Baju Tactical: Karakteristik, Jenis, Keunggulan dan Kekurangan, serta Harganya

Belakangan ini baju tactical begitu booming di lingkungan masyarakat Indonesia. Bahkan sudah begitu banyak online shop yang menjual baju seperti ini dan menawarkan custom. Baju ini merupakan sejenis fashion item yang mampu membuat penampilan pemakainya begitu mirip dengan tentara. 

Sebetulnya baju ini termasuk ke dalam kategori kemeja PDL atau Pakaian Dinas Lapangan. Fungsinya juga sama dengan kemeja outdoor atau pakaian untuk kegiatan di luar ruangan. Biasanya pakaian ini akan terlihat sangat rapi dan berkelas. 



Deskripsi tentang Baju Tactical

Mungkin masih ada orang yang bingung tentang baju ini. Baju tactical merupakan jenis pakaian yang pada awalnya hanya dipakai oleh akademi militer. Namun, kini baju ini mulai berkembang ke berbagai macam komunitas baik pecinta alam, club motor, adventure, pramuka maupun organisasi lainnya. 

Pembuatan baju ini standarnya menggunakan bahan ripstop yakni brand khusus untuk membuat tipe style army dan sejenisnya. Bahan tersebut umum dibuat dari kain tenun nylon yang beredar luas di lingkungan masyarakat sekitar. 


Karakteristik Baju Tactical


Pakaian tactical tentu terlihat cukup berbeda daripada jenis pakaian lainnya di luar sana. Bahkan sekali melihatnya saja, orang-orang bisa langsung tahu bahwa pakaian tersebut merupakan jenis tactical. Lalu, apa saja yang menjadi karakteristik pakaian tactical?

  1. Terbuat dari material yang berkualitas. Biasanya terbuat dari bahan American drill, Japan drill, ripstop maupun kanvas. 
  2. Terlihat begitu macho/maskulin. 
  3. Mampu mengedepankan kesal formal, namun tetap bisa dipakai untuk keperluan casual.  
  4. Tersedia dalam model lengan pendek maupun lengan panjang.


Jenis-Jenis Baju Tactical 

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa pakaian tactical merupakan jenis pakaian yang monoton. Padahal ada begitu banyak jenis pakaian tactical yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. 

1. Kemeja Tactical 

  • Model W-Tac


Model W-Tac tidak begitu banyak mempunyai perekat. Perekat yang ada pada model W-Tac hanya terdapat pada bagian dada saja. Kemeja tactical model W-Tac biasanya dipakai oleh para pekerja yang berada di lapangan maupun outdoor. 

  • Model 511 




Ini merupakan model kemeja tactical yang terbuat dari material ribstop dengan banyak perekat di setiap sakunya. Mulai dari bagian dada, lengan dan sebagainya. Biasanya model 511 dipakai oleh para komunitas yang ingin terlihat jauh lebih macho dan keren. 

2. Kaos Tactical 

  • Kaos Tactical Bdu 


Kaos tactical Bdu merupakan jenis kaos yang bisa dibuat dari dua macam material berbeda yaitu bahan katun untuk tubuh dan ribstop untuk bagian lengannya. Secara umum kaos ini mempunyai begitu banyak perekat yakni pada bagian dada dan lengan. 


  • Kaos Tactical Biasa 




Selain kaos tactical Bdu, juga ada kaos tactical biasa. Disebut sebagai kaos tactical biasa karena memang terbuat dari material kaos biasa. Hanya saja ada bagian yang disablon secara kuat sehingga nantinya tidak gampang pecah. 


3. Celana Tactical

  • Model 511 



Ini merupakan model celana tactical yang terbuat dari material ribstop dengan bagian pelindung lutut mirip seperti knee pad atau deker. Pada bagian pinggangnya tidak menggunakan kancing melainkan menggunakan perekat. Hal ini membuatnya bisa mudah dipakai oleh siapa saja. 

  • W-Tack 




Sebetulnya model W-Tack hampir mirip dengan model 511. Hanya saja yang membedakannya ada pada bagian kneepadnya. Di samping itu, model W-Tack juga tidak mempunyai kancing pada bagian pinggang. Biasanya model celana ini dipakai sebagai kelengkapan seragam untuk kegiatan outdoor. 

  • Blackhawk



Celana ini merupakan salah satu celana tactical yang kepopulerannya sudah ada sejak zaman dahulu dan terus bertahan sampai sekarang. Bahkan tidak jarang yang menggunakan model celana ini untuk kegiatan harian. 

  • Under Amour 





Celana under amour merupakan jenis celana tactical keluaran terbaru. Celana ini terbuat dari material ribstop yang modelnya sangat mirip dengan celana blackhawk. Hanya saja celana ini mempunyai model saku agak miring dibandingkan dengan celana blackhawk. 

4. Aksesoris Tactical 

  • Sabuk Tactical 

 

Sabuk tactical mempunyai bentuk serupa dengan sabuk pada umumnya. Akan tetapi, sabuk ini mempunyai bagian lengan yang ternyata tidak dipunyai oleh sabuk lainnya. Sabuk tactical mempunyai kepala sabuk terbuat dari logam.

  • Topi Tactical 





Topi tactical mempunyai velcro yang tidak dimiliki oleh topi lainnya. Topi ini cenderung mempunyai bentuk layaknya topi baseball yang dapat digunakan untuk keperluan hangout maupun kegiatan lainnya yang bersifat outdoor. 

  • Tas Tactical 

Tas tactical mempunyai bentuk yang mirip seperti tas selempang maupun ransel biasa. Hanya saja yang membuatnya cukup berbeda adalah tas ini mempunyai banyak velcro pada tiap-tiap sakunya. Gunanya ialah untuk membongkar pasang bordir sesuai keinginan. 


Kelebihan dan Kekurangan Baju Tactical

Persis seperti baju lain pada umumnya, baju tactical dan kelengkapannya juga memiliki nilai plus dan minus. 

1. Kelebihan 

  • Baju awet dipakai karena terbuat dari material berkualitas. 
  • Mampu memberikan kesan formal, namun tetap dapat dipakai untuk keperluan casual. 
  • Terlihat selalu rapi. 
  • Variasi modelnya banyak. 
  • Mempunyai kelengkapan fashion yang lengkap seperti celana hingga aksesoris tactical. 


2. Kekurangan 

  • Modelnya terbatas. 
  • Cenderung menggunakan warna-warna gelap. 
  • Harganya relatif lebih tinggi dibandingkan baju biasa. 


Harga Baju Tactical

Tidak sedikit orang yang bertanya-tanya berapa sebenarnya harga baju tactical. Meskipun sebetulnya harga baju ini sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan baju biasa, akan tetapi harganya masih tetap mudah dijangkau. 

Harga baju ini berkisar mulai dari Rp.100.000,00 ke atas. Harga tersebut juga menyesuaikan dengan model dan material pembuatannya. Tentunya dimana ada barang berkualitas, pasti ada harga yang pantas. Apalagi ketika ingin terlihat keren. Cobalah miliki pakaian tactical sekarang.

Baju tactical tentu bisa melengkapi salah satu koleksi baju di lemari Anda. Jika Anda enggan mengenakan model kemeja, mungkin kaos tactical bisa menjadi salah satu ide terbaik. Lengkapi juga dengan koleksi celana dan aksesorisnya. 

0 komentar

Post a Comment