Tugas dan Alat-Alat Marketing Public Relations Sebuah Perusahaan

Pada prinsipnya praktik public relations adalah suatu aktivitas yang harus direncanakan sebagai sebuah bentuk usaha yang terus menerus dilakukan untuk dapat menjalin hubungan yang baik antara suatu organisasi dengan masyarakat.

Pada era globalisasi ini peran Marketing Public Relations (MPR) menjadi semakin penting karena menjadi suatu bagian dari organisasi/perusahaan. 

Marketing Public Relations menekankan pada pemberian informasi, bukan pada selling (seperti kegiatan periklanan). Selain itu, MPR juga memberikan pendidikan dan upaya peningkatan pengetahuan mengenai suatu merek produk/jasa sehingga akan lebih mudah diingat oleh pelanggannya. 

Dengan tingkat komunikasi yang lebih intensif dan komprehensif maka Marketing Public Relations ini menjadi suatu konsep yang lebih tinggi dibandingkan iklan biasa.

Tujuan Marketing Public Relations


Marketing public relations memiliki program untuk menjaga reputasi perusahaan dan produknya agar tidak mengalami kemerosotan. Adapun tujuan dari marketing public relations adalah:

  1. Menciptakan citra positif dari perusahaan di mata masyarakat.
  2. Mendorong terjalinnya hubungan yang baik antara perusahaan dengan masyarakat.
  3. Membantu fungsi marketing.
  4. Membangun brand awareness dan brand knowledge agar lebih efektif.
  5. Mendukung bauran pemasaran (promotion mix) perusahaan.

 

Tugas dan Alat-Alat Marketing Public Relations

 
Adapun tujuan Marketing Public Relations dalam upaya mencapai tujuan utama organisasi/perusahaan adalah sebagai berikut:

  1. Mengupayakan kesadaran konsumennya terhadap produk (brand awareness)
  2. Membangun citra perusahaan sehingga konsumen memiliki kepercayaan atas merek yang ditawarkan/digunakannya. 
  3. Membangun reputasi melalui suatu artikel sponsor (advertorial) tentang kegunaan dan manfaat suatu produk sehingga konsumen terdorong rasa keingintahuannya.
  4. Melakukan efesiensi biaya promosi iklan komersial, baik di media elektronik maupun media cetak.
  5. Meningkatkan pelayanan kepada konsumen sehingga konsumen dapat terlayani dengan puas, termasuk ketika mengatasi keluhan-keluhan (complain handling) dari konsumennya.
  6. Membantu mengkampanyekan peluncuran produk-produk baru.
  7. Mengkomunikasikan kepada masyarakat luas tentang aktivitas dan program kerja perusahaan yang berkaitan dengan kepedulian sosial dan lingkungan hidup sehingga publikasi yang disampaikan bernilai positif di mata masyarakat/publik.
  8. Membangun citra perusahaan atau merek produk barang dan jasa yang dihasilkan, baik dari segi kuantitas maupun kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumennya.

Adapun alat-alat utama yang diperlukan dalam Marketing Public Relations adalah:

a. Terbitan (publishing)

Sebuah organisasi/perusahaan sangat tergantung dengan terbitan (publishing) untuk menjangkau dan mempengaruhi target pasarnya. Bahan terbitan ini mencakup brosur, artikel atau berita berkala, majalah perusahaan, laporan tahunan, dan bahan-bahan audio visual lainnya yang digunakan sebagai alat untuk menyampaikan informasi kepada publik.

b. Acara (event)

Sebuah organisasi/perusahaan dapat menarik perhatian publik dengan menyelenggarakan acara atau event seperti seminar, pameran dagang, kontes dan kompetisi. Di saat itulah saat yang tepat untuk memperkenalkan produk terbaru perusahaan kepada masyarakat.

c. Memberikan bantuan dana sponsor

Bagian marketing public relations dari sebuah perusahaan dapat mempromosikan merek produknya dengan cara mensponsori seminar, pertandingan olahraga, acara budaya, dan lain sebagainya.

d. Berita

Salah satu tugas marketing public relations adalah memproduksi artikel berita yang menguntungkan tentang perusahaan, termasuk tentang produknya dan orang-orang yang bekerja di dalamnya. MPR berusaha untuk berengosiasi agar pihak media mau menerima siaran pers dan menghadiri konferensi pers terkait dengan bahan berita yang akan disampaikan.

e. Program CSR

Sebuah organisasi/perusahaan yang baik tidak hanya memikirkan bagaimana perkembangan usaha dan kesejahteraan pegawai dan keluarganya. Melainkan, perusahaan juga harus memberikan pengaruh yang baik terhadap lingkungan sekitar. Salah satu alat yang bisa digunakan oleh marketing public relations agar bisa menyampaikan pesan perusahaan dan berkontribusi kepada masyarakat adalah dengan Corporate Social Responsibility atau CSR.

Pentingnya Keberadaan Marketing Public Relations dalam Sebuah Perusahaan 

 

Keberadaan Marketing Public Relations (MPR) dalam suatu organisasi/perusahaan sangatlah penting sekali. Ia akan menciptakan komunikasi yang baik kepada masyarakat, terutama kepada pelanggannya, yang berkaitan dengan impresi dari perusahaan dan produk -produknya sesuai dengan kebutuhan, keinginan, perhatian dan kesan dari konsumen.

Dengan adanya MPR di sebuah organisasi/perusahaan, akan menciptakan program-program perusahaan yang lebih  efektif, hal ini dikarenakan :

  1. MPR mampu membangun brand awareness (kesadaran akan merek) dan brand knowledge (pengetahuan akan merek).
  2. MPR mampu membangun efektivitas pada area “increasing category usage” dan  “increasing brand sales”
  3. Dengan adanya MPR dalam beberapa hal dianggap lebih hemat biaya dibandingkan apabila perusahaan memasukkan produknya melalui jasa periklanan. Dalam artian, lebih cost-effective dari biaya media periklanan yang terus mengalamai peningkatan.

Itulah ulasan mengenai Marketing Public Relations yang berkaitan dengan berbagai aspek perluasan pengaruh, informatif, persuasif, dan edukatif, baik segi perluasan pemasaran atas suatu produk barang atau jasa, maupun yang berkaitan dengan perluasan citra organisasi/perusahaan.

0 komentar

Post a Comment