Yuk Ketahui Variabel Dependen Vs Independen, Contohnya Mudah Dipahami!

Istilah variabel independen dan dependen tentu sudah tidak asing bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia research and development (RnD). Secara garis besar, variabel independen adalah variabel yang dapat menyebabkan variabel dependen mengalami perubahan.

Variabel sendiri bisa diartikan sebagai besaran yang dapat diubah atau berubah sehingga berpengaruh pada hasil penelitian. Variabel merupakan bagian penting yang tidak boleh dihilangkan dalam penelitian. Dengan adanya variabel maka akan lebih mudah untuk memahami suatu permasahalan. 

Nah, selengkapnya mengenai perbedaan variabel dependen dan variabel independen akan dijelaskan pada artikel di bawah ini.



Apa yang Dimaksud dengan Variabel Dependen?


Variabel dependen adalah variabel yang memiliki karakteristik bergantung pada variabel independen. Variabel dependen sendiri tidak akan didapatkan tanpa memiliki variabel independen. Variabel dependen juga dikenal sebagai variabel ouput, konsekuensi atau kriteria.

1. Karakteristik Variabel Dependen

Variabel dependen memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan variabel independen.  Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah karakteristik dari variabel dependen yang perlu diketahui:

  • Variabel dependen merupakan perubahan yang terjadi karena adanya perubahan pada variabel bebas atau varabel independen. 
  • Variabel dependen terpengaruh oleh perubahan yang dihasilkan variabel independen.
  • Variabel dependen digunakan sebagai acuan untuk mengukur pengaruh variabel independen dalam peneltian.
  • Pengukuran variabel dependen dilakukan karena variabel tersebut menggambarkan proses yang seharusnya dipengaruhi oleh variabel bebas atau independen.
  • Karena sifatnya yang tergantung pada variabel independen, maka variabel dependen juga dikenal sebagai variabel terikat.

Kualitas variabel dependen disebut baik jika sebuah penelitian yang sama diulang menggunakan partisipan, kondisi, serta manipulasi penelitian yang sama mampu menghasilkan efek yang sangat mirip pada variabel dependen seperti yang sebelumnya.

2. Cara membuat Variabel Dependen

Dalam membuat variabel dependen, Anda harus mampu membedakannya terlebih dahulu dengan variabel independen. Caranya, ketahui dahulu manakah yang menjadi variabel yang mempengaruhi dan mana yang menjadi variabel yang dipengaruhi. Selanjutnya, Anda bisa membuat kalimat kausal dengan hubungan sebab akibat.

3. Contoh Penerapan Variabel Dependen dalam Penelitian

Dengan membuat kalimat yang bersifat kausal, maka akan lebih memudahkan untuk membuat variabel dependen. Berikut ini adalah contoh variabel dependen dalam penelitian:

Ketika Anda ingin mengetahui pertumbuhan suatu tanaman menggunakan pupuk yang berbeda. Maka harus dipahami terlebih dahulu mengenai apa yang akan diukur dalam penelitian tersebut. 

Dalam penelitian ini maka pupuk menjadi variabel independen, sementara tingkat pertumbuhan tanaman merupakan variabel dependen.  

Untuk mengetui tingkat pertumbuhan tanaman, maka Anda bisa menggunakan satu pupuk untuk mengetahui pertumbuhan tanaman dari waktu ke waktu. 

Anda bisa melanjutkannya dengan menggunakan pupuk lain untuk mengukur pertumbuhan tanaman dalam periode waktu yang sama.

Contoh lainnya dalam riset pasar, misalnya: 

Variabel dependen yang digunakan dalam sebuah penelitian yaitu pendapatan usaha pedagang di pasar Tanah Abang, Jakarta, dengan batasan bahwa pendapatan yang diteliti adalah pendapatan kotor atau pendapatan sebelum dikurangi dengan biaya produksi atau biaya pembelian harga pokok oleh pedagang. Dengan satuan pendapatan para pedagang tersebut diukur dengan mata uang Rupiah (Rp). 

