2023-06-14

Fitur IDN App Bantu Orang Tua Modern Wujudkan Indonesia Emas 2045

Author -  Lubis Muzaki

Rupanya secara tak dasar, aku merupakan satu dari 69,38 juta jiwa penduduk generasi milenial di Indonesia (Sensus Penduduk 2020). Saat ini aku sendiri sudah menyandang status sebagai orang tua. Mungkin sebagain besar milenial juga demikian.

Tak pernah terbayangkan ketika sudah menikah aku bakal jadi Bapak Rumah Tangga (BRT). 24/7 cukup di rumah, bekerja sebagai blogger dan web developer. Sedangkan istri bekerja di luar rumah.

Sebagai orang tua modern, dengan perkembangan zaman yang begitu cepat, tentu saja pola asuh yang ingin kami terapkan tidak sama seperti orang tua zaman dahulu. 

Karena hidup di era teknologi yang sudah semakin canggih, orang tua milenial seperti kami ingin mendidik anak-anaknya dengan cara pandang yang lebih terbuka dan tidak kaku, sehingga anak bisa lebih nyaman berada di dekat orangtuanya. Namun, bukan berarti apa yang kami lakukan bisa selalu berjalan mulus dan sempurna.

Ketika anak kami berusia 1 tahun hingga 4 tahun adalah waktu yang cukup berat dan menantang. Aku dan istri sering cecok dan selisih paham bagaimana cara mendidik anak yang benar. Bahkan, aku sendiri sering tidak bisa mengontrol emosi yang sejatinya bisa berdampak buruk pada hubungan suami istri atau bahkan hancurnya mental anak.

Aku tidak mungkin membiarkan keluargaku tidak happy dan mewariskan trauma inner child kepada anakku. Aku pun mencari cara. Mulai dari menggali ilmu parenting, ilmu keluarga, hingga kajian-kajian spiritual pun aku lakoni agar lebih bisa menahan emosi dan merasa cooling down dalam menjalani kehidupan sehari-hari yang sering kali cukup melelahkan.

Untuk mewujudkannya, aku harus terlebih dahulu memperbaiki diri sendiri. Mengevaluasi apa kekuranganku. Memperbaiki yang bisa diperbaiki.

Perbaikan sikap dan gaya parenting demi terciptanya keluarga yang harmonis dan bahagia, tidak akan terjadi dalam waktu semalam. Ketidaksepakatan, perbedaan pendapat, dan konflik adalah hal-hal yang wajar dalam setiap hubungan. Penting untuk menghadapi rintangan ini dengan komunikasi yang baik, pemahaman, dan kompromi.

Beberapa tahun belakangan ini ada sejumlah media atau platform digital untuk bisa belajar maupun kita sendiri bisa berbagi banyak hal. Tak terkecuali seputar family life education. Yaitu menggunakan super App, IDN App.

Kenapa aku menyebutnya sebagai Super App? Karena tak lain adalah kita bisa menambah pengetahun dengan membaca, bisa berbagi dengan membuat tulisan dan juga live streaming, dalam satu aplikasi IDN App. 

Aku biasanya membaca tema-tema keluarga dan pengasuhan anak di rubik Family IDN App dan juga membaca Popmama.com melalui aplikasi IDN. Dengan IDN App, aku banyak mendapatkan konten yang relevan dan memiliki ragam pembahasan yang semakin luas untuk menemani perjalanan para orangtua modern di Indonesia.




IDN App Jadi Bekal Untuk Ciptakan Indonesia Emas 2045

Indonesia akan memasuki usia emas pada tahun 2045, dimana ditargetkan pada tahun tersebut Indonesia sudah menjadi negara maju dan sejajar dengan negara-negara adidaya lainnya.

Kunci utama untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui semangat literasi. Melansir dari website www.kemdikbud.go.id, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa tahun 2018, Dadang Sunendar menyebutkan bahwa terdapat tiga inti dari literasi, yaitu literasi keluarga, literasi sekolah, dan ketiga literasi masyarakat, dengan literasi keluarga menjadi yang paling penting. 

Ketika literasi keluarganya sudah kuat, maka dengan lebih mudah Indonesia akan mencapai target sebagai negara maju. Karena unit terkecil dalam sebuah negara adalah keluarga, bukan? Jika seluruh unit keluarganya maju dan modern, bisa dipastikan negara tersebut maju. 

Seperti dicontohkan, penerapan literasi keluarga yang dimulai dari sikap keteladanan. Misalnya, jika anaknya ingin berhenti merokok, maka orang tua harus memberikan teladan tidak merokok. Demikian juga, jika anaknya ingin memiliki hobi membaca, maka bapak ibunya harus rajin membaca. 

Contoh lain pentingnya literasi dilakukan secara massif bagi remaja adalah agar tidak terjadi lagi kekerasan, bullying, pembunuhan, dan tindakan kriminal lainnya. Seperti kasus pembunuhan awal tahun 2023 kemarin, yang melibatkan dua remaja bunuh anak-anak di Kabupaten Maros lantaran terbuai dengan iklan jual beli organ di dunia maya.

Seperti melansir sulsel.idntimes.com, dosen psikologi Universitas Negeri Makassar (UNM), Basti Tetteng menyebutkan bahwa literasi internet perlu dilakukan secara intensif dan massif bagi remaja, terutama dalam hal konten ancaman pidana terkait penjualan ilegal organ tubuh dan kejahatan lainnya.

Nah, coba jika orang tua dan remaja memiliki minat baca yang baik. Tidak mudah kemakan hoaks. Kejadian seperti itu pastinya tidak akan terjadi.

Salah satu solusi agar aktivitas membaca informasi atau berita terbebas dari hoaks adalah dengan membacanya melalui aplikasi IDN App. Karena berita dan informasi yang ditayangkan aktual dan terpercaya.

Hanya ingin berbagi pengalaman, IDN App betul-betul tidak hanya memberikan kemudahan dalam mendapatkan berita yang terpercaya, namun aku juga dibuat nyaman olehnya. Dengan tampilan yang menarik dan user-friendly, aku dapat dengan nyaman menjelajahi berbagai kategori berita yang disediakan.

Yang aku suka ketika menggunakan IDN App adalah berita yang ditampilkan dalam "kondisi" utuh. Kalau di versi website, kita harus menekan tombol "Baca Artikel Selengkapnya". Namun, ketika aku sudah punya aplikasinya dan mengaksesnya, aku bisa langsung membaca keseluruhan isi artikel di dalam satu halaman saja.

Satu hal lagi yang berkesan ketika menggunakan IDN versi App adalah kesempatan mendapatkan hadiah menarik. Dengan kita berhasil mengundang seseorang untuk ikut menggunakan IDN App, kita akan mendapatkan hadiah hingga 75 ribu rupiah. 

Yuk, join IDN App dengan kode referral aku, yakni lub-cxg4wc9x. Atau yang ingin langsung download IDN App, bisa langsung klik https://app.idn.media/8ErHHDVwY55z65Pc6, nanti langsung diarahkan ke halaman download aplikasi IDN App. 

IDN App tidak hanya menjadi sumber informasi yang berkualitas, tetapi juga memberikanku hiburan dan konten yang sesuai dengan minat dan kebutuhan.  Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur menarik seperti menonton film, bermain quiz, mendapatkan tips fashion dan gaya hidup melalui Popbela, serta berbagai konten seputar parenting melalui Popmama. Bahkan khusus hiburan seperti game, anime/manga, tekno dan film juga ada, Duniaku.com.


Nah, semua kanal tersebut dikemas dalam versi aplikasi di IDN App. Jadi aku tidak perlu buka-tutup browser lagi untuk menikmati informasinya, cukup gunakan satu aplikasi IDN App. Pastinya jauh lebih praktis berkat kehadiran aplikasi SuperApp Baca Berita yang dapat memenuhi kebutuhanku.

Berikut ini suguhan menarik dari IDN Appyang ketika aku menggunakannya seperti sedang "dimanja":

1. Main Quiz- 


Dalam kehidupan yang penuh dengan rutinitas dan tekanan, aku tentunya membutuhkan hiburan yang menyenangkan untuk menghilangkan kejenuhan. Nah, IDN App hadir dengan fitur Main Quiz yang bisa menjadi solusi tepat untuk menghibur diri ketika sedang merasa suntuk. Selain menghibur, fitur ini juga memberikan kesempatan untuk menemukan karakter dan sifat kepribadian diri sendiri yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya.

Salah satu keunggulan dari fitur Main Quiz di IDN App adalah kemudahannya dalam dimainkan. Aku hanya perlu mengakses aplikasi, masuk ke fitur Main Quiz, dan memilih jenis quiz yang ingin aku mainkan. Kemudian, aku akan diajak untuk menjawab serangkaian pertanyaan yang relevan dengan topik quiz tersebut. Pilihan yang aku buat akan mempengaruhi hasil akhir dan menentukan karakter atau sifat kepribadian yang terungkap.

Selain memberikan hiburan, fitur Main Quiz di IDN App juga memiliki nilai edukatif. Melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, aku dapat melihat pola pikir dan preferensiku yang mungkin belum aku sadari sebelumnya. Hal ini dapat membantu aku untuk lebih memahami diri sendiri dan mengenali karakteristik pribadi yang mungkin perlu diperhatikan atau dikembangkan.


2. Menu Explore

Menu Explore pada IDN App adalah fitur yang memungkinkan aku untuk mendapatkan informasi dengan cara yang mudah. Dalam fitur ini, aku dapat menemukan banyak informasi yang relevan dengan minat dan kebutuhan. Berbagai topik yang menarik dapat diakses melalui fitur ini, sehingga aku dapat memperluas pengetahuan dengan beragam konten yang tersedia.

Selain itu, fitur Explore ini juga menjadi jalan keluar bagiku yang mudah bosan dengan topik yang sama. Hal ini benar-benar memberikan pengalaman yang lebih variatif dan menyegarkan dalam mengakses berita Indonesia maupun mancanegara.

3. Menu Profile

Dalam fitur ini, aku dapat mengatur dan mengelola akun IDN App-ku dengan mudah, serta melihat berbagai informasi penting lainnya.

Dan tentu saja, melalui Menu Profile, aku memiliki kesempatan untuk menukarkan point yang aku miliki menjadi uang. Dengan fitur ini, IDN App memberikan apresiasi kepada penggunanya dan memberikan peluang untuk mendapatkan manfaat nyata dari aktivitas mereka di dalam aplikasi. 

4. Follow Penulis


Dalam era digital yang serba terhubung seperti sekarang, media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Salah satu istilah yang akrab di dunia media sosial adalah "follow", yang artinya mengikuti atau memperoleh konten terbaru dari akun yang aku ikuti. Nah, di IDN App, aku juga bisa melakukan hal serupa melalui fitur Follow. 

Dengan fitur ini, aku dapat mengikuti penulis yang aku sukai dan mendapatkan akses ke lebih banyak tulisan inspiratif dari mereka.



Tebar Manfaat Dengan Jadi Content Creator di IDN App


Aku sebagai bapak rumah tangga (BRT) yang sekaligus menjadi content creator di beberapa blog yang aku kelola merasakan manfaat yang luar biasa dari perkembangan dunia digital. Setidaknya aku merasa lebih mandiri dan menjadi lebih disiplin.

Bukan hanya berapa visitor per harinya yang aku lihat, namun jumlah pengunjung blog tersebut menunjukkan kebermanfaatan atas postingan artikel yang aku buat. Begitu pun juga berlaku untuk platform lain selain blog, seperti di IDN App ini.

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh content creator di IDN App. Aku bisa melakukan live streaming sesuai dengan tujuan apa yang kita inginkan. Misalnya, tujuan entertaining, mengedukasi, influence, ataupun sekedar berbagi informasi. Nichenya pun sangatlah luas, bisa ambil topik news, sports, bisnis, relationship, fashion, sciene, opini, beauty, kesehatan, traveling, movie, tech, dan masih banyak lagi.

Selain kebermanfaatan dan menambah penghasilan, IDN App ini juga bisa menaikkan personal branding diri kita, lho. Semakin banyak followers, semakin besar peluang diri kita ini menjadi "panutan" bagi masyarakat. Siapa tahu nanti ada yang berminat untuk kerjasama, bukan?

Tidak mau ketinggalan kan? Ini penjelasan selengkapnya mengenai fitur IDN Live dan Tulis Artikel dari IDN App.


1. IDN Live -  Wadah Orang Tua Modern dan Generasi Z Menyuguhkan Tayangan Unik dan Berkualitas



Ponakan dan Ibuku


Mungkin masih jarang suami yang menjadi bapak rumah tangga di Indonesia. Nah, perlahan aku ingin membuat konten-konten keseharian bagaimana seorang ayah bisa ikut berkontribusi dalam urusan domestik. 

Melalui website live streaming IDN Live, rencana aku berbagi pengetahuan dan ketrampilan kepada penonton tentang pola asuh anak. Mulai dari cara memandikan bayi, menidurkan bayi, cara membatasi gadget pada anak-anak, mengajari mewarnai, menulis, membaca, dan berhitung. Memberi makan anak hingga toilet training.

Apalagi melansir dari website Popmama.com, berdasarkan Journal of Divorce Harvard University, AS, yang ditulis oleh Rebecca L. Drill, Ph.D disebutkan bahwa peran ayah yang hilang (fatherless) dalam tumbuh kembang anak beresiko menyebabkan anak-anak cenderung memiliki kepribadian liar, sulit diatur, bahkan hingga terjerumus kedalam penyalahgunaan narkoba.

Sementara itu ayah yang aktif membimbing dan menemani anak-anak sejak kecil akan memberikan dampak positif bagi anak, yaitu anak cenderung memiliki sikap yang lebih baik dan teratur.

Jika Indonesia saat ini menduduki peringkat ke-3 fatherless country (sumber: Popmama), apakah masih yakin Indonesia pada tahun 2045 akan menjadi negara maju? Semoga, berbagi konten yang aku niati ini, nantinya bisa ikut serta andil meningkatkan peran ayah dalam membina keluarga dan pengasuhan.

Nah, kemarin aku sudah mencoba untuk live streaming salah satu ponakan yang baru saja wisuda khotmil quran. Kemudian aku juga mencoba aplikasi live streaming di IDN App ini, ngajarin anak mengaji. Selama live streaming menggunakan IDN App, alhamdulillah lancar meskipun saat ini kami sekeluarga tinggal di desa. 



Nah setelah live streaming selesai, nanti akan muncul ringkasan yang memperlihatkan jumlah penonton, jumlah komentar, IDN poin dan gift yang didapat. Menariknya itu, IDN Live memiliki fitur virtual gift. Para penonton dapat memberikan apresiasi kepada streamer melalui virtual gift yang kemudian dapat ditukarkan menjadi rupiah.

Jadi, selain kita niatnya berbagi konten positif, kita juga bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan virtual gift yang diberikan oleh penonton.

Tidak hanya sebagai tempat menonton tayangan, IDN Live juga menjadi wadah bagi para penonton untuk berinteraksi dengan streamer dan mengobrol santai melalui kolom komentar. 



2. Tulis Artikel - Salurkan dan Bagikan Bakat Menulis


IDN App tidak hanya menyajikan informasi kepada pembacanya, tetapi juga memberikan kesempatan bagi penulis untuk berkontribusi melalui fitur yang disediakan. Jujur, aku sebagai blogger belum pernah mencoba untuk menulis di IDNTimes.

Namun, jika dilihat dari fitur IDN App yang telah aku install di smartphone, ini cukup membantu bagi penulis yang tiba-tiba mendapatkan ide tulisan dan ingin segara membuat draftnya. Dengan masuk ke aplikasi IDN, kita dapat langsung menulis dengan mengklik ikon pensil dan diarahkan ke laman menulis. 

Nah, bagi mereka yang baru belajar menulis, tidak perlu bingung atau ragu untuk berkreasi melalui IDN App. Dalam aplikasi tersebut disediakan fitur panduan penulis dalam bentuk artikel atau podcast. 

Selain itu, ada Menu Kreator yang memudahkan kita untuk melihat sub-menu yang berisikan tentang draft, artikel terbit, artikel yang perlu direvisi, artikel yang sedang dimoderasi, dan artikel yang ditolak. Hal ini memungkinkan kita untuk memantau artikel mana yang sudah terbit atau perlu direvisi.



Penutup

Begitulah sedikit cerita aku tentang pengalaman menggunakan IDN App yang bisa menambah wawasan, mendapatkan hiburan dan juga sekaligus memberikan peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

Aku yakin, dengan jumlah orang tua modern yang semakin banyak jumlahnya, didukung dengan family life education yang baik, melalui semua platform, kita dapat mewujudkan Indonesia emas 2045. Karena untuk mewujudkan negara maju dibutuhkan SDM unggul yang harus dididik yang dimulai dari keluarga modern.


Sumber:

https://www.idntimes.com/business/economy/vadhia-lidyana-1/bps-penduduk-indonesia-didominasi-gen-z-dan-millennial

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/09/siapkan-generasi-emas-indonesia-2045-dengan-gerakan-literasi-nasional

https://sulsel.idntimes.com/news/sulsel/amp/dahrul-lobubun/kasus-remaja-bunuh-anak-literasi-internet-sangat-mendesak?page=all#page-2

https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/alfon/peran-papa-dalam-membentuk-kepribadian-anak-laki-laki

https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/jocelynangelina/indonesia-termasuk-negara-fatherless-begini-jawaban-bkkbn?page=all

IDN App

3 komentar:

  1. Ria SantosoJune 16, 2023

    Wah worth it untuk didownload nieh... Iklannya nggak ngganggu pas baca berita..

    ReplyDelete
  2. Anis atul WafirohJune 18, 2023

    Udh download lama sih. Dan emang update terus fiturnya menyesuaikan dg kebutuhan generasi z dan milenial

    ReplyDelete
  3. Agus SusantoJune 19, 2023

    Aplikasi yang tidak hanya cocok untuk kaum urban... netizen di daerah sprtinya butuh juga, krn IDN App memiliki channel daerah hampir di seluruh Indonesia.

    ReplyDelete