Mau Sukses Dalam Program Referral Marketing? Berikut Ulasannya

Saat ini banyak cara untuk memperoleh pendapatan tambahan. Salah satunya dengan mengikuti program referral atau biasa juga disebut sebagai referral marketing / member get member / program afiliasi.

Meskipun diklaim sebagai salah satu strategi marketing yang paling mudah dan efektif untuk memperkenal sebuah brand perusahaan, nyatanya banyak konsumen lama yang masih kesulitan dalam menerapkan program referral marketing, mereka bisa dikatakan belum sukses dengan hasil terbaiknya.

Hal ini bisa jadi dikarenakan konsumen yang telah join program referral tersebut belum terlalu mengenal dan memahami dengan baik apa itu program referral marketing. Nah, untuk itu baca lebih detail penjelasan di bawah ini.



Apa itu Program Referral Marketing?

Program referral marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh sebuah brand perusahaan dengan cara memanfaatkan pelanggannya sebagai penyebar pesan promosi mengenai produk perusahaan tersebut.

Cara ini bisa dikatakan cukup efektif dan efisien sebab perusahaan tidak perlu menggelontorkan dana lebih untuk biaya iklan.

Mengapa konsumen rela untuk menjadi promotor? Banyak alasannya, diantaranya adalah sebagai berikut: 

  • Konsumen merasa sangat puas dengan produk yang digunakan. Karena itu, mereka ingin berbagi manfaat dari produk tersebut, dengan cara mempromoisikannya kepada orang-orang yang dikenalnya. 
  • Konsumen termotivasi untuk mempromosikan produk perusahaan karena komisi, reward atau insentif yang diberikan brand jika mereka berhasil menjual produknya.



Contoh-contoh program referral atau afiliasi yang pernah hits pada zamannya antara lain:

  1. Aplikasi Gojek;
  2. Jenius;
  3. Zalora; dan lain sebagainya

 

Pentingnya Program Referral Marketing untuk Bisnis


Saat ini banyak konsumen jauh lebih percaya terhadap review, testimoni, atau rekomendasi yang diberikan seseorang ketimbang promosi iklan yang digencarkan oleh perusahaan di tv, billboard, atau lainnya. 

Seseorang yang sudah memiliki memiliki pengalaman dalam menggunakan suatu produk dinilai telah membuktikan kegunaan atau manfaat produk itu sendiri. Sehingga konsumen lain lebih merelakkan uangnya untuk membeli produk tersebut.

Sehingga bisa ditarik kesimpulan jika program referral marketing yang dilakukan oleh konsumen akan lebih efektif untuk menarik perhatian konsumen baru, dibandingkan sistem marketing lainnya. Meski demikian, berhasil tidaknya program referral marketing sangat tergantung pada bagaimana sebuah perusahaan menjalin engagement dengan konsumen mereka.
 

Waktu yang Tepat untuk Launching Program Referral



Perusahaan yang ingin membuka program referral atas produknya harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melaunchingnya.

Strategi yang perlu diambil oleh perusahaan adalah yang pertama harus memastikan bahwa produknya tidak ada komplain. Atau bahkan dalam produksinya telah mencapai zero defect (cacat nol). Meskipun untuk mencapai zero defect adalah hal yang mustahil, namun ketika konsumen merasakan keuntungan atau manfaat dari produk tersebut, artinya produk tersebut siap untuk dipromisikan dengan program referral marketing.



Cara Mendapatkan Program Referral Berkualitas



Referral marketing yang berkualitas akan tercapai ketika konsumen merasa percaya sepenuhnya terhadap sebuah brand produk yang bersangkutan. 

Untuk menciptakan trusted seller ini, tentu saja perlu waktu dan usaha dalam menjalin hubungan baik yang saling menguntungkan antara pihak perusahaan dengan konsumen yang ingin menjalankan program referral marketing. 

Selain itu, perusahaan harus menjaga kualitas produk barang/jasanya. Cara tersebut dinilai sebagai metode terbaik untuk mendapatkan kepercayaan konsumen. 

Ketika hasil survei menunjukan tingkat kepercayaan konsumen pada produk sudah tinggi, barulah perusahaan dengan brandnya bisa melangkah ke tahap selanjutnya, yakni menyampaikan visi misi dan tujuan perusahaan untuk bisa maju bersama dengan konsumennya melalui program referral marketing yang akan dijalankan.

Tim marketing perlu menjelaskan konsep referral yang diinginkan perusahaan. Divisi marketing ini juga perlu menyampaikan sejumlah informasi terkait keuntungan apa saja yang bisa diperoleh apabila mengikuti program afiliasi ini. 

Konsumen lama yang ingin mengikuti program referral harus memastikan juga ke calon konsumen barunya bahwa mereka akan mendapatkan keuntungan yang sama atau bahkan mendapatkan bonus khusus jika memakai kode referral darinya.

Itulah ulasan mengenai apa itu program referral atau afiliasi yang perlu kamu ketahui. Memahami dengan baik seluk beluk program referral marketing akan mempermudah kamu menemukan strategi pemasaran terbaik untuk mendapatkan lebih banyak konsumen potensial.

0 komentar

Post a Comment