Sedangkan variabel independen yang digunakan dalam penelitian tersebut yaitu modal kerja, jumlah pegawai yang dipekerjakan, dan lamanya usaha yang diukur dari pengalaman pedagang.

Apa yang Dimaksud dengan Varabel Independen?

Variabel independen adalah sebuah variabel yang dapat mempengaruhi atau menyebabkan terjadinya perubahan pada variabel terikat atau dependen. Jika variabel bebas atau independen berubah maka variabel dependen juga akan mengalami perubahan.

1. Karakteristik Variabel Independen

Variabel independen atau variabel bebas memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan variabel dependen. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah karakteristik dari variabel independen:

  • Variabel independen akan diukur atau dimanipulasi dan dipilih oleh peneliti untuk menentukan korelasi dengan gejala atau fenomena yang diamati.
  • Variabel bebas atau independen juga dikenal sebagai variabel argumen, yang di dalam persamaan matematika nilai dari variabel ini akan menentukan variabel dependen. 
  • Dalam statistik, variabel independen juga dikenal sebagai variabel prediktif. Yaitu sebuah variabel yang memanipulasi penelitian untuk mengetahui hubungan dengan kuantitas lainnya, atau yang menentukan kondisi berbeda dalam penelitian tersebut.
  • Variabel independen memiliki sifat yang lebih kompleks dan banyak yang beranggapan bahwa varabel bebas ini tidak tergangtung pada jenis manipulasi apapun.

2. Cara Membuat Variabel Independen

Agar lebih mudah untuk membuat variabel independen, maka Anda perlu memahami apa yang menjadi perbedaan antara kedua variabel ini.

Selain itu, perlu juga dipahami arti dari masing-masing variabel yang berasal dari kata-kata yang menjelaskan mengenai variabel yang akan digunakan. Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan persamaan kalimat di bawah ini:

  • Variabel dependen --------> dipengaruhi oleh variabel independen
  • Variabel independen ------> tidak mungkin dipengaruhi oleh variablel dependen

Anda bisa mencoba untuk memasukkan kalimat melalui cara yang rasional sehingga lebih mudah untuk mengidentifikasi setiap jenis variabelnya.  

3. Contoh Penerapan Variabel Independen dalam Penelitian

Sebagai gambaran, berikut ini adalah contoh penggunaan variabel independen dan variabel dependen dalan penelitian:

“Pengaruh Jumlah Air terhadap Tingkat Pertumbuhan Biji Kacang Hijau”

Dalam penelitian ini yang merupakan variabel independen adalah jumlah air sementara variabel dependennya adalah tingkat pertumbuhan biji kacang hijau. Apakah perbedaan jumlah air pada penelitian memengaruhi pertumbuhan biji kacang hijau atau tidak.

Variabel Dependen Vs Independen

Dari penjelasan mengenai pengertian dan karakteristik variabel independen serta variabel dependen yang telah diulas sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa perbedaan kedua variabel ini terletak pada pengaruhnya.

Dalam hal ini variabel independen sebagai variabel bebas tidak tergantung atau terpengaruh pada variabel dependen. Namun sebaliknya, variabel dependen merupakan variabel yang terikat dan terpengaruh pada perubahan variabel independen.

Dengan kata lain, jika variabel independen berubah maka hal itu akan menimbulkan perubahan pada variabel dependen secara signifikan. Karena variabel indepeden merupakan variabel yang mempengaruhi sedangkan variabel dependen adalah variabel yang dipengaruhi.

Dari uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa variabel independen dan variabel dependen merupakan dua hal yang sangat penting untuk mendukung suatu research and development.  

Variabel independen adalah variabel yang mempengaruhi variabel dependen sehingga menghasilkan perubahan yang bisa diukur dalam penelitian. Oleh karena itu sebelum melakukan penelitian, pastikan Anda sudah menentukan variabel independen dan dependen-nya dengan benar.

0 komentar

Post a Comment