2023-05-30

Konten ChanelMuslim.com Rangkul Keluarga Islami Untuk Ciptakan Happy Family

Author -  Lubis Muzaki

Pernikahan sering digambarkan sebagai perjalanan romantis yang penuh dengan kebahagiaan dan kecintaan. Namun, kenyataannya, pernikahan bisa menjadi tantangan yang kompleks dan membutuhkan komitmen serta upaya yang berkelanjutan dari kedua pasangan. 

Dulunya kalimat tersebut bagiku hanyalah kalimat yang masuk kuping kanan, keluar kuping kiri. Namun, kini setelah saya menikah dan menjadi kepala keluarga, kalimat tersebut nyata adanya. 

Dalam pernikahan tidak terlepas dari yang namanya kesulitan dan hambatan yang tak terduga. Dalam beberapa situasi, kadang saya merasa sumpek, dan rasanya ingin kembali merasakan kehidupan nyantri, berkuliah, seperti 10 tahunan yang lalu, tanpa harus memiliki tanggung jawab selain belajar. Ini tak lain karena, saya sendiri berstatus sebagai pekerja freelance WFH dan bapak rumah tangga (BRT). Sementara istriku bekerja di luar rumah. Jadi, saya merasakan betul, memang mengurus anak dan menjadi pemimpin keluarga itu sangatlah melelahkan.

Saya sendiri sebagai bapak kadang masih kesulitan mengendalikan emosi dan gampang memberikan negative vibes kepada anak. Emosi tersebut kadang mereda ketika saya dan istri kembali mengingat visi-misi kami berkeluarga. Mengingat kembali pelajaran dalam Al-Qur'an yang menjelaskan tentang peran seorang ayah dalam mendidik anak di keluarga. 

Sebagaimana dari artikel yang telah saya baca di ChanelMuslim, yang berjudul "Anak Laki-Laki Hari Ini, Ayah Hari Esok", menerangkan bahwa hampir keseluruhan kisah-kisah keluarga terbaik yang dijelaskan di Al-Qur'an itu menampilkan sosok ayah. Bagaimana kita bisa melihat dialog Nabi Ibrahim as dengan Ismail yang masih kanak-kanak. Kisah keluarga Imran dan Kisah Luqman.

Saya dan istri tentu saja memiliki peran penting untuk menjadi role model bagi anak. Ini sekaligus menjadi sangat challenging ketika kami sama-sama memilih untuk bekerja dan sekaligus merawat orang tua yang semakin sepuh.

Dalam keseharian tentu saja ada rasa ketakutan anakku merasa kekurangan figur kasih sayang dari ibunya (motherless) atau ayahnya (fatherless). Nah, saya sebagai pemimpin keluarga, harus mampu memastikan berbagi peran yang seimbang antara suami dan istri.

Beruntung, saya bisa mengasah ilmu Family Life Education (FLP). Karena bagaimanapun berkeluarga adalah ibadah terlama yang harus diimbangi dengan ilmu pengetahuan berkeluarga. Sebagaimana pesan Sayyidina Ali “Didiklah anak sesuai dengan zamannya karena mereka hidup pada zamannya bukan pada zamanmu”.

Saya menggunakan media online gratis untuk belajar tentang materi bimbingan belajar parenting dan pendidikan hidup berkeluarga, di ChanelMuslim.com.

Nah, selangkapnya akan saya jelaskan beragam fitur yang tersedia di ChanelMuslim.com


Via Freepik


Fitur Platform ChanelMuslim.com


ChanelMuslim.com merupakan media/situs terkini yang sudah berdiri sejak 9 Mei 2016 dengan menyediakan pembahasan seputar topik pendidikan dan keluarga.

Di dalam websitenya tercantum beberapa topik menarik yang dirangkum dalam beberapa rubrik seperti:




1. Jendela Hati

Rubrik "Jendela Hati"menawarkan artikel/cerita inspiratif yang diampu oleh Mam Fifi. Rubrik ini banyak memberikan wawasan yang berharga bagi para pembacanya.

2. Keluarga

Rubrik "Keluarga" membahas berbagai aspek penting dalam membentuk keluarga yang harmonis. Mulai dari pendidikan anak, peran suami-istri, komunikasi dalam keluarga, hingga nilai-nilai Islam yang mendasari hubungan keluarga. 

3. Pranikah

Rubrik "Pranikah" ini ditujukan untuk para calon pengantin yang ingin mempersiapkan diri secara spiritual dan praktis untuk pernikahan mereka. Artikel-artikel dalam rubrik ini membahas topik-topik seperti pemilihan pasangan, komunikasi pranikah, pemahaman tentang pernikahan dalam Islam, dan nasihat untuk menghadapi tantangan yang mungkin muncul selama masa pranikah.


4. Lifestyle

Rubrik "Lifestyle" menawarkan artikel-artikel yang menggabungkan gaya hidup modern dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip Islam. Dari fashion, kesehatan, masakan/kuliner, wisata, tips, dan kecantikan yang memberikan inspirasi bagi pembaca untuk hidup dengan cara yang Islami.


5. Berita

Rubrik "Berita" di ChanelMuslim.com menjadi sumber terpercaya untuk berita terkini dengan sudut pandang Islami. Pembaca dapat memperoleh informasi tentang perkembangan dunia Muslim, isu-isu sosial, peristiwa terkini, dan berbagai hal lain.


6. Khazanah

Rubrik "Khazanah" merupakan sumber yang kaya akan warisan kebudayaan dan kearifan Islam dari masa lampau. Melalui artikel-artikel, ulasan buku, dan konten multimedia lainnya, rubrik ini mengangkat topik-topik seperti sejarah Islam, tokoh Islam, seni dan sastra Islam, serta nasihat-nasihat untuk umat.


7. Konsultasi

Rubrik ini memberikan kesempatan bagi pembaca untuk mendapatkan solusi Islami untuk berbagai tantangan hidup. Tim konsultan yang terlatih dan berpengalaman memberikan jawaban berdasarkan perspektif agama dan nilai-nilai Islam. Rubik ini memberikan bimbingan yang berharga tentang pernikahan, keluarga, pendidikan anak, masalah hukum Islam, dan berbagai topik lainnya. 

Saya rasa ChanelMuslim.com ini tidak hanya memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada individu-individu dalam keluarga, tetapi juga membantu kita memahami dinamika keluarga, meningkatkan hubungan antara pasangan suami-istri, dan memperkuat ikatan antaranggota keluarga. 


Artikel ini diikutsertakan dalam #BlogCompetitionChanelMuslim.com2023, semoga bermanfaat ya.

0 komentar

Post a Comment