Cara Menyelenggarakan Giveaway yang Sukses

Banyak strategi promosi yang dapat digunakan oleh penjual untuk menarik perhatian followers atau audiensnya. Salah satu strategi yang coock adalah promosi giveaway. 

Lalu, apa itu pogram giveaway? Apa saja keuntungan atau kelebihan dari strategi giveaway ini?Dan bagaimana tips dan triknya agar giveaway berhasil atau sukses sesuai dengan yang diharapkan penjual? Penjelasannya bisa dibaca pada ulasan di bawah ini.
 


Apa Itu Giveaway?

Giveaway adalah sebuah kata dalam bahasa Inggris yang berarti sesuatu berupa hadiah yang diberikan kepada pelanggan secara gratis kepada siapa saja sesuai dengan yang dijanjikan oleh pihak penjual atau sponsor, namun peserta harus memenuhi syarat dan ketentuan yang telah dibuat oleh penjual tersebut.

Dalam praktik giveaway ini akan melibatkan dua pihak, yaitu penyelenggara (penjual) dan peserta atau pelanggan. Peserta sebagai pihak ikut serta dalam program giveaway melakukan suatu pekerjaan sesuai syarat dan ketentuan yang dibuat oleh pihak penyelenggara.


Kelebihan Promosi dengan Menggunakan Program Giveaway


Sebelum mengetahui bagaiamana cara melaksanakan giveaway yang sukses, sebaiknya penjual mengetahui terlebih dahulu beberapa kelebihan dari pelaksanaan strategi program giveaway seperti di bawah ini:


1. Biaya promisi lebih hemat

Kelebihan giveaway yang pertama adalah biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan iklan billboard ataupun iklan di televisi nasional.

Dengan program giveaway, produk itu pun juga dapat dilihat oleh orang banyak dan kemungkinan besar para audiensnya bisa menjadi pelanggan.

Mungkin sekilas program giveaway terlihat boros karena bagi-bagi hadiah. Namun, nyatanya penjual dapat membuat anggaran yang minim dari hadiah yang diberikan untuk pesertanya. Coba bandingkan dengan jasa pemasangan iklan di billboard. Untuk menjangkau audiens yang banyak, maka harus semakin banyak billboard yang dipasang.

2. Meningkatkan Leads

Kelebihan yang kedua dari program giveaway adalah bisa meningkatkan leads, yaitu calon konsumen potensial. Jumlah leads yang meningkat akan membuat banyak orang tertarik pada produk dan bahkan mereka rela memfollow akun media sosial pihak pemberi giveaway, memberikan alamat email dan namanya agar mereka tak kehilangan info dan promo dari penjual.

3. Meningkatkan Engagement

Keuntungan lain dari penjual yang mengadakan giveaway adalah meningkatnya engagement. 

Apa itu engagement? Engagement adalah hubungan ketertarikan antara penjual dan pelanggan yang bertujuan untuk membentuk pelanggan yang loyal. Dengan naiknya engagement, maka bisnis akan  lebih mudah berkembang.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Semakin banyak orang yang mengikuti giveaway, semakin banyak orang tahu tentang produk atau layanan dari penjual. Jadi, program giveaway ini bisa meningkatkan brand awareness dari sebuah produk. 

5. Sebagai strategi Word-of-Mouth (WOM)

Kelebihan program giveaway yang terakhir adalah bisa menjadi salah satu strategi promosi   dari mulut ke mulut (word-of-mouth). 

Karena sebuah brand banyak diperbincangkan di media sosial, semakin brand itu dikenal oleh netizen. Tentunya, hal ini akan dapat meningkatkan kepercayaan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan oleh penjual kepada pasar. 
  

Cara Menyelenggarakan Giveaway agar Sukses


Dengan kelebihan yang banyak seperti yang disebutkan di atas, tentunya semakin membuat banyak produsen atau penjual yang ingin tahu cara menyelenggarakan giveaway yang menarik dan sukses. Nah, berikut ini adalah tahapan tata caranya:

1. Menentukan Tujuan Giveaway 

Langkah pertama untuk membuat giveaway yang sukses adalah menentukan tujuan. Penjual ingin followers tambah banyak, produk tambah laris, atau menginginkan lebih dekat dengan pelanggannya.

2. Memilih Hadiah Giveaway yang Sesuai dan Pantas

Penjual harus memperhatikan jenis hadiah giveaway yang akan diberikan jika menginginkan strategi marketing ini sukses. Hadiahnya haruslah sesuai dengan tujuan promosi dan sesuai dengan target audiensnya. 

3. Menentukan Syarat dan Ketentuan Mengikuti Giveaway 

Jika syarat dan ketentuan yang dibuat cenderung sedikit dan tidak rumit, tentu kemungkinan peserta yang akan mengikuti program giveaway semakin banyak. Banyaknya jumlah peserta yang mengikuti program giveaway bisa dijadikan tolak ukur bahwa program tersebut sukses menarik perhatian konsumennya.

