Apa itu Seragam PDL dan PDH, dan Tips Memilih Perusahaan Jasa Konveksi

Sebuah perusahaan atau instansi umumnya memiliki pakaian/seragam khusus sebagai salah satu bentuk identitas. Beberapa perusahaan  menerapkan beberapa jenis pakaian seragam khusus yang disesuaikan dengan fungsinya, seperti seragam PDL (pakaian dinas lapangan) untuk pekerja lapangan dan seragam PDH (pakaian dinas harian) untuk pekerja di kantor.

Pakaian seragam dinas PDL dan PDH tersebut biasanya dilengkapi pula dengan perlengkapan lainnya seperti sepatu dan kaos kaki PDL/PDH, sabuk atau ikat pinggang, kopel rim, dahrim, topi pet/baret, dan aksesoris kelengkapan lainnya.

Seragam PDL dan PDH

Perbedaan PDL dan PDH

Sesuai dengan namanya Pakaian Dinas Lapangan, PDL merupakan seragam pegawai yang dibuat untuk digunakan saat melaksanakan tugas yang berhubungan dengan kegiatan di luar (lapangan). Sedangkan Pakaian Dinas Harian, PDH merupakan seragam pegawai yang dikenakan dalam melaksanakan tugas sehari-hari di lingkungan kerja atau pada area tertutup.


Berikut ini adalah ulasan selengkapnya mengenai perbedaan seragam PDL dan PDH:

Kemeja PDL (Pakaian Dinas Lapangan)

Karakter pakaian seragam ini memiliki kain yang tebal, kuat, awet, dan memiliki aksesoris tertentu seperti saku dan kancing untuk mendukung tugas-tugas di luar kantor. Se;ain itu, kriteria seragam PDL dilengkapi dengan kantong, skoder atau lencana di bagian pundak, dan memiliki tali pengait yang memudahkan saat lengan baju digulung.

Seragam PDL ini sering dipakai oleh instansi pemerintah maupun swasta untuk mengesankan profesionalitasnya.  Pakaian yang digunakan untuk dinas lapangan ini juga dapat dikombinasikan dengan kain batik atau kain lainnya.

Beberapa rekomendasi kain yang cocok digunakan sebagai kemeja PDL di antaranya adalah: kain American drill bulltop, nagata drill, ripstop, taipan drill, valextra canvas dan beberapa kain sejenis lainnya.


Kemeja PDH (Pakaian Dinas Harian)


Kriteria dari seragam PDH (pakaian dinas harian) adalah pilihan jenis kainnya yang memilki tekstur halus agar menampilkan kesan formal, rapi dan elegan saat digunakan. Salah satunya jenis kain American Drill Verlando.

Kemeja PDH dapat dibuat dengan berlengan panjang maupun pendek, yang dilengkapi kerah, kancing, dan kantomg pada bagian depan dengan logo dari perusahaan, Adanya logo yang ditempelkan pada seragam PDH ini tentu dapat memudahkan masyarakat untuk mengenali instansi kamu.

Jenis Kain Seragam PDL dan PDH



Karena seragam PDL dan PDH dibuat untuk tujuan yang berbeda maka jenis bahan kain yang digunakan untuk membuatnya pun juga berbeda. Namun, ada beberapa yang bisa digunakan untuk keduanya seperti jenis drill.


Berikut ini adalah pilihan jenis kain drill yang bisa dipertimbangkan untuk pembuatan seragam kantor:
  1. Japan Drill

    Japan drill merupakan salah satu jenis kain drill yang populer digunakan untuk membuat seragam khususnya untuk seragam lapangan. Karakteristiknya kuat, tebal, dan paling disukai karena memiliki komposisi katun lebih banyak dari pada kandungan polyester.
  2. American Drill

    American drill merupakan jenis kain dari campuran polyester dan katun. Jenis kain ini cocok dipakai untuk seragam kerja indoor ataupun lapangan.
  3. Taipan Drill

    Taipan drill merupakan jenis kain yang memiliki tekstur lentur dan tidak mudah kusut jadi sangat cocok untuk memberikan kesan formal, namun tetap nyaman dikenakan.
Selain kain drill ada juga jenis kain lain yang dapat digunakan untuk membuat seragam PDL dan PDH, yaitu sebagai berikut ini:
  1. Poliester

    Sebagai bahan seragam PDL dan PDH, kain poliester merupakan jenis kain yang dapat dikelompokkan kedalam jenis low twist ataupun high twist. Jenis kain twist yang bersifat halus dan berbobot sedang, dan memiliki ketahanan yang tinggi sangat sesuai untuk pakaian kerja dinas atau seragam harian pada umumnya.

