2022-09-16

√ 5 Alasan Manusia Perlu Berkompetisi Dan Berkolaborasi: Ini Manfaatnya!

Author -  Lubis Muzaki

Untuk bertahan hidup, manusia dituntut untuk selalu berjiwa kompetitif. Dimanapun berada manusia akan menemui persaingan, Dan tak jarang untuk memenangkan persaingan tersebut, seseorang akan menjalin kolaborasi dengan orang/pihak lain.

Kompetisi atau berlomba-lomba akan berdampak positif jika yang dilakukan adalah berlomba-lomba dalam kebaikan. Begitu juga dengan berkolaborasi, jika kolaborasi yang dilakukan memiliki tujuan yang baik maka dampaknya juga bakalan positif.

Melalui kompetisi dan kolaborasi, manusia akan melakukan upaya untuk tetap bertahan dan berkembang mengikuti perkembangan zaman yang cepat berubah. Tanpa kompetisi dan kolaborasi, tentu hidup manusia akan stagnan, monoton, dan tanpa semangat.

Nah, untuk informasi selengkapnya mengenai alasan mengapa manusia perlu berkompetisi dan berkolaborasi, bisa kalian scrolling sampai ke bawah ya.

Ilustrasi Kompetisi via Pixabay



Alasan Mengapa Manusia Perlu Berkompetisi Dan Berkolaborasi


Alasan mengapa manusia perlu berkompetisi dan berkolaborasi adalah:

  • Agar manusia bisa bertahan hidup dan berkembang mengikuti perkembangan manusia lainnya dengan seiring perkembangan zaman yang semakin maju.
  • Untuk mengetahui potensi yang ada dalam dirinya.
  • Untuk lebih bersemangat dalam melakukan sesuatu.
  • Meningkatkan produktivitas kerja.
  • Untuk mencapai tujuan bersama.

Selain ketiga alasan di atas, alasan mengapa manusia perlu berkompetisi dan berkolaborasi karena kedua kegiatan tersebut memiliki banyak manfaat. Untuk penjelasan mengenai manfaat dari kompetisi dan kolaborasi, silahkan di baca di bawah ini, ya.

Manfaat Berkompetisi Dan Berkolaborasi

Ilustrasi Kolaborasi Kerja Tim via Pixabay


Sejak dalam proses pembuahan, kompetisi sudah terjadi. Sel sperma yang bertemu dengan sel telur di dalam rahim, itulah yang akan menjadi pemenang dan menjadi manusia 'baru'.


Kompetisi memiliki banyak manfaat, yaitu:


1. Menciptakan Inovasi yang Menakjubkan

Dengan berkompetisi seseorang akan terus mengasah skill dan pengetahuannya. Sehingga kedepan hasil dari tindakannya tersebut membuahkan inovasi dan improvement yang semakin baik.

Sebagai contoh, setiap lembaga pemerintahan berkompetisi untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Pegawai dari masing-masing lembaga pemerintahan tersebut melakukan inovasi dalam pembenahan pelayanan. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dan meningkatkan kualitas birokrasi.


2. Menilai Kemampuan dan Potensi Diri


Manfaat kompetisi berikutnya adalah menilai kemampuan dan potensi diri. Setiap orang memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda. Ada yang jago di bidang akademik dan ada pula yang jago di bidang non-akademik. Nah, dengan mencoba untuk berkompetisi maka seseorang akan dapat mengukur kemampuan dan potensi dirinya sehingga nantinya ia tahu mana yang harus diseriusin untuk perkembangan karirnya.

2. Melatih Mental 


Alasan mengapa manusia perlu berkompetisi selanjutnya adalah manfaatnya dapat melatih mental. Dengan kompetisi, mental seseorang akan teruji, kokoh dan kuat. Meskipun ketika sejumlah tantangan menghadang, seorang calon pemenang akan terus berupaya untuk mendapatkan tujuannya karena mental yang sudah terbentuk.

3. Memotivasi Diri

Dengan adanya kompetisi, maka seseorang akan mempunyai dorongan atau alasan untuk tetap bertahan dalam menghadapi kerasnya kehidupan. Melalui kompetisi, semangat seseorang akan terus meningkat meskipun dalam kondisi yang terpuruk.


Sedangkan manfaat dari berkolaborasi adalah sebagai berikut:

1. Menyelesaikan masalah dengan cepat

Kolaborasi merujuk pada praktik seseorang yang bekerja secara bersama dengan orang/pihak lain yang lebih banyakuntuk menyelesaikan suatu permasalahan. Ketika seseorang bekerja dengan sendiri maka kesulitan yang datang akan terasa lebih besar dibandingkan dengan bekerja secara bersama-sama. Selain itu, permasalahan akan lebih mudah dan lebih cepat untuk diselesaikan.


2. Melatih Kemampuan Bersosialiasasi

Sebagai makhluk sosial manusia tidak bisa hidup sendiri. Dengan kolaborasi, seseorang akan terlatih untuk berinteraksi dengan orang lain. Ketika skill bersosialisasi semakin baik maka seseorang akan lebih mudah untuk adaptif dalam membangun relasi atau hubungan antarmanusia. 


Itulah ulasan mengenai mengapa manusia perlu berkompetisi dan berkolaborasi. Selain alasan karena untuk bertahan hidup, kompetisi dan kolaborasi keduanya juga memiliki sejumlah manfaat. Meskipun dirasa berat, yakinlah kompetisi dan kolaborasi bisa menjadikan hidup semakin naik 'kelas' atau lebih baik.

0 komentar

Post a Comment