Cara Mengukur Customer Engagement dan Tips Meningkatkannya

Author -  Nidaur Rahmah

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat interaksi antara pelaku usaha dan konsumennya tidak hanya dilakukan di kantor atau tokonya, melainkan juga dapat dilakukan melalui akun media sosialnya. Keterikatan hubungan antara pelaku usaha dan pelanggan ini biasa disebut sebagai customer engagement.

Sayangnya semua pebisnis tidak memahami apa itu customer engagement dan seberapa pentingnya startegi untuk meningkatkan customer engagement.

Untuk kamu yang ingin mempelajari lebih lanjuta mengenai dunia bisnis, khusunya pada bagian customer engagement ini, silahkan baca sampai selesai penjelasan di bawah ini.


 

Apa itu Customer Engagement? 


 

Customer engagement adalah sejauh mana setiap pelanggan mau berpartisipasi dan koneksi dengan
produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan, baik yang diawali oleh perusahaan terlebih dulu ataupun pelanggannya.

Customer engagement ini nantinya menilai bagaimana perilaku konsumen terhadap merek produk atau layanan tertentu, apakah akan melakukan tindakan pembelian ataukah tidak, yang merupakan hasil dari adanya dorongan aktivitas promosi yang dilakukan oleh perusahaan.

Cara Mengukur Customer Engagement pada Media Sosial

Dengan hadirnya media sosial, pelaku bisnis kini dimudahkan untuk mengukur customer engagement bahkan melihat reaksi pelanggan secara real time.

Misalnya, akun instagram sebuah perusahaan yang menjual mobil mewah telah memposting sebanyak 50 konten terkait dengan produk dan layanannya. Dan akun instagram tersebut diikuti 200.000 followers sehingga kemungkinan akan dilihat oleh 200.000 audiens lebih.

Nah, dari 50 postingan tersebut didapatkan sejumlah data respon sebagai berikut:

  • 750 komentar atau feedback.
  • 125 kali konten yang dibagikan atau di share.
  • 5000 likes.
  • Serta 90000 kali klik views video.


Nah, berdasarkan detail respon di atas, maka bisa diketahui bila nilai keseluruhan respon adalah berjumlah 95.875 respon. Lalu, untuk memperoleh rasio keterlibatan pelanggan pada 50 postingan tersebut, maka dapat digunakan rumus sebagai berikut:

(complete activity response/engagement : jumlah viewers) x 100%

Berdasarkan detail resppn diatas, maka perhitungan customer engagement nya adalah sebagai berikut:

(95.875: 200.000) x 100% = 0,48%

Jadi, rasio customer engagement  di dalam media sosial pada perusahaan mobil mewah tersebut adalah 0,48%. Nantinya, dari data ini perusahaan tersebut bisa melihat perkembangan customer engagement onlinenya secara per periode ke depan, apakah akan meningkat ataukah malah turun.

Mengukur rasio customer engagement ini sangatlah penting untuk kemajuan bisnismu. Dengan rasio tersebut, akan membantumu untuk mengetahui cara yang paling baik dalam mempertahankan pelanggan serta menarik banyak pelanggan baru lainnya.

Tips Cara Meningkatkan Customer Engagement


Terdapat banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan customer engagement, hal tersebut tergantung tingkat kreativitas, dan juga target atau tujuan perusahaan yang hendak dicapai.

Berikut ini adalah sejumlah ide yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan customer engagement, yaitu:

  1. Mencari hal-hal unik dan viral sesuai dengan trends pada saat itu sehingga banyak pelanggan yang tertarik pada postingan di akun media sosial bisnismu. Jika sudah, buatlah konten terkait dengan hal tersebut agar mampu menarik perhatian pelanggan dan membuat mereka mau membeli produk ataupun layanan yang kamu tawarkan.
  2. Membuat program giveaway setiap dua minggu, sebulan atau tiga bulan sekali. Program tersebut pastinya aka dinanti-nanti oleh pelanggan dan mereka akan setia memantengi akun media sosial bisnismu.
  3. Kelola akun media sosial bisnismu secara konsisten dan juga lebih terencana. Seperti memposting ucapan hari raya besar nasional, membuat konten terkait hari bersejarah dan lain sebagainya.
  4. Bersikap responsif atas adanya feedback, kritik dan saran yang diberikan oleh pelanggan.
  5. Memberikan pelayanan terbaik dan juga pengalaman terbaik pada para pelanggan setia atau pelanggan baru.
  6. Manjakan pelanggan dengan berbagai diskon atau promo spesial menarik lainnya untuk menjaga loyalitas dan juga meningkatkan volume penjualan yang berpotensi mampu menarik pelanggan untuk membeli produkmu.

Itulah keenam tips cara meningkatkan customer engagement. Namun, kamu tidak harus berpatokan pada tips di atas. Setiap pelaku usaha biasanya memiliki caranya sendiri untuk meningkatkan customer engagement sesuai dengan pengalaman yang pernah dilaluinya.

Yang perlu kamu persiapkan adalah perencanaan implementasi customer engagement dengan baik. Jika sudah, maka sebuah bisnis akan mempunyai hubungan keterkaitan yang erat dengan pelanggannya, dan mampu menciptakan loyalitas pelanggan agar mau terus membeli produk atau layanan yang ditawarkan kepadanya.

Kamu juga bisa join dengan komunitas bisnis yang ada di kotamu. Biasanya mereka akan mengadakan workshop bertemakan entrepenuer, di mana kamu akan mendapatkan ilmu dan pengalaman baru yang mungkin tidak kamu temukan di lain tempat.

0 komentar

Post a Comment