2022-09-27

Ini Lho 5 Syarat Konstruksi Bangunan Secara Umum yang Harus Dipenuhi!

Author -  Lubis Muzaki

Konstruksi bangunan dikatakan baik apabila layak untuk ditempati. Syarat konstruksi bangunan agar berfungsi maksimal adalah haruslah kuat, aman, awet, indah, dan ekonomis.

Syarat konstruksi bangunan tersebut sangat perlu diperhatikan bagi pemilik proyek agar keselamatan pengguna bangunan terjamin. Karena jika syarat tersebut diabaikan maka dapat menyebabkan bangunan-bangunan mudah mengalami kerusakan yang bisa membahayakan bagi penggunanya.





Syarat Proyek Konstruksi Bangunan Agar Berfungsi Maksimal


Maksud dari berfungsi maksimal di sini adalah proyek yang dikerjakan nantinya harus dapat memenuhi kebutuhan pemilik. 

Sebagai contohnya, dalam proyek konstruksi bangunan rumah, maka agar berfungsi secara maksimal dibutuhkan beberapa ruangan seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan ruang tamu yang disesuaikan kembali dengan kebutuhan pemilik rumah. Sedangkan untuk proyek infrastruktur MRT agar berfungsi maksimal dibutuhkan tersedianya tangga, lift, konstruksi jalan layang, konstruksi jalan bawah tanah, dan stasiun pemberhentian.




Nah oleh karenanya, rencana kerja dan syarat-syarat konstruksi bangunan sangat perlu diperhatikan agar tidak asal buat dan tidak asal jadi. Berikut ini adalah syarat konstruksi bangunan secara umum agar berfungsi secara maksimal:

1. Sesuaikan dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB)


Penggunaan alokasi anggaran biaya untuk mengerjakan proyek konstruksi haruslah seefisien dan seefektif mungkin. Setiap pos-poss pengeluaran harus dicatat melalui penyusunan rencana anggaran biaya (RAB). 

RAB nantinya dapat berfungsi sebagai acuan dasar pelaksanaan proyek, termasuk spesifikasi bahan material yang akan digunakan dan juga upah pekerja. Tanpa adanya RAB, sangat mungkin terjadi pembengkakan biaya yang disebabkan pembelian bahan bangunan yang tidak sesuai dengan volume pekerjaan, upah pekerja yang tidak terkontrol, dan lain sebagainya.


2. Desain Bangunan sesuai Gambar Kerja

Syarat berikutnya agar bangunan dapat berfungsi secara maksimal adalah bangunan memiliki desain sesuai dengan gambar kerja dan kebutuhan sang pemilik. Jika pekerjaan proyek konstruksi tersebut sesuai dengan gambar kerja maka bangunan yang dihasilkan tersebut akan nampak indah sesuai dengan keinginan pemiliknya. 

Nah, keindahan bangunan tersebut dapat membuat penghuni merasa nyaman dengan terpenuhinya kebutuhan ketika berada di dalam bangunan.


3. Memenuhi Persyaratan Keselamatan


Syarat konstruksi bangunan berikutnya adalah memenuhi persyaratan keselamatan selama durasi waktu tertentu sesuai dengan perencanaan umur bangunan. 

Persyaratan agar keselamatan bisa terpenuhi maka Anda harus menentukan beberapa hal sebelum proyek tersebut dibangun, seperti berkenaan dengan lokasi bangunan. Setiap lokasi bangunan memiliki kpntour tanah yang berbeda-beda. Oleh karenanya, perlakuannya pun juga berbeda terkait mulai dari pemilihan jenis pondasi, material bangunan yang akan digunakan, hingga bentuk bangunan itu sendiri. 

Hal tersebut menjadi syarat mutlak yang wajib diperhatikan agar tidak ada kecelakaan selama proses pengerjaan konstruksi hingga bangunan tersebut digunakan beberapa puluh tahun. Oleh karena itu memenuhi persyaratan keselamatan bangunan menjadi salah satu hal yang harus Anda perhatikan.


4. Awet dan Kokoh


Syarat terpenting lainnya agar sebuah bangunan bisa berfungsi secara maksimal adalah bangunan tersebut nantinya bisa berdiri kokoh dan awet. Oleh karenanya, yang harus diperhatikan adalah kualitas material mulai dari pasir, bata, besi tulangan, semen, dan material konstruksi lainnya.

Selain menggunakan material berkualitas, cara pengolahan materialnya juga harus sesuai dengan petunjuk penggunaan. Bangunan yang memiliki material berkualitas dan dilakukan pengolahan yang baik tentu bisa meminimalisir terjadinya kerusakan.


5. Ruang Sirkulasi yang Higienis


Artinya sirkulasi udara dan cahaya pada bangunan tersebut dalam kondisi yang cukup sehingga penghuni atau penggunanya merasa nyaman dan sehat. Selain itu, ruang sirkulasi di sini maksudnya adalah menjadi suatu wadah atau tempat untuk memfasilitasi pergerakan penghuni/pengguna dari suatu tempat ke sebuah tempat lain yang berbeda, sehingga fungsi dari sirkulasi adalah untuk menghubungkan ruangan yang satu dengan ruangan lainnya. 

Karena menjadi penghubung antara ruang satu dengan ruang lainnya maka harus dipastikan kondisinya higienis, bersih, dan terawat.


Itulah lima syarat konstruksi bangunan secara umum. Lima syarat tersebut semoga dapat menjadi perhatian bagi Anda ketika ingin membangun sebuah bangunan yang aman, berkelanjutan, ramah lingkungan, dan berfungsi maksimal. 

0 komentar

Post a Comment