Bahan Polyester: Karakteristik, Jenis, Keunggulan dan Kekurangan, dan Harganya

Bagi yang bekerja di dunia konveksi tentu tidak akan merasa asing dengan bahan polyester. Ini merupakan bahan yang umum digunakan untuk membuat pakaian tertentu. Bahan ini cukup berbeda dengan bahan wol, sutra maupun katun.

Jika katun, sutra dan wol merupakan bahan pembuat pakaian yang termasuk ke dalam kategori alami, namun polyester merupakan bahan kain buatan. Hal tersebut membuat polyester mempunyai karakteristik berbeda dengan bahan lainnya. Polyester juga terdiri atas tipe dan jenis yang berbeda.



Deskripsi tentang Bahan Polyester

Bahan polyester merupakan bahan untuk membuat kain atau tekstil menggunakan benang atau serat polyester. Serat polyester seperti ini dibuat dari senyawa kimia, asam tereftalat, ethylene glycol yang dikombinasikan dengan PET dari minyak bumi (petroleum). 

Serat polyester ditemukan pertama kali di Laboratorium WH Carothers pada tahun 1939. Kemudian, penemuan tersebut dikembangkan sekelompok ilmuwan berikutnya seperti JT Dickson, JR Whinfield, WK Birtwhistle serta CG Ritchie.

Ilmuwan-ilmuwan tersebut lalu menciptakan serat polyester pertama kali yang diberi nama terylene. Serat ini kemudian dipromosikan sebagai serat ajaib terbaik yang dapat dipakai selama 68 hari tanpa perlu proses penyetrikaan namun masih tetap terlihat rapi. 

Bukan hanya bisa dipakai untuk kebutuhan tekstil saja, akan tetapi polyester yang pada awalnya berbentuk cairan kristal rupanya dapat dipakai juga untuk keperluan industri. Bahkan dapat dipakai untuk pelapis anti panas serta pelindung mesin jet. 


Karakteristik Bahan Polyester

Bahan polyester tentu berbeda dari bahan pembuat kain dan pakaian lainnya. Karakteristiknya begitu khas sehingga sebetulnya sangat gampang untuk membedakannya dengan bakan pembuat kain maupun pakaian lainnya. Beberapa karakteristik bahan ini diantaranya:

1. Hidropofik 

Polyester mempunyai karakteristik yang kuat. Hal ini karena bahan ini bersifat cepat kering dan hidropofik. Jadi, walaupun terkena air maupun hujan sekalipun tetap saja pakaian dari polyester gampang dikeringkan. 

Dengan kemampuan bagus ini, maka Anda bisa memakai material polyester untuk pakaian khusus bagi kegiatan luar ruangan (outdoor). Tentu Anda sering menemukan pakaian outdoor yang terbuat dari bahan seperti ini, bukan?

2. Tidak Mudah Berkerut 

Pakaian yang terbuat dari polyester juga dikenal tidak mudah berkerut, meskipun dipakai berkali-kali dalam kurun waktu lama. Kemampuan ini tentu akan sangat menguntungkan bagi setiap pemakai pakaian polyester. 

Dengan karakteristik mengagumkan seperti ini pastinya membuat pakaian tidak akan mudah kucel walau sering digunakan. Tidak heran jika polyester menjadi pilihan terfavorit untuk dijadikan sebagai bahan pembuat kaos. 

3. Mampu Tahan Lama

Polyester juga dikenal sebagai bahan pembuat kain atau pakaian yang cenderung awet. Terlebih ketika dibandingkan dengan bahan lainnya. Tentunya karakteristik seperti ini akan membuat masa pakaian bisa bertahan jauh lebih lama lagi.

Tentunya tanpa akan menurunkan kualitas kain dan serat polyester secara keseluruhan. Jadi, jika Anda ingin menemukan material pembuat pakaian yang kuat dan tahan lama, maka dapat langsung menjatuhkan pilihan pada material polyester. 

4. Bisa Menahan Panas Tubuh 

Material polyester mempunyai serat yang kuat. Hal ini membuat pakaian jadinya akan mampu menahan panas tubuh secara maksimal. Kemampuan seperti ini tentunya sangat penting bagi Anda yang sering melakukan aktivitas outdoor. 