Penjual bisa meminta pesertanya untuk follow, like, share, kirim komentar, dan mention beberapa teman dalam program giveaway tersebut. Syarat ini cocok untuk tujuan engagement. Sebab, akan mendorong interaksi peserta di akun media sosial penjual.

Namun, jika tujuannya meningkatkan leads atau brand awareness, membuat challenge bisa digunakan sebagai syarat dan ketentuan mengikuti giveaway sehingga beragam produk yang dijual semakin familiar di masyarakat.

4. Menggunakan Hashtag

Penggunaan hashtag memiliki fungsi untuk mengelompokkan konten. Jadi, akan memudahkan netizen atau peserta untuk menemukan postingan yang berkolerasi. 

Oleh karenanya, penggunaan hashtag jangan sampai terlewatkan saat launching program giveaway. 

5. Mengumumkan Pemenang Giveaway

Di akhir periode giveaway, saatnya penjual mengumumkan peserta yang memenangkan program giveaway tersebut.

Bisa langsung mengepostnya pada akun media sosial atau juga mengumumkannya lewat website resmi. Hal ini bertujuan agar terhindar dari adanya upaya penipuan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.  

Selain itu, jangan lupa segera hubungi pemenang untuk proses pengiriman hadiahnya.


Tips Menggelar Giveaway yang Efektif dan Sukses


Dalam menyelenggerakan program giveaway ada trik dan tips supaya hasilnya memuaskan sesuai dengan harapan dan tujuan giveaway itu sendiri. Yaitu tipsnya sebagai berikut:


1. Adakan pada Momen Tertentu 

Tidak mungkin kan giveaway diadakan tiap hari? Selain akan menghilangkan kesan spesial, biaya untuk program giveaway juga akan semakin membengkak. Jadi, sebaiknya penjual mengadakan giveaway pada momen tertentu saja agar bisa sukses menarik audiens.

Contohnya saat momen hari besar seperti hari raya, dan hari belanja online nasional (harbolnas).

Contoh lain, penjual dapat menyelenggarakan program giveaway pada saat momen pencapaian khusus seperti saat mendapatkan 200k followers, 500k followers, dan seterusnya.

Dengan mengadakan pada momen-momen spesial, follower akan terus meningkat. Bukan tidak mungkin mereka akan terus memantau media sosial penjual. 

2. Jangkau Audiens yang Tepat  

Meskipun siapa saja bisa menjadi peserta giveaway, tentunya ada harapan dari penjual bahwa giveaway yang dijalankan dapat menyasar audiens atau netizen yang tepat sehingga semakin banyak pelanggan yang tertarik untuk membeli produknya.

Oleh karena itu, pelajari siapa saja netizen yang akan menjadi sasaran atau target market. Karena merekalah yang akan menjadi calon konsumen potensial. 

Sebagai contoh, perusahaan mini cooper menyelenggarakan giveaway saat launching produk terbarunya. 

Dengan target pencinta mobil, hadiah berupa aksesoris mobil dengan label MINI, tentu cukup relevan, ya?

3. Kerjasama dengan Brand Lain yang Related

Nah, tips selanjutnya agar giveaway sukses yang bisa penjual lakukan adalah dengan bekerja sama dengan brand lain. 

Namun, jangan sembarang memilih produsen atau brand lain untuk diajak kerja sama. Sebab, perjual perlu bekerja sama dengan brand yang saling berhubungan atau memiliki target market yang sama. 

Misalnya, dokter SPOG atau spesialis kandungan yang sudah memiliki followers yang banyak di akun media sosialnya bisa bekerjasama dengan jasa photography maternity dan newborn. 

Dengan mengadakan kerja sama tersebut, keduanya akan semakin dikenal oleh masyarakat luas dan audiens yang tepat.

4. Di-endorse dengan bantuan influencer

Influencer yang sudah memiliki followers ribuan, bahkan jutaan juga bisa mendorong program giveaway yang diselenggarakan sukses menarik para pelanggan potensial untuk ikut serta mengikuti program tersebut.

Dengan bantuan influencer tersebut akan semakin membuat ramai netizen yang ikut serta dan tentunya kepercayaan terhadap produk juga semakin meningkat karena produk tersebut juga digunakan oleh orang yang terkenal. 

Demikianlah ulasan mengenai strategi promosi dengan menggunakan program giveaway. Faktor yang mempengaruhi kesuksesan promosi giveaway dalam meningkatkan popularitas brand produk adalah jenis hadiah yang akan diberikan haruslah sesuai dengan target pasar atau followers. Hadiah dengan nilai yang tinggi dan syarat yang tidak rumit merupakan dua hal yang berpengaruh terhadap kesuksesan progam tersebut menjangkau banyaknya peserta.

0 komentar

Post a Comment