2021-09-26

Perbedaan Komunikasi Syncrounus dan Asyncrounus, Berikut Contohnya!

Author -  Lubis Muzaki

Ada banyak jenis komunikasi yang perlu kita pelajari. Salah satunya adalah komunikasi syncrounus. Jika membicarakan komunikasi ini maka pasti akan membicarakan asyncronous. Untuk lebih memahaminya, tentu harus mengetahui contoh komunikasi syncronous dan asyncronous terlebih dahulu.

Secara singkat komunikasi syncronous dan asyncronous bisa didefinisikan sebagai komunikasi sinkron dan tidak sinkron. Tentunya kedua hal tersebut mempunyai makna yang sangat berbeda antara satu dengan lainnya.




Pengertian Komunikasi Syncrounus 


Sebelum mengetahui tentang contoh komunikasi syncronous, maka sebaiknya cari tahu terlebih dahulu pengertian dari syncronous. Istilah komunikasi syncronous sebetulnya merujuk kepada bagaimana cara berkomunikasi antara pengirim dan penerima sehingga dapat diterima dengan baik oleh kedua pihak. 

Jadi, komunikasi syncronous tersebut memang diatur sedemikian rupa dengan baik dan terencana. Secara umum pengaturan ini juga didasarkan kepada waktu tertentu untuk mengirimkan sinyal tertentu. Nantinya waktu tersebut akan diatur oleh denyut listrik yang kemudian disebut sebagai clock

Syncronous juga bisa diartikan sebagai sistem operasi untuk suatu kejadian yang terjadi pada kurun waktu bersamaan, berkesinambungan serta bisa diprediksi. Misalnya, bertelepon. Pasti kegiatan ini seringkali Anda lakukan, bukan?

Pada syncronous, kendali akan dikembalikan ke proses pengguna setelah selesainya segala proses yang dikerjakan. Hal ini sangat berbeda dengan asyncronous. Pada komunikasi ini, kendali akan dikembalikan ke proses dari pengguna tanpa perlu menunggu proses selesai. 

Hal tersebutlah yang membuat proses dapat dijalankan secara bersamaan. Jika dilihat dari ritme waktu penggunaan, mungkin komunikasi syncronous jauh lebih kerap dilakukan dibandingkan dengan asyncronous. Bahkan Anda sendiri juga sering melakukan prose komunikasi seperti ini. 

Syncronous Vs Asyncronous 


Antara syncronous dan asyncronous memiliki perbedaan yang cukup kentara. Bahkan jika dilihat dari definisinya saja sudah sangat berbeda dan cenderung bertolak belakang. Lantas, apa saja sebenarnya perbedaan syncronous dengan asyncronous paling jelas dan mendetail?

1. Definisi

Apabila dilihat dari definisinya saja tentu sudah berbeda. Syncronous merupakan komunikasi online yang terjadi secara langsung dengan media daring. Sementara itu, asyncronous adalah komunikasi online yang dilakukan secara tidak langsung. 

2. Fleksibilitas Waktu 

Perbedaan berikutnya ada pada fleksibilitas waktu. Pada komunikasi syncronous memiliki pengaturan waktu tertentu. Akan tetapi, untuk komunikasi asyncronous justru tidak tergantung dengan waktu yang tetap. Jadi, kapan saja bisa melakukan komunikasi ini dengan baik. 

3. Frekuensi Penggunaan 

Jika dilihat dari segi frekuensi penggunaan, maka komunikasi syncronous lebih terlihat nyata dan senantiasa terus dilakukan. Sementara itu, frekuensi penggunaan komunikasi asyncronous tidak sesering komunikasi syncronous. 

Metode Syncronous 




Pelaksanaan komunikasi syncronous ternyata juga melibatkan sejumlah metode. Apalagi jika berkaitan dengan pendidikan. Bahkan di sejumlah penelitian ilmiah, hal seperti ini juga kerap disinggung dan dipelajari dengan baik. Khususnya untuk pembelajaran, maka ada dua metode yang bisa dijalankan. 

1. Live Syncronous Learning 

Dalam pembelajaran sebetulnya dikenal yang namanya live syncronous learning atau ruang belajar secara tatap muka. Ruang belajar seperti ini dilakukan secara bersamaan atau biasa disebut sebagai pembelajaran tatap muka. Semua kegiatan pembelajaran disini diadakan dalam ruangan sama. 

Sayangnya, kegiatan seperti ini belum bisa dilakukan sekarang. Tentunya pandemi sangat membatasi aktivitas bersekolah dan mengikuti pembelajaran seperti biasa. Bahkan hanya sekedar keluar rumah pun terasa sulit dilakukan. 

2. Virtual Syncronous Learning 

Selain live syncronous learning juga dikenal yang namanya virtual syncronous learning. Ini merupakan metode pembelajar dalam ruang belajar namun secara tatap maya. Jadi, tidak langsung dilakukan secara bersama-sama dalam suatu ruangan tertentu.

Alih-alih demikian, justru pembelajaran dilakukan dalam jangka waktu bersamaan namun pada ruangan berbeda. Misalnya, di rumah, di perpustakaan, di perjalanan dan sebagainya. Di tempat manapun diperkenankan asalkan tidak secara berdekatan atau dalam lokasi sama. 


Contoh Syncronous 

Agar lebih memahami seperti apa sebenarnya makna komunikasi syncronous, maka sebaiknya simak beberapa contohnya terlebih dahulu. Beberapa contoh komunikasi syncronous  diantaranya ialah seperti berikut. 

1. Chatting 

Hampir semua orang pernah melakukan chatting. Dengan demikian, maka mereka sudah melakukan komunikasi daring secara syncronous. Kegiatan chatting yang dimaksud bisa lewat WhatsApp, Telegram, DM Instagram dan sebagainya. 

Chatting mempunyai beberapa fungsi diantaranya sebagai sarana berkomunikasi paling mudah, efisien dan cepat, sarana untuk saling melakukan konsultasi, untuk menjalin hubungan dengan orang lain hingga berkumpul dalam grup multiple chat. 

2. Video Call 

Contoh lainnya dari komunikasi syncronous adalah video call. Lewat video call dua orang lebih bisa berkomunikasi dengan baik. Video call tersebut bisa dilakukan menggunakan handphone maupun laptop dengan software tertentu. Misalnya, WhatsApp, Zoom, Google Meet, Skype dan sebagainya. 

Sama halnya seperti chatting, video call juga memiliki fungsi penting sebagai sarana komunikasi masa kini. Fungsi video call diantaranya untuk dapat tetap terhubung dengan orang lain, berdamai dengan emosi di masa pandemi, jauh lebih mudah berkomunikasi baik secara grup maupun personal dan sebagainya. 

3. Teleconference 

Selain chatting dan video call ternyata juga ada teleconference yang menjadi contoh aktivitas lainnya dari komunikasi syncronous. Saat ini frekuensi penggunaan teleconference semakin banyak dilakukan khususnya bagi perusahaan-perusahaan dengan para klien. 

Teleconference akan mempermudah Anda dalam menjalin komunikasi dengan rekan kerja secara formal dan lebih baik lagi. Bahkan cara komunikasi seperti ini selalu diandalkan bagi banyak pekerja kantoran untuk meeting maupun mengadakan suatu diskusi penting secara daring. 

Dengan mengetahui contoh komunikasi syncronous, maka kiranya bisa membuat Anda jauh lebih memahami seperti apa pemaknaannya. Saat ingin melakukan komunikasi secara syncronous, sebaiknya cobalah lakukan dengan bijak dan berhati-hati.

0 komentar

Post a Comment