Kemampuan ini akan mampu menyimpan panas sehingga sering dipakai untuk membuat pakaian gunung maupun pakaian musim dingin. Tidak jarang pula material polyester dipakai untuk membuat pakaian khusus olahraga. 


Jenis-Jenis Bahan Polyester 

Setidaknya terdapat tiga jenis polyester yang umum dijumpai dalam dunia konveksi. Jenis-jenis polyester tersebut diantaranya PET, PCDT dan benang sintetis. Masing-masing variasi polyester tentu mempunyai keunggulan tersendiri. 

1. PET 


PET atau yang dikenal dengan Polyethylene Terephthalate ini merupakan jenis polyester yang sangat terkenal. Jenis serat ini mempunyai kelebihan yaitu bahannya dapat didaur ulang dan cukup hemat waktu ketika proses pengerjaan kain. 

2. PCDT 




PCDT atau poly-1, 4-cyclohexylene dimethylene terephthalate memang tidak sepopuler PET. Akan tetapi, material ini tetap mempunyai keunggulan. Keunggulannya ialah cocok sekali untuk produksi tekstil dengan karakteristik lebih berat seperti pembuatan tirai maupun aksesoris furniture lainnya 

3. Benang Sintetis 


Terakhir adalah benang sintetis. Benang ini kerap digunakan untuk membuat kain polyester. Contohnya, benang filamen, benang bertekstur dan benang pintal. Hal ini membuat kain polyester akan terlihat begitu mirip dengan kain dari bahan alami. 


Keunggulan dan Kekurangan Bahan Polyester

Persis seperti material pembuat pakaian lainnya, polyester juga memiliki sejumlah keunggulan maupun kekurangan. Untuk itu, jika ingin memilih material ini untuk membuat pakaian maka sebaiknya cermati nilai keunggulan dan kekurangannya terlebih dahulu. 

Adapun kelebihan dari bahan polyester jika digunakan sebagai bahan pembuat pakaian adalah sebagai berikut: 

  • Lebih tahan lama terhadap noda dan tidak gampang menyerap air. 
  • Material yang sangat ringan sehingga sangat cocok dijadikan bahan pembuat pakaian olahraga.
  • Tidak mudah menyusut meskipun sering dicuci. 
  • Dikarenakan berasal dari serat sintetis, maka harganya relatif terjangkau. 
  • Material ini dapat dicampur dengan material untuk menghasilkan kain terbaik. 
  • Polyester dapat didaur ulang dengan baik sehingga tidak akan dibuang sembarangan karena sukar terurai. 
  • Mudah dalam hal perawatan. 
  • Sangat kuat dan lentur. 

Sementara itu kekurangan dari bahan polyester adalah:

  • Tidak mempunyai sirkulasi udara yang baik sehingga membuat daya tahannya sangat terbatas. Hal ini membuat polyester tidak disarankan untuk membuat sprei. 
  • Material polyester mudah terbakar sehingga harus hati-hati dalam hal penyimpanan. 
  • Sangat sensitif terhadap suhu.
  • Tidak mempunyai tekstur yang lembut. 
  • Bisa menyebabkan iritasi karena terbuat dari bahan kimiawi. 

Harga Bahan Polyester


Bahan polyester merupakan material pembuatan kain yang terbuat dari bahan kimia atau sintetis. Hal ini membuat polyester bisa dibeli dengan harga terjangkau. Bahan seperti ini tentunya tidak mudah mengalami fluktuasi jika dibandingkan dengan serat alami lainnya seperti kapas.

Varian Polyester

Harga

Balotelli Polos High Twist 1 Roll

Rp.1.550.000,00.

Balotelli Polos High Twist 1 Meter

Rp.22.500,00.

BSY Kain Polyester Sublime Print Grade A 1 Meter

Rp.24.200,00.



Bahan polyester merupakan bahan yang cukup direkomendasikan untuk membuat kain maupun pakaian berkualitas lainnya. Misalnya, pembuatan pakaian olahraga, pakaian untuk hiking hingga pakaian musim dingin. 

0 komentar

Post a Comment