  2. Twill Cotton

    Kain twill cotton memiliki permukaan yang sama dengan jenis kain drill. Karena sifatnya yang kuat dan tahan lama, jenis kain twill cotton banyak digunakan untuk kemeja lapangan, jaket (baik jaket kantor atau jaket lapangan), dan celana lapangan bentuk cargo.
  3. Kanvas

    Kain kanvas merupakan jenis kain yang masih termasuk kedalam keluarga cotton, lebih tepatnya katun dan linen. Jenis kain kanvas terdiri dari kanvas marsoto, kanvas oxford, dan kain kanvas ribstop dengan variasi guratan kotak kotak di permukaannya.

Fungsi dan Manfaat Seragam PDL PDH


Pakaian seragam seperti yang dikenakan oleh anggota ABRI, TNI, POLRI, PNS, Security, Satpol PP dan dinas lainnya saat melaksanakan tugasnya merupakan baju PDL atau PDH. Fungsi dari penggunaan baju tersebut tidak lain adalah sebagai identitas untuk mempermudahkan masyarakat umum atau instansi terkait untuk membedakannya.

PDL dan PDH ini bukan hanya sekedar pakaian seragam dan formalitas kantor saja yang menunjukan simbol identitas bagi pemiliknya. Namun pegawai yang memakai seragam PDL dan PDH akan juga mendapatkan manfaatnya seperti di bawah ini:
  • Melindungi dan menjaga keamanan karyawan. Dengan bahan pakaian pilihan, yang disesuaikan dengan penggunaannya, seragam PDL dan PDH ini mampu membantu melindungi karyawan dari cuaca maupun lingkungan. Contohnya seragam montir mobil atau petugas Damkar.
  • Meningkatkan kepercayaan diri pemakai dan sekaligus kredibilitas sebuah perusahaan atau institusi. Seragam PDL dan PDH akan membuat konsumen/klien lebih mengenal sekaligus mempercayakan kebutuhan mereka pada perusahaan atau institusi tersebut.

Tips Menemukan Perusahaan Konveksi Kemeja PDL dan PDH Berkualitas


Pemesanan kemeja PDL dan PDH yang dibuat dalam jumiah besar tentunya perlu untuk mencari perusahaan jasa konveksi yang tepat. Pilihannya bisa mempertimbangkan lokasi konveksi di kota mu atau berdasarkan pertimbangan dari rekomendasi teman kamu yang pernah memakai jasanya.

Untuk saat ini cukup mudah mencari perusahaan jasa konveksi yang berkualitas dan dapat menyelesaikannya sesuai dengan tenggat waktu, tidak harus jasa konveksi berada di dekat daerah mu. Kamu dapat menemukannya pada perusahaan jasa konveksi online.

Dalam memilih perusahaan jasa konveksi online, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Pilih konveksi yang memiliki track record bagus sehingga desain dan pemilihan bahan sesuai dengan pesanan yang telah disepakati.
  2. Pilih jasa konveksi yang bertanggung jawab bila ada cacat barang atau masalah lainnya saat pengerjaan.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat pemesanan seragam PDL dan PDH, yaitu sebagai berikut:

  1. Pemilihan jenis bahan disesuaikan dengan lingkungan kerja.

    Pilihlah jenis bahan yang tepat sehingga pakaian dinas kamu nyaman untuk dikenakan. Misalnya pada pakaian dinas lapangan yang digunakan pada medan berat, pastikan menggunakan bahan kain yang nyaman dan tidak mengganggu kegiatan yang kamu lakukan.
  2. Pilih ukuran seragam

    Pemesanan seragam PDL dan PDH tak selalu berukuran all size. Setiap pegawai yang bekerja dalam suatu perusahaan atau instansi biasanya memiliki ukuran baju yang berbeda-beda mulai dari ukuran S, M, L, dan XL, serta ukuran lain yang disesuaikan dengan kebutuhan pegawai.
  3. Pilih warna kain, model seragam (lengan panjang atau pendek), desain dan logo yang diinginkan.

Demikian;ah penjelasan mengenai perbedaan seragam Pakaian Dinas Lapangan (PDL) dan Pakaian Dinas Harian (PDH).  

1 komentar:

  1. Sukses terus ya kak, boleh dong kak mampir juga ke situs kami fitinline disini Anda bisa belanja bahan kain untuk pembuatan Seragam PDH dan PDL dengan kualitas baik dan harga yang murah.

    ReplyDelete