Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus

Author -  Nidaur Rahmah

Banyak orang senang mengabadikan kenangan dalam bentuk foto. Agar kenangan tersebut semakin hidup, kamu bisa membingkainya dengan frame yang indah dan unik, kemudian memajangnya di ruang tamu. Ikuti cara membuat bingkai foto dari kardus untuk menciptakan bingkai yang paling menarik.

Bingkai foto biasanya memang terbuat dari bahan yang lebih keras, seperti kayu. Tapi kalau foto yang akan dipajang sangat banyak, kamu akan membutuhkan banyak dana untuk membeli bingkai berbahan dasar kayu. Padahal ada bahan lain yang lebih murah untuk dipakai membuat bingkai yang indah dan dapat dikerjakan sendiri, salah satunya yang akan kita bahas di bawah ini .



Alat dan Bahan untuk Membuat Bingkai Foto

Untuk membuat bingkai foto yang unik dan istimewa, kamu perlu mempersiapkan beberapa bahan terlebih dahulu. Beruntung, bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan untuk membuat bingkai foto ini sangat mudah untuk didapatkan. Berikut ini berbagai alat dan bahan yang akan kamu butuhkan.

  • Gunting
  • Cutter
  • Pensil
  • Lem
  • Kertas warna-warni sesuai selera.
  • Kardus
  • Penggaris
  • Lem tembak
  • Bahan dekorasi seperti Mutiara, renda dekoratif, plastik mika, manik-manik, atau dekorasi lain yang ingin kamu tambahkan ke bingkai foto buatan sendiri.

Setelah semua bahan dan alat siap di atas meja, kamu bisa langsung melanjutkan ke bagian berikutnya, yaitu cara pembuatan bingkai foto dengan menggunakan kardus sebagai bahan dasar atau bahan utamanya.

Baca juga: Aneka Produk Kerajinan dari Bahan Lunak

Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus

Agar bingkai foto yang kamu ciptakan sendiri di rumah tampak menarik, indah, dan rapi, kamu perlu mengikuti semua langkah yang ada di bawah ini dengan teliti. Pastikan untuk berhati-hati dalam menggunakan peralatan yang tajam, apalagi jika kamu membuat bingkai bersama anak-anak.




1. Ambil kardus yang tadi sudah kamu siapkan lalu gunakan pensil dan penggaris untuk menandai kardus yang akan dijadikan sebuah bingkai foto. Perhatikan garis yang kamu gambar, pastikan sudah benar-benar lurus.

2. Kemudian potong kardus pada bagian yang sudah ditandai sehingga kamu akan mendapatkan bagian dasar dari bingkai foto. Lalu potong karton lain dengan lebar 3 cm tapi jangan lebih panjang dari panjang dan lebar bingkai karton. Buat 3 potong karton selebar 3 cm.

3. Selanjutnya potong karton lain lagi dengan ukuran lebar 0,5 cm saja dan panjangnya sama dengan karton selebar 3 cm yang sudah kamu persiapkan tadi. Setelah potongan-potongan karton kecil sudah siap, rekatkan karton 0,5 cm pada karton selebar 3 cm.

4. Berikutnya tinggal tempelkan saja potongan karton yang sudah kamu rekatkan tadi ke bagian belakang dari bingkai foto kardus yang tadi sudah kamu siapkan sebelumnya. Potongan-potongan karton tersebut berfungsi untuk memegang dan menahan foto yang kamu letakkan.

5. Sekarang saatnya membuat stand atau penyangga untuk bingkai foto dari kardus. Ambil kertas yang berwarna kemudian tandai dengan pensil sesuai dengan ukuran setiap bingkai foto yang akan kamu lapisi. Sisakan sedikit di bagian tepi untuk meletakkan lem.

6. Potong di sepanjang tanda yang sudah kamu buat dengan pensil kemudian tempelkan kertas berwarna tersebut ke bingkai foto kardus.

7. Kemudian masukkan satu lembar kertas yang akan menjadi background atau bagian belakang dari bingkai foto kardus. Lalu buat sebuah stand dengan menggunakan bahan kardus yang lebih kuat daripada kertas biasa. Tempelkan stand ini di kertas dalam bingkai.

8. Tambahkan kertas warna sesuai dengan yang digunakan pada bingkai foto untuk membuat stand bingkai foto menempel lebih kuat ke bagian belakang bingkai foto dari kardus.

9. Lalu kamu bisa mulai mendekorasi bingkai foto dari kardus yang sebenarnya sudah jadi ini. Langkah pertama adalah menempelkan Mutiara di tepi dalam bingkai foto dari kardus. Lalu tempelkan renda dekoratif di badan bingkai foto hingga hampir tertutup sepenuhnya.


10. Agar tampak lebih elegan lagi, kamu bisa menempelkan Mutiara di bagian tepi luar bingkai foto mengitari renda dekoratif. Lalu tempelkan manik-manik di bagian tengah renda sehingga bingkai foto akan terlihat semakin indah.

11. Setelah bingkai foto kardus selesai dihias, kamu bisa mulai memilih foto yang terbaik dan memasukkan foto pilihanmu beserta plastik mika di bagian depan foto ke bingkai yang sudah selesai dibuat. Langkah terakhir adalah memasangkan bagian stand bingkai foto.

Sekarang foto kenangan yang paling menarik bisa diletakkan di atas meja ruangan manapu yang kamu inginkan. Kalau ada beberapa foto yang akan dipajang, kamu bisa mengulangi langkah-langkah nomor satu hingga nomor delapan untuk membuat beberapa bingkai foto lainnya.

Agar tampak jauh lebih menarik, kamu bisa mengabaikan langkah nomor 9 dan 10 dan coba untuk menghias setiap bingkai foto dengan dekorasi yang berbeda. Misalnya, kamu bisa mencoba menghias bingkai foto kardus dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Dekor dengan kertas majalah
Via stylesatlife.com

Jika kamu mempunyai beberapa majalah bekas yang tidak terpakai, ambil beberapa lembar halamannya kemudian gulung menjadi gulungan-gulungan kecil yang panjangnya sama dengan panjang dan lebar bingkai foto dari kardus.

Potong gulungan kecil kertas majalah jika panjangnya melebihi lebar dan panjang bingkai foto. Kemudian tempelkan ke keempat sisi bingkai foto hingga memenuhi badan bingkai tersebut.

  • Hiasi dengan batang korek api

Via mycrafts.com

Atau, gunakan batang korek api untuk melapisi badan bingkai foto. Pastikan kamu mengatur korek api agar terlihat unik setelah ditempelkan di badan bingkai foto. Tidak perlu menghilangkan bagian kepala dari batang korek api karena bagian tersebut bisa dimanfaatkan untuk menciptakan motif.

Tidak perlu membeli bingkai foto yang mahal atau membuat bingkai foto dengan desain yang terlalu rumit. Cukup ikuti cara membuat bingkai foto dari kardus yang ada di atas lalu kembangkan dengan kreativitasmu sendiri. Selain itu, kreativitas ini bisa kamu salurkan untuk menjadi hobi yang menghasilkan cuan lho, salah satunya dengan memproduksinya dalam jumlah yang besar dan menjualnya di pasaran. Kamu juga bisa meniru contoh-contoh yang ada di internet atau media sosial.

0 komentar

Post a Comment