4 Strategi dan Cara Memulai Usaha Toko Plastik dengan Sukses

Author -  Muzaki L

Ingin menjalankan usaha dengan modal yang tidak terlalu besar? Pertimbangkan untuk mempelajari cara memulai usaha toko plastik. Selain memerlukan modal yang tidak terlalu besar, usaha plastik juga bisa lebih diandalkan karena barang semacam ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

Produk plastik terdiri dari berbagai macam mulai dari kantong plastik, kotak nasi, sendok plastik, kertas bungkus minyak, gelas plastik, sedotan, kotak mika, dan lain sebagainya. Keunggulan bisnis jualan plastik ini adalah tidak akan membusuk sehingga risiko/kerugiannya bisa dikatakan hampir tidak ada. Sebelum mulai terjun dalam usaha toko plastik, ada beberapa hal yang perlu dipelajari dengan mandalam terlebih dahulu agar usaha ini bisa mendatangkan lebih banyak keuntungan.





Modal Usaha Toko Plastik dan Analisa Keuntungan


Hampir seluruh bisnis memerlukan modal di awal, entah besar atau kecil. Untuk memulai usaha toko plastik sendiri, Anda perlu mempersiapkan beberapa perlengkapan dan modal yang cukup. Beberapa rincian modal usaha toko plastik yang bisa Anda gunakan sebagai referensi adalah:


Daftar Barang yang Diperlukan

Perkiraan Harga dalam Rupiah (Rp)

Lemari atau etalase

2.500.000 hingga 3.000.000

Sewa toko setiap tahun (jika belum punya tempat usaha sendiri)

15.000.000 hingga 16.000.000

Rak kayu atau rak barang

3.000.000 sampai 4.000.000

Gaji satu orang karyawan per bulan

1.500.000

Belanja produk plastik untuk dijual

25.000.000 hingga 50.000.000

Biaya air dan listrik per bulan

600.000 sampai 700.000

Peralatan toko

500.000

Transportasi

500.000



Dilihat dari tabel yang ada di atas, modal paling kecil yang dibutuhkan untuk mempelajari cara memulai usaha toko plastik adalah sebesar Rp 48.600.000. Siapkan dana minimal 50 hingga 100 juta untuk mengantisipasi berbagai biaya tidak terduga. Bagaimana jika modal yang ada tidak sebanyak itu?

Ada alternatif yang bisa dipertimbangkan jika dana masih terbatas. Salah satunya adalah dengan mengurangi jumlah produk plastik yang akan dijual. Atau bisa juga dengan menggunakan rumah pribadi sebagai tempat untuk memulai usaha sehingga tidak perlu membayar biaya sewa toko.


Cara Menata Barang Dagangan di Toko Plastik agar Menarik




Salah satu kunci sukses menjalankan usaha toko plastik adalah mengetahui trik khusus untuk menata produk plastik yang Anda jual. Dengan memahami cara menata berbagai produk plastik, pemilik usaha akan membuat segala macam produk terlihat menarik dan produk pun lebih mudah ditemukan.

1. Tata seluruh produk dengan rapi

Kebersihan serta kerapihan merupakan faktor yang sangat penting karena bisa menarik perhatian para calon pelanggan. Rak-rak yang rapi dan terbebas dari debu akan membuat pembeli tidak ragu untuk mendekat dan melihat produk apa saja yang Anda sediakan.

2. Seluruh produk harus mudah dilihat

Saat memajang produk plastik di berbagai rak yang telah dipersiapkan, pastikan dulu rak pajangan Anda menghadap ke luar atau ke arah pembeli. Sehingga pembeli bisa dengan mudah mengamati dan menemukan berbagai produk yang diinginkan tanpa harus menyentuh barang tersebut.

3. Kelompokkan setiap jenis barang

Agar para pembeli nyaman dalam berbelanja, Anda harus memastikan para pembeli bisa menemukan produk dengan mudah. Artinya, produk plastik yang dipajang dalam rak harus ditata sesuai dengan kelompoknya. Berikan tanda atau label agar pembeli bisa melihat posisi setiap jenis produk.

4. Mudah untuk dijangkau

Biasanya, berbagai produk plastik akan diambilkan oleh karyawan toko. Artinya, tinggi rak dan produk yang disimpan di toko tidak boleh terlalu tinggi agar karyawan bisa mengambil produk dengan cepat dan mudah dan tidak membuat pembeli menunggu terlalu lama.

Rata-rata tinggi badan karyawan toko wanita adalah sekitar 150 hingga 160 cm. Pertimbangkan tinggi badan karyawan sebelum menyediakan rak dan menata berbagai produk plastik. Pembeli yang dilayani dengan cepat biasanya akan merasa puas dengan pelayanan toko dan menjadi pelanggan setia.

5. Pertimbangkan keamanan

Saat melakukan penataan produk plastik, keamanan harus menjadi yang paling utama. Produk plastik yang bobotnya lebih berat sebaiknya diletakkan di bagian bawah rak dan yang lebih ringan di bagian atas rak. Hindari menumpuk produk plastik terlalu tinggi agar rak tetap seimbang dan aman.



Cara Memulai Usaha Toko Plastik dengan Strategi Jitu



Ada beberapa strategi yang akan sangat mempengaruhi penjualan produk plastik Anda. Dengan menerapkan strategi berikut ini, penjualan bisa ditingkatkan sehingga pemasukan pun bisa meroket.


1. Pilih lokasi yang terbaik


Lokasi yang terbaik adalah yang mudah dilihat dan dikenali oleh para pembeli. Pastikan lokasi toko Anda berada di tempat yang strategi, seperti di dalam pasar, di dekat pasar, di pusat kota, serta di tempat yang berdekatan dengan para pedagang UMKM.


2. Temukan supplier terbaik

Agar toko plastik yang Anda Kelola bisa bersaing dengan toko plastik yang lainnya, Anda perlu memilih supplier yang terbaik. Supplier bisa mempengaruhi barang yang Anda jual. Pilih supplier yang menyediakan barang berkualitas tapi dengan harga paling murah.

Pertimbangkan selisih harga yang ditawarkan. Perbedaan 500 hingga 1.000 rupiah saja bisa berpengaruh sangat besar terhadap laris tidaknya produk plastik yang Anda jual. Bandingkan setiap supplier yang menawarkan produknya dan pilih yang paling menguntungkan.


3. Tentukan harga dengan benar

Penentuan harga produk plastik juga bisa mempengaruhi laris tidaknya usaha Anda. Biasanya, usaha plastik juga menyediakan berbagai produk bahan kue. Jika produk yang Anda jual adalah produk plastik saja, harga jual produk sebaiknya antara 10 hingga 30% lebih tinggi dari harga supplier.

Dan kalau Anda juga menjual berbagai bahan kue, maka keuntungan yang bisa Anda pertimbangkan adalah antara 5 hingga 20% dari harga yang diberikan oleh supplier.

4. Buka toko secara online

Toko fisik di lokasi yang strategis akan menarik orang-orang yang membutuhkan plastik di daerah tersebut. Tapi Anda juga bisa menjangkau para calon pembeli di lokasi yang lebih jauh dengan cara menjalankan toko online. Gunakan marketplace untuk membuka toko online secara gratis.

Anda juga bisa melakukan promosi dengan gratis dan mudah melalui akun media sosial. Karena saat ini segala sesuatu bisa dilakukan secara online, banyak orang lebih suka membeli secara online, terlebih lagi kalau barang yang dibeli tidak terlalu banyak. Manfaatkan kesempatan ini.

--

Sebelum terjun dalam bisnis jual beli plastik, pelajari berbagai keterangan mengenai cara memulai usaha toko plastik, termasuk modal yang harus dipersiapkan, cara menata produk agar menarik perhatian para pembeli, dan strategi berjualan dengan sukses agar toko Anda semakin berkembang. 

0 komentar

Post a Comment