2022-09-15

√12 Alasan Mengapa Manusia Perlu Aturan Dalam Menjalani Hidup

Author -  Lubis Muzaki

Dalam lingkup terkecil, keluarga, masing-masing keluarga memiliki aturan sendiri-sendiri yang mungkin saja berbeda dengan antara satu keluarga dengan keluarga lain. Apalagi, dalam lingkung yang lebih besar, misal bernegara, pasti memiliki aturan. Lantas, mengapa sih manusia itu memerlukan aturan?

Pada dasarnya sebuah aturan dibuat agar manusia itu bisa saling bekerjasama. Misalnya, dalam lingkup keluarga, hak dan kewajiban masing-masing anggota keluarga merupakan sebuah aturan di dalam berkeluarga. Aturan tersebut memiliki tujuan agar keharmonisan dalam berkeluarga dapat dicapai.

Begitu juga ketika di kantor, aturan dibuat agar setiap karyawan bisa saling bekerjasama untuk mencapai tujuan, visi, dan misi perusahaan.

Selain agar manusia dapat saling bekerjasama, aturan diperlukan oleh manusia dengan banyak alasan. Berikut akan dijelaskan secara lengkap mengapa manusia perlu aturan.



Apa Yang Akan Terjadi Jika Dalam Kehidupan Ini Tidak Ada Aturan?


Aturan memiliki peran vital untuk menentukan suatu tindakan seseorang boleh atau tidak boleh dilakukan. Mungkin bagi sebagian orang menanyakan mengapa hidup di dunia ini harus ada aturan. Mereka mendambakan sebuah dunia tidak ada aturan di dalamnya. 

Namun, apakah mungkin hidup di bumi ini tanpa aturan? Dirasa-rasa itu semua hal yang mustahil. Tanpa aturan, hidup manusia akan mendapati gelombang kerusuhan, benturan satu dengan yang lain, dan dampak-dampak buruk lainnya. 

Nah selengkapnya berikut ini adalah hal-hal yang akan terjadi jika di dalam kehidupan tidak ada turan:


1. Kriminalitas Terjadi Di Mana-Mana

Salah satu tujuan diadakannya aturan adalah untuk menjaga kestabilan kondisi ekonomi, sosial, dan budaya setempat. Jika aturan dihapuskan, pasti tingkat kriminalitas semakin meningkat, bahkan bisa merajalela dan terjadi di mana-mana. 

Tanpa adanya aturan, masyarakat akan bertindak semena-mena dan menghalalkan segala cara untuk memenuhi hawa nafsunya.

2. Hidup Manusia Penuh dengan Kecemasan


Karena kriminalitas bisa terjadi kapan saja, manusia akan menjalani hidup dengan dipenuhi rasa cemas dan penuh kekhawatiran.

Tanpa aturan artinya tidak ada penegak hukum yang akan menjamin keamanan dan kedamaian di tengah-tengah masyarakat. Rakyat akan berjuang sendiri-sendiri untuk menyelamatkan dirinya. 

Dengan kondisi tersebut, masyarakat akan dilanda penyakit mental.


3. Rasa Empati Jadi Hilang

Manusia memiliki hati nurani yang berfungsi untuk menghargai antar sesama, bahkan cenderung ingin membantu mereka yang mengalami kesusahan. 

Jika aturan dihapus, manusia secara perlahan akan bersifat individualis dan mempertahankan egonya sendiri. Hasilnya, rasa empati dan kasih sayang antar sesama akan hilang dari hati manusia.


12 Alasan Mengapa Manusia Perlu Aturan Dalam Menjalani Hidup



Sebagaimana telah disinggung di atas, dari mulai lingkup terkecil yaitu keluarga, RT/RW, kelurahan/desa, hingga lingkup bernegara pasti dibutuhkan aturan. Bahkan, pada diri sendiri kita juga memiliki aturan agar bisa berkompetisi dan hidup jauh lebih baik.

Nah, berikut ini adalah 12 alasan mengapa manusia perlu aturan untuk menjalani hidup di dunia ini.


1. Aturan Merupakan Kebutuhan

Yang namanya kebutuhan maka haruslah dipenuhi. Nah, aturan ini merupakan kebutuhan untuk menciptakan kondisi kehidupan yang aman dan damai. Aturan tersebut akan membuat manusia memiliki tujuan dalam hidupnya.


2. Mengatur Hak dan Kewajiban

Setiap orang memiliki hak, atau biasa dikenal dengan hak asasi manusia (HAM). HAM ini berfungsi sebagai bagian dari kemerdekaan terhadap dirinya sendiri untuk bisa menjalani hidup penuh dengan 'gembira'. Akan tetapi, disamping HAM, setiap orang  juga mempunyai kewajiban untuk memastikan agar kehidupannya bisa saling menghargai.

Baik hak dan kewajiban harus bisa berjalan bersama. Nah, untuk memastikan semuanya ini bisa berjalan harmonis, maka dibutuhkan sebuah aturan.


3. Manusia adalah makhluk sosial



Manusia merupakan makhluk sosial yang pasti membutuhkan interaksi antara satu dengan lainnya. Arti lebih jauh lagi, manusia akan selalu membutuhkan manusia lain untuk menjalani atau 'mempermudah' kehidupannya.

Karena itulah mengapa manusia perlu aturan agar berguna untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. 

Sebagai contoh, manusia membutuhkan transportasi untuk bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain, ojek online misalnya.

Nah, pemerintah membuat regulasi tentang ojek online mulai dari biaya/tarifnya, jenis kendaraan, dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan agar antara pengguna, pihak aplikator, dan juga driver masing-masing merasa diuntungkan.


4. Membuat Manusia Bisa Bekerja Sama

Untuk bisa bekerjasama dibutuhkan sebuah aturan. Sebagai contoh dalam dunia bisnis modern, aturan tersebut dalam bentuk kontrak/perjanjian. Setiap pihak harus berkomitmen untuk menaati aturan yang telah disepakati agar tujuannya bisa tercapai.

Dalam setiap pelaksanaan pekerjaan pun diatur. Misalnya dengan adanya standar operasional prosedur (SOP). Dengan adanya SOP, maka karyawan akan mempunyai pedoman dalam menjalankan tugasnya sehingga dapat meminimalisir kesalahan saat melakukan tugasnya masing-masing.

5. Membuat hidup lebih teratur untuk mencapai tujuan


Manusia memerlukan aturan supaya hidupnya teratur. Sebagai contoh, seorang pasien harus memenuhi aturan yang telah dibuat oleh rumah sakit, misalnya terkait dengan antrian pasien di poli. Berbeda lagi dengan pasien IGD, yang pastinya dokter atau tenaga kesehatan lainnya akan mendahulukan pasien berdasarkan tingkat kedaruratan.

Kembali lagi mengenai aturan pasien di poli, umumnya jika pasien poli ingin berobat, maka harus mengambil nomor antrian terlebih dahulu. Tujuannya dibuat aturan tersebut adalah agar dokter dapat bekerja secara teratur dalam menangani pasiennya. Coba bayangkan, jika tidak ada aturan mengenai nomor antrian? Pasti yang akan terjadi adalah saling serobot untuk mendapatkan penanganan lebih awal.

Seperti itulah gambaran dari kehidupan. Di dalam kehidupan, harus ada aturan. Aturan-aturan ini harus dipatuhi, supaya kehidupan menjadi lebih teratur.


6. Manusia Hidup sesuai dengan Jalurnya


Berikutnya alasan mengapa manusia perlu aturan adalah agar setiap orang dalam menjalani hidupnya berada pada jalur yang tepat.

Seperti halnya bus Transjakarta atau kereta api yang memiliki jalur. Kehidupan manusia juga memiliki jalur untuk bisa mencapai tujuan hidup yang hakiki. 

Sebagai contohnya, manusia dilarang mencuri, membunuh, dan tindakan kejahatan lainnya. Jika tanpa aturan tersebut, maka kehidupan manusia akan berantakan dan tidak sesuai dengan jalurnya.


7. Supaya manusia tidak saling menyakiti


Alasan mengapa manusia perlu aturan yang ketujuh adalah agar setiap orang bisa saling menghargai dan tidak menyakiti. 

Manusia memang tempatnya salah. Baik kesalahan tersebut dilakukan secara sengaja maupun tidak disengaja. Nah, 

Sayangnya ada saja orang yang melakukan berbagai cara untuk memenuhi keinginanya tanpa mempedulikan tindakan tersebut menyakiti atau melukai orang lain. 

Nah, untuk mencegah itu dibutuhkanlah sebuah aturan agar manusia tidak saling menyakiti.


8. Tercipta kerukunan

Alasan selanjutnya dibuat aturan adalah agar tercipta sebuah kerukunan. Di Indonesia saja ini terdiri dari masyarakat yang memiliki latar belakang berbeda. Masyarakat Indonesia berasal dari beragam ras, suku, agama, dan budaya yang berbeda-beda.

Keragaman ini bisa menjadi sebuah kekayaan namun juga memiliki risiko terjadinya konflik kepentingan. Nah, agar tercipta kerukanan maka dibutuhkan sebah aturan.


9. Terciptanya keselamatan, keamanan dan ketentraman


Aturan dibuat untuk menciptakan keselamatan, keamanan dan ketentraman. Karena setiap manusia pasti mendambakan kehidupan yang aman dan tentram. 

Sebagai contohnya adalah rambu-rambu lalu lintas. Setiap pengemudi atau pengguna jalan harus menaatai aturan dari rambu-rambu lalu lintas agar para pengguna selamat dalam perjalannnya. 


10. Perintah Agama  


Alasan kesepuluh mengapa manusia perlu aturan adalah karena hal tersebut termasuk dalam perintah agama.

Di dalam semua agama, pasti terdapat sebuah aturan yang berfungsi sebagai pedoman hidup bagi pemeluknya. Dengan aturan dan pedoman tersebut, umat beragama tidak kehilangan arah dalam menjalani kehidupan.


11. Terciptanya keadilan


Aturan dibuat untuk menciptakan keadilan. Sesuai dengan sila ke-5 Pancasila, seluruh rakyat harus mendapatkan keadilan. Dan negara mempunyai kewajiban untuk menjamin keadilan untuk setiap warganya.

Sebagai contoh, orang miskin atau berpenghasilan rendah mendapatkan subsidi. Sedangkan orang kaya memiliki kewajiban untuk membayar pajak. Aturan tersebit dibuat supaya terciptanya sebuah keadilan. 

12. Manusia memerlukan etika dan moral dalam bersosial

Etika dan moral merupakan ilmu mengenai suatu hal atau perbuatan yang baik dan perbuatan yang buruk. Setiap orang harus bisa membedakan mana perbuatan yang baik dan mana perbuatan yang buruk.

Sebagai contoh, ketika sedang berada di transportasi umum, penumpang yang bukan termasuk ke dalam penumpang prioritas (ibu hamil, disabilitas, dan lansia) maka tidak dipernankan untuk duduk di kursi prioritas. 

Sikap penumpang yang menaati aturan tersebut adalah cerminan dari penumpang yang memiliki etika.


Itulah ulasan 12 alasan mengapa manusia perlu aturan. Jika manusia hidup tanpa aturan maka dampak buruk akan terjadi. Kerusuhan, tindakan kriminal, dan sejenisnya akan semakin banyak. Selain itu, tanpa aturan, manusia satu dengan yang lainnya tidak akan bisa saling bekerja sama.

0 komentar

Post a Comment