Rekomendasi Keramik Motif Batu Alam untuk Dinding Depan

Menggunakan bahan dari cat biasa untuk tembok rumah mungkin sudah menjadi hal biasa. Bagaimana kalau kamu mencoba untuk menggunakan keramik batu alam dengan motif tertentu untuk dinding depan rumah? Tentunya menarik, bukan?

Banyak orang memilih batu alam sebagai keramik dinding depan rumah karena dinilai mampu menciptakan kesan alami nan sejuk. Sejak satu dekade ini pemanfaatan keramik batu alam di Indonesia mulai menjadi tren terbaru dalam dunia arsitektur di kalangan masyarakat, terutama ketika banyak yang menggunakannya sebagai pot bunga atau media air mancur.

Selain dapat memberikan kesan yang lebih alami dan sejuk, pemilihan keramik batu alam sebagai dinding depan rumah juga bisa membuat bangunan tersebut terlihat lebih kuat.



Rekomendasi Keramik Motif Batu Alam untuk Dinding Bagian Depan Rumah ataupun Pagar


Sebagai pemilik rumah kamu harus cermat dalam memilih keramik batu alam untuk dinding bagian depan rumahmu. Mulai dari ukuran panjang dan lebarnya hingga jenis atau modal yang akan kamu pilih untuk menghiasi dinding rumahmu.

Nah, berikut ini akan dijelaskan beberapa daftar rekomendasi keramik motif batu alam yang menarik dan sesuai dengan trend saat ini. Yuk ikuti terus penjalasan berikut ini!


1. Keramik Batu Alam Sandstone untuk Dinding Pagar



Sandstone merupakan salah satu jenis batu alam yang memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi. Oleh karenanya banyak orang yang menggunakan model batu alam ini sebagai dinding pagar.

Untuk tampilan rumah yang lebih mewah, kamu bisa memadupadankannya dengan jenis batu alam  lainnya seperti batu alam palimanan.

Agar tidak ditumbuhi jamur maupun lumut, sebaiknya gunakan coating saat pemasangannya. Terlebih untuk keramik motif batu alam jenis sandstone ini yang memiliki pori-pori besar. Selain itu, pilihlah perekat batu yang kuat agar dapat bertahan terhadap cuaca ekstrim. Kamu juga perlu memperhatikan pola dan desain dalam mengaplikasikan sandstone ini ketika digunakan untuk dinding eksterior.


2. Keramik Batu Paliaman untuk Dinding Depan Bangunan



Batu palimanan merupakan salah satu jenis batu alam yang banyak ditemukan di daerah Cirebon. Keramik batu alam ini sangat cocok dijadikan sebagai pelapis dinding interior maupun dinding interior.Warnanya yang terang dan pori-porinya yang besar mengharuskan kamu untuk menambahkan zet pelapis khusus ketika proses pemasangan selesai.

Penggunaan keramik batu alam ini akan menampilkan kesan rumah yang hangat dan tidak kaku. Dengan begitu, tampilan rumah akan lebih tampak natural dan membuat penghuni lebih betah tinggal di rumah.

3. Keramik Batu Paras Jogja untuk Dinding Depan



Terdapat dua jenis batu paras Jogja, yaitu batu paras Jogja krem dan batu paras Jogja putih. Biasanya, harga batu paras Jogja warna putih lebih mahal karena memiliki tampilan yang lebih mempesona jika dibandingkan yang berwarna krem. 

Batu alam ini bisa dijadikan keramik pelapis dinding interior dan juga dinding eksterior rumah. Karena teksturnya yang lembut membuat rumah yang dipasangi batu alam ini akan terlihat lebih alami dan juga elegan.


4. Keramik Motif Batu Andesit untuk Dinding Pagar Depan Rumah

Batu alam jenis andesit merupakan material alam yang berasal dari gunung berapi. Umumnya andesit memiliki dua warna, yaitu abu-abu dan hitam. Batu alam ini sangat tahan terhadap cuaca, jamur, dan lumut sehingga sangat cocok apabila digunakan untuk dinding eksterior. 

Kamu pun tidak tidak perlu menambhkan lapisan khusus untuk mencegah tumbuhnya lumut dan jamur. Tidak heran jika batu alam andesit ini sangat populer digunakan oleh masyarakat untuk material rumah sejak dulu. 

5. Penggunaan Limestone untuk Dinding Depan Rumah


Pelapis dinding limestone dapat dijadikan pilihan material untuk menambah keindahan arsitektur pada fasad bangunan rumahmu. Namun, terdapat fungsi lain yang sangat penting dari penggunaan keramik limestone ini, yaitu batu alam ini mampu melindungi bagian bangunan dari kelembaban lho. Oleh karena itu, banyak orang memilih keramik motif batu alam ini sebagai pelapis dinding bagain depan.

Teknik Pemasangan Keramik Motif Batu Alam untuk Dinding Depan


Umumnya penggunaan keramik batu alam sebagai dinding depan ini disusun dengan teknik cladding, yaitu disusun secara acak atau berurutan dengan menggunakan beberapa warna sekaligus. 

Tampilan yang dihasilkan dengan cara cladding ini akan nampak seperti mozaik. Tentu saja, teknik ini cocok untuk diaplikasikan pada bagian fasad desain rumah modern.

Itulah beberapa rekomendasi keramik motif batu alam yang bisa kamu terapkan di dinding depan rumah. Apakah kamu tertarik untuk mengaplikasikannya sebagai dinding eksterior rumah ataupun pagar rumah? Keramik dengan motif batu alam tersebut akan mampu mencerminkan pemilik rumah adalah pecinta alam lho. Sebagai tips agar batu alam tersebut awet, gunakan pelapis zat khusus agar batu alam selalu terlihat indah dan terbebas dari lumut!

0 komentar

Post a Comment