuritas terbaik tentunya menjadi salah satu pertimbangan bagi kamu untuk mulai berinvestasi di tahun ini. Predikat sebagai perusahaan sekuritas terbaik tidak hanya dilihat dari lamanya perusahaan tersebut aktif di dunia investasi, namun masih banyak indikator lain yang bisa dijadikan pertimbangan.

Indikator atau kriteria sebuah perusahaan sekuritas dikatakan sebagai anggota bursa terbaik dapat dilihat dari sejumlah penghargaan yang diterimanya dari BEI. Dua di antaranya adalah perusahaan tersebut mendapatkan pertumbuhan investor yang tinggi dan juga ditunjuk sebagai penjamin emisi terbaik untuk kategori aktivitas penjaminan dan penjaminan saham.

Beberapa perusahaan sekuritas terbaik adalah sebagai berikut.

  • Indo Premiere Sekuritas
  • Mirae Asset Sekuritas Indonesia
  • Danareksa Sekuritas
  • BNI Sekuritas
  • BCA Sekuritas
  • Mandiri Sekuritas
  • Panin Sekuritas 
  • NH Korindo Sekuritas Indonesia
  • Trimegah Sekuritas
  • Equity Sekuritas Indonesia
  • Indosurya Bersinar Sekuritas




Tips Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik bagi Investor Pemula



Memilih perusahaan sekuritas adalah sesuatu yang tidak bisa dilakukan secara sembrono, terkebih bagi kamu yang merupakan investor pemula. Nah, berikut ini adalah tips memilih perusahaan sekuritas terbaik:

1. Terdaftar OJK dan Terdaftar sebagai Anggota Bursa di BEI

Tips pertama dan yang paling utama dalam memilih sekuritas adalah memastikan bahwa perusahaan sekuritas tersebut sudah terdaftar di OJK dan BEI.

Hal ini untuk menjamin bahwa semua transaksi yang kamu lakukan dalam pasar modal tersebut aman karena telah mendapatkan izin dan diawasi oleh OJK sebagai lembaga yang berwenang.


2. Memberikan Kemudahan Transaksi

Pada dasarnya, hampir semua perusahaan sekuritas saat ini sudah menerapkan sistem jual beli secara online karena mereka juga harus beradaptasi dengan teknologi untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak. 

Namun, kamu sebiaknya mencari tahu betul-betul bagaimana proses transaksi yang harus kamu lalui di perusahaan sekuritas tersebut, mulai dari aplikasi dan website yang disediakan, serta faktor-faktor penting lainnya terkait dengan transparansi dan kemudan yang diberikan.

3. Hasil Riset Pasar

Perusahaan sekuritas yang baik haruslah rutin memberikan analisis-analisis terkait kondisi pasar saat itu. Kamu bisa menjadikan riset-riset perusahaan sekuritas tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan aktivitas investasi.

Jika kamu merasakan analisis perusahaan yang bersangkutan lebih mendalam dan sesuai kebutuhanmu, perusahaan sekuritas tersebut bisa kamu pertimbangkan untuk kamu pilih.

4. Fee atau Biaya Transaksi Jual Beli

Tips keempat yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih perusahaan sekuritas terbaik adalah tentang fee atau biaya transaksi.

Fee ini merupakan salah satu pendapatan setiap perusahaan sekuritas. Dan setiap perusahaan sekuritas memiliki ketentuan fee yang berbeda-beda.

5. Customer service

Tips yang terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah customer service dari sebuah perusahaan sekuritas itu sendiri. Pilihlah perusahaan sekuritas yang memiliki layanan CS yang baik sehingga ketika kamu mendapatkan kendala ataupun ingin mengetahui pengetahuan investasi mereka akan melayanimu dengan sebaik-baiknya.

0 komentar

Post a Comment