2020-09-15

Pengertian Ramp Door dan Bagian-Bagiannya

Author -  Lubis Muzaki

Untuk memudahkan pelaksanaan bongkar muat kapal dari dermaga penyeberangan ke kapal atau sebaliknya, maka kapal harus dilengkapi dengan ramp door (pintu rampa) yang merupakan pintu akses keluar masuk kendaraan maupun penumpang.
 
Ramp door merupakan pintu yang digunakan untuk memasukkan kendaraan kedalam kapal roll-on/roll-off (Ro-Ro), seperti kapal penyeberangan/ferry, kapal penggangkut kendaraan, kapal penumpang, kapal barang, dan kapal pesiar.

Ketika kapal ini bersandar ramp door akan dibuka dan dihubungkan dengan moveble bridge (dermaga apung) atau dermaga sehingga akan berfungsi sebagai jembatan.

Apa itu Ramp Door?

Ramp door (pintu rampa) adalah suatu konstruksi pintu rampa pada kapal yang berfungsi sebagai jembatan penghubung antara kapal dengan dermaga sehingga bisa digunakan untuk akses keluar masuknya kendaraan ataupun muatan yang akan diangkut oleh kapal.
Ramp door memiliki dua jenis, yaitu ramp door yang dapat dilipat dan ramp door yang tidak dapat dilipat. Dan sistem penggeraknya ada dua jenis juga, yaitu sistem hidrolik dan sistem wire rope.

Syarat dan Kriteria Ramp Door


Berikut ini adalah syarat dan kriteria dalam pembuatan ramp door agar aman saat digunakan, yaitu
  1. Terbuat dari bahan yang kedap air laut sehingga aman saat digunakan melalui pelayaran laut terbuka.
  2. Struktur ramp door yang kuat untuk menahan beban kendaraan yang lewat.
  3. Aerodinamis, yaitu agar saat kapal berlayar bisa memiliki hambatan angin/udara serendah mungkin.

Bagian Komponen Pada Ramp Door

Ramp door terdiri dari beberapa komponen agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya:

1. Pintu Rampa

Pintu rampa merupakan komponen utama dari ramp door itu sendiri yang berfungsi juga sebagai jembatan penghubung antara kapal dan dermaga. 

Berdasarkan posisinya, pintu rampa dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

a. Quarter ramp door.

Via https://www.wartsila.com/
b. Side ramp door.
Via https://www.macgregor.com

c. Slewing ramp door.
d. Stern ramp door.

Via https://marinesurveypractice.blogspot.com/



e. Bow ramp door.

Via http://www.nauticexpo.com/


2. Wire rope

Wire rope merupakan baja yang dibuat dari pilinan beberapa wire untuk dibentuk menjadi strand dan beberapa strand tersebut dipilin mengelilingi core sehingga tebentuklah wire rope.

Berikut kegunaan wire rope dalam bidang industri perkapalan:

  • Pada komponen crane, wire rope dapat dioperasikan untuk mengangkat beban.
  • Wire rope dapat dimanfaatkan untuk membuat sling untuk mengangkat barang atau muatan.
  • Saat kapal bersandar, wire rope digunakan untuk mengangkat pintu rampa pada.
  • Wire rope digunakan pada saat towing dan mooring.
  • Wire rope dapat dimanfaatkan untuk mengikat barang atau lasing.
  • Wire rope dapat dimanfaatkan untuk dredging atau pengerukan.

3. Motor Penggerak

Motor penggerak adalah bagian ramp door yang digunakan untuk menggerakkan pintu rampa sehingga dapat menutup atau membuka. Motor penggerak ini dihubungkan dengan wire roop, ketika wire roop digulung maka pintu rampa akan terangkat.
Ada dua jenis motor penggerak yang umum digunakan, yaitu motor listrik AC dan motor sistem hidrolik yang penggunaannya berdasarkan beban muatan yang diterima oleh ramp door.

Pemasangan dan perbaikan sistem hidrolik lebih rumit dibandingkan motor listrik AC. Hal ini dikarenakan pada sistem hidrolik terdapat fluida sebagai mekanisme untuk menggerakaannya. Tak ayal, sistem hidrolik pada motor penggerak memerlukan perawatan yang ekstra untuk mencegah terjadinya kerusakan.

4. Rantai

Rantai merupakan komponen penting dari ramp door yang digunakan saat pintu rampa sedang diturunkan. Rantai ini berfungsi untuk mencegah atau menahan ramp door ketika penumpang atau muatan keluar masuk kapal. Rantai ramp door harus memiliki kualitas yang baik dengan kekuatan minimum 27 ton.

5. Whinch

Winch sebenarnya merupakan alat yang digunakan untuk menarik rantai jangkar pada saat kapal berlabuh. Namun seiring perkembangannya digunakan pada tambat kapal ataupun tali baja untuk pintu rampa. 
Winch ditempatkan di bagian depan atau belakang kapal, adapula yang ditempatkan di kedua sisi samping kamar kemudi. Pada umumnya winch digunakan pada kapal-kapal ikan dan kapal ferry pada skala industri. Winch ini berfungsi untuk menahan tali pada saat operasi towing. 
Winch ini bekerja dengan menarik pintu rampa menggunakan tenaga penggerak berupa tenaga hidrolik ataupun motor listrik.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu ramp door dan bagian komponen ramp door dalam industri perkapalan.

0 komentar

Post a